Pemerintah Terus Mengkaji Empat Provinsi Untuk Menggantikan Jakarta Sebagai Ibu Kota Indonesia. Empat Provinsi Itu Adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Barat (Foto: Rumah123/Getty Images)

Empat provinsi menjadi kandidat kuat calon ibu kota baru yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Barat. Siapa yang akan menggantikan Jakarta sebagai ibu kota Indonesia?

Seperti dilansir dari Detik.com, tiga gubernur dari Kalteng, Kalsel, dan Sulbar serta Kepala Bidang Prasarana Wilayah Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kaltim sempat diundang ke Istana Negara.

Mereka berdiskusi dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. Mereka juga memaparkan keunggulan masing-masing wilayah sebagai calon ibu kota baru.

Baca juga: Harga Tanah di Ibu Kota Baru Bakal Naik, Ga Pengen Investasi?

Ibu kota Sulbar, Mamuju memiliki sejumlah keunggulan seperti penduduk belum padat, sumber daya alam cukup baik, tidak berbatasan dengan negara lain, cukup aman dari bencana meski ada potensi gempa kecil.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo mengenai Kabupaten Mamuju sebagai calon ibu kota baru. Kabupaten ini mempunyai luas 4.594 kilometer persegi dengan penduduk masih di bawah 300 ribu jiwa.

Calon ibu kota baru di Kalsel memang belum jelas. Namun, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor pernah mengusulkan agar ibu kota baru memiliki latar belakang pemandangan indah Pegunungan Meratus.

Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda Menjadi Salah Satu Kandidat Ibu Kota Baru. Pemerintah Menginginkan Ibu Kota Baru yang Berada di Tengah Wilayah Indonesia (Foto: Rumah123/Getty Images)

Baca juga: Kalau Tidak Lagi Jadi Ibu Kota, Harga Tanah Jakarta Malah Bisa Lebih Mahal

Sementara Kalteng menyodorkan sejumlah kawasan. Ibu kota provinsi Palangkaraya menjadi salah satunya. Kota ini hanya memiliki penduduk sekitar 283 ribu jiwa.

Presiden Soekarno sempat mengusulkan Palangkaraya menjadi ibu kota lantaran berada di tengah Indonesia. Kota ini memiliki luas 2.400 kilometer persegi atau empat kali DKI Jakarta yang hanya seluas 661 kilometer persegi.

Kandidat lainnya adalah Kabupaten Katingan dengan luas 120 hektare dan Kabupaten Gunung Mas dengan luas 121 ribu hektare. Kalteng sendiri cukup luas dengan luas mencapai 157 ribu kilometer persegi. Bandingkan dengan Jawa yang hanya seluas 138 ribu kilometer persegi.

Baca juga: Wacana Pemindahan Ibu Kota Kembali Muncul, Beneran Pindah Ga Sih?

Kaltim menjadi propinsi yang menyodorkan empat kawasan sekaligus yaitu ibu kota provinsi Samarinda, kota industri Balikpapan, serta dua kabupaten yakni Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Samarinda mempunyai luas 718 kilometer persegi dengan penduduk mencapai 800 ribu jiwa lebih. Balikpapan hanya seluas 503 kilometer persegi dengan penduduk sekitar 730 ribu jiwa. Balikpapan merupakan kota terpadat di Kaltim.

Penajam Paser Utara merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Balikpapan. Kutai Kartanegara memiliki lokasi strategis karena dekat dengan Samarinda dan Balikpapan.

Balikpapan Merupakan Salah Satu Kota Industri dan Juga Kota dengan Penduduk Terpadat di Kalimantan Timur, Kota Ini Menjadi Salah Satu Kandidat Ibu Kota Baru (Foto: Rumah123/Getty Images)

Baca juga: Indonesia Mau Pindah Ibu Kota, Belajar ke Malaysia Saja

Salah satu area di Kutai Kartanegara yang menjadi calon ibu kota baru adalah Taman Hutan Raya Bukit Soeharto. Kawasan ini menjadi zona pelestarian sejak zaman Presiden Soeharto.

Kalau ibu kota pindah dari Jakarta, kamu mau ikutan pindah nggak? Ingat ya, pasti ada peluang investasi properti di ibu kota baru lho. Pastinya orang akan membutuhkan rumah, kamar kos, kios, atau ruko.

Bagikan: 1576 kali