OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

4 PLTU Terbesar di Indonesia dengan Kapasitas Ribuan Megawatt, di Mana Saja?

24 Agustus 2022 · 3 min read Author: Reyhan Apriathama

pltu paiton

Simak daftar PLTU terbesar di Indonesia untuk kebutuhan tenaga listrik secara domestik di sini. 

Kebutuhan listrik saat ini seakan tak bisa dipisahkan, bahkan menjadi hal yang sangat penting sebagai kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, ada berbagai jenis pembangkit listrik mulai dari tenaga angin, tenaga air, tenaga surya, hingga tenaga uap.

Salah satu jenis pembangkit listrik yang banyak digunakan adalah pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU.

Tenaga uap ini merupakan salah satu jenis energi lama yang sudah banyak digunakan untuk kebutuhan industri listrik di Indonesia dengan penggunaan batu bara. 

Lantas, dimanakah lokasi PLTU terbesar untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik masyarakat? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar PLTU Terbesar di Indonesia untuk Kebutuhan Listrik Masyarakat 

Dilansir dari Akurat.co, ada beberapa pembangkit listrik tenaga uap yang sudah beroperasi menerangi wilayah Indonesia berikut ini: 

1. PLTU Terbesar di Indonesia Paiton Swasta I dan II 

PLTU Paiton Probolinggo

Sumber: Wikipedia

PLTU terbesar ini berada di Desa Binor, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur yang kini dikelola oleh PT Pembangkitan Jawa Bali atau PJB yang merupakan anak perusahaan dari PLN.

Selain itu, PLTU Paiton Swasta I dan II ini dikelola oleh PT Paiton Energy, dan PT Java Power dengan kapasitas 4,600 megawatt (MW) yang mampu menyuplai listrik di Pulau Jawa dan Bali.

2. PLTU Suralaya 

PLTU Suralaya Terbesar di Indonesia

Sumber: Pikiran-rakyat.com

Daftar PLTU terbesar di Indonesia berikutnya adalah PLTU Suralaya yang berlokasi di Pulo Merak, Kota Cilegon, Banten. 

PLTU ini mampu menghasilkan kapasitas produksi mencapai 3,400 megawatt yang berguna untuk menerangi wilayah Jawa hingga Bali, khususnya di bagian barat.

3. PLTU Cirebon 

PLTU Cirebon

Sumber: Environment-Indonesia.com

Daftar PLTU berikutnya di Kanci, Cirebon, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 660 megawatt yang kini dioperasikan oleh Cirebon Power.

PLTU Cirebon ini juga akan mengoperasikan pembangkit tahap kedua dengan kapasitas 1,000 MW yang akan segera rampung dalam waktu dekat. 

4. PLTU Batang 

PLTU Batang Terbesar di Indonesia

Sumber: BUMN.info

PLTU terbesar berikutnya adalah PLTU Batang yang berlokasi di Desa Ujungnegoro, Kandeman, Batang yang dioperasikan oleh Bhimasena Power dan Adaro Energy.

Kapasitas daya listrik yang disalurkan mencapai 2 x 1,000 megawatt dengan luas tanah mencapai 226 hektare yang beroperasi berdekatan lepas pantai.

Demikian beberapa kompilasi PLTU terbesar di Indonesia berkapasitas ribuan megawatt untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi para Property People. 

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama  Summarecon Mutiara Makassar  selengkapnya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

 


Tag: ,


Reyhan Apriathama
Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA