Meskipun ada aturan mengenai dekorasi tempat tinggal dalam ajaran Islam, umat Muslim tetap boleh mempercantik hunian dengan ornamen Islami ini!

Dalam ajaran agama Islam, terdapat beberapa aturan terkait tempat tinggal. Bagi umat Muslim, aturan-aturan ini patut diperhatikan ketika menghuni sebuah rumah. Salah satu aturannya adalah larangan pemilihan sejumlah ornamen dekorasi yang mengarahkan pada bentuk kesyirikan. Misalnya seperti patung, hiasan yang memperlihatkan aurat manusia, dan gambar figuratif hewan. Lalu, apa saja ornamen Islami yang diperbolehkan atau dianjurkan oleh ajaran Islam? 

Ornamen Islami yang dianjurkan untuk para umat Muslim

ornamen islami - rumah123.com

Walaupun terdapat sejumlah larangan mengenai hiasan dekorasi rumah, bukan berarti hunian umat Muslim harus kosong dan polos tanpa hiasan sedikit pun. Kamu tetap boleh kok mendekorasi rumahmu dengan sejumlah ornamen Islami. Bahkan beberapa ornamen Islami ini bisa mengingatkan penghuni rumah untuk terus dekat dengan penciptanya. Seperti apa ornamen yang dimaksud tersebut?  Berikut beberapa contohnya.

Ornamen Islami kaligrafi 

ornamen islami - rumah123.com

Kaligrafi merupakan seni menulis indah. Tulisan yang dilukis jadi memiliki nilai estetika. Kaligrafi Arab menjadi bentuk utama ekspresi seni dalam berbagai budaya Islam lantaran pelarangan penggambaran figuratif. Kamu bisa menyesuaikan gaya kaligrafi sesuai dengan keinginanmu. Apabila hunianmu berbentuk minimalis, maka kamu bisa memilih kaligrafi bergaya simple. Apabila kamu menyukai yang lebih rumit, kaligrafi kontemporer bisa menjadi pilihan tepat. Umumnya, lafadz Allah, Nabi Muhammad SAW, dan Asmaul Husna yang paling sering dijadikan kaligrafi.

Hiasan dinding bertuliskan ayat Alquran

ornamen islami - rumah123.com

Selain lafadz Allah, Nabi Muhammad SAW, dan Asmaul Husna, banyak juga yang menjadikan potongan ayat Alquran sebagai hiasan dinding. Biasanya, jenis kaligrafi yang lazim dipajang di adalah ayat Kursi. Banyak orang menyebutnya sebagai ayat pengusir setan dan iblis yang mengganggu. Jika orang di ruangan tersebut membacanya, diharapkan terlindung dan godaan setan. Selain ayat Kursi, kaligrafi lainnya bertulisan Surat Al-Fatihah, surat pembuka Alquran. Ayat-ayatnya selain menjadi hiasan ruangan, dipercaya bisa menjadi hiasan jiwa raga, karena mengandung doa keselamatan umat manusia di dunia dan di akhirat kelak.

Baca juga: 5 Dekorasi Ruangan Ini Mitosnya Membawa Nasib Buruk, Sebaiknya Dipercaya Gak?

Furniture dengan motif geometris

ornamen islami - rumah123.com

Motif geometris merupakan salah satu motif khas pada ornamen Islam. Biasanya, motif geometris ini terdapat pada keramik sebagai penghias cangkir, piring, teko, vas bunga dan sebagainya. Selain itu, ornamen geometris juga terdapat pada benda yang terbuat dari logam seperti teko. 

Baca juga: 4 Cara Murah Mengubah Desain Interior Rumah

Hiasan dinding bertuliskan bacaan dzikir

ornamen islami - rumah123.com

Dalam ajaran agama Islam, berdzikir merupakan salah satu yang dianjurkan untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Agar selalu teringat untuk berdzikir, kamu bisa memasang bacaan dzikir pada dinding rumahmu. Akan lebih baik jika kamu memasangnya di ruang tamu. Sebab, sesama umat Muslim yang membaca bacaan dzikir tersebut bisa mendapatkan pahala.

Bagikan: 1782 kali