Foto: Rumah123/Getty
 

Kalau kamu memutuskan untuk membangun atau merenovasi rumah menggunakan jasa pemborong atau kontraktor, kamu mungkin bingung bagaimana mencari kontraktor yang baik. Mencari kontraktor atau jasa pemborong yang baik memang gampang-gampang susah. Yang paling gampang ya dari referensi teman-teman, kenalan, atau famili. Namun, kadang juga rekomendasi dari mereka bisa salah.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa membantu kamu medapatkan kontraktor yang bagus:

Baca juga: Pilih Kontraktor Andal untuk Rumahmu

Ke-1. Promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu cara terbaik agar kamu menemukan kontraktor yang baik. Cari informasi tepecaya dari teman atau saudara yang memang telah menggunakan jasa kontraktor itu.

Ke-2. Rekomendasi juga bisa kamu peroleh dari supplier bahan bangunan langgananmu. Periksa proyek yang telah dibangun si pemborong. Jangan sungkan datang ke lokasi proyek.

Baca juga: Arsitek, Kontraktor, dan Alam Penentu Keselamatan Gedung

Ke-3. Sebaiknya cari informasi dari arsitek atau desainer interior yang pernah bekerja sama dengan kamu. Kalau perlu buatlah daftar nama-nama calon pemborong. Cek portofolio calon kontraktor tersebut. Ada baiknya kamu menghubungi pihak yang pernah menggunakan jasa mereka untuk mengetahui tingkat kepuasaan mereka.

Ke-4. Kunjungi beberapa kontraktor untuk membuat perbandingan penawaran mereka untuk membangun atau merenovasi rumahmu. Cermati penawaran yang jauh lebih rendah dibandingkan yang lain. Ada beberapa kemungkinan, bisa saja mereka kurang pengalaman, atau ingin dengan mudah mendapatkan proyek. Kontraktor yang semacam ini bisa merepotkan kamu nantinya.

Bagikan: 680 kali