atap rumah bocor- rumah123.com Ilustrasi Atap Bocor. Ada Empat Hal Rutin yang Biasanya Dihadapi Oleh Pemilik Rumah. Salah Satunya Atap Bocor. Untuk Itu, Pemilik Rumah Harus Memiliki Dana Cadangan untuk Perbaikan dan Renovasi Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saat kamu memiliki rumah, ada empat masalah rutin yang harus kamu hadapi setiap saat. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan dana cadangan.

Ketika kamu mempunyai hunian, kamu harus mempersiapkan dana cadangan untuk renovasi dan juga perawatan rumah. Setelah beberapa tahun, ada saja bagian rumah yang harus diganti.

Sebuah situs properti asal Amerika Serikat, Realtor.com pernah melansir bahwa pemilik rumah sebaiknya memiliki dana renovasi minimal 10 persen dari harga rumah.

Baca juga: Begini Cara Renovasi Rumah Tanpa Mengganggu Tetangga

Jadi kalau hunian kamu berharga Rp500 juta, maka kamu seharusnya mempunyai dana perbaikan rumah Rp50 juta. Dana ini tentunya berbeda dengan dana tabungan, dana investasi, dan lainnya. Dana ini khusus diperuntukkan untuk renovasi dan perbaikan.

Pemilik rumah akan menghadapi empat masalah rutin yang dihadapi setiap saat. Ilustrasi mudahnya seperti ini, sekarang sedang masuk musim hujan. Coba cek bagian mana yang bocor?

Pastinya kamu akan menemukan genteng yang bergeser, talang air yang bocor, saluran air mampet, dan lainnya. Kalau kamu menggunakan jasa tukang bangunan untuk memperbaikinya, kamu harus merogoh uang mulai dari ongkos tukang hingga bahan bangunan.

Baca juga: Mau Bangun Atau Renovasi Rumah? Cari Tahu Dulu Harga Semen

Ada sejumlah masalah rutin yang akan kamu hadapi setiap saat ketika memiliki rumah. Masalah apa sih ya? Sebaiknya, kamu catat seluruhnya.

1. Atap Rumah Bocor

Saat musim hujan datang, kamu akan menemukan kalau ada atap yang bocor, talang air yang mampet, air merembes di dinding, dan masih banyak lagi. Hal ini lazim dialami oleh pemilik rumah.

Sederetan hal ini baru diketahui saat musim hujan. Bisa jadi sebelum hujan datang, tukang bangunan telah memperbaiki atap, talang, dan dinding. Namun, ketika hujan turun, masalah lainnya baru terlihat.

Kamu harus memperbaiki semua masalah ini dengan segera. Kalau tidak, maka kebocoran akan semakin parah.

2. Pipa Air Bocor

Biasanya masyarakat Indonesia menggunakan air PAM atau air tanah. Air ini akan disimpan di tempat penyimpanan air di atap rumah.

Hal yang akan kamu hadapi adalah pipa air yang bocor. Bayangkan kalau kamu ingin mandi, pipa air malah bocor. Mungkin air tidak hanya menggenangi kamar mandir dan sekitarnya.

Air bisa juga merembes ke dinding sehingga menimbulkan bekas yang membuat rumah terlihat jelek. Kamu mesti menangani masalah ini segera.

3. Lubang Pembuangan Toilet Macet

Masalah lain yang dihadapi pemilik rumah adalah toilet yang macet. Saat kamu ingin buang air, ternyata toilet macet. Hal ini tentu membuat kamu senewen.

Toilet memang merupakan ruangan yang sering dilupakan untuk didesain. Lokasinya juga disembunyikan. Namun, peranan toilet ini sangat penting, memangnya kamu bisa menahan buang air kecil atau buang air besar?

Toilet macet bisa disebabkan banyak hal. Biasanya sih ada barang yang menyumbat saluran seperti kertas tisu, plastik, dan lainnya. Kamu harus segera memanggil ahli toilet untuk mengatasinya.

4. Kehadiran Serangga dan Binatang Pengerat

Jangan remehkan tikus. Binatang pengerat ini bisa masuk ke dalam rumah. Jangan sampai tikus menjadikan rumah kamu sebagai sarang. Kamu harus segera menutup akses tikus.

Serangga seperti kecoa, nyamuk, kalajengking, dan lainnya juga menjadi masalah lainnya. Saat rumah kamu tidak rapi dan kotor, serangga akan datang.

Pastikan tidak ada tempat untuk tikus dan serangga untuk ikut tinggal di rumah kamu. Lakukan sejumlah langkah untuk mengatasinya. Air kencing tikus berbahaya bagi kesehatan manusia. Selain itu, kehadiran tikus bisa mengundang ular untuk masuk ke dalam rumah. Tikus merupakan mangsa ular.

Baca juga: 5 Renovasi yang Tidak Seharusnya DIY

Baca juga: Sudah Punya Dana Darurat Renovasi Rumah Belum

Bagikan:
2160 kali