Foto: Rumah123/Getty
 

Kalau kamu baru aja menikah dan udah pengen banget punya rumah, perlu tahu apa aja langkah yang mesti kamu lakukan sejak jauh-jauh hari. Semisal kalau kamu memilih pembayaran melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tentu aja kamu perlu kiatnya agar permohonanmu itu bisa disetujui.

Berikut ini empat langkah agar pengajuan KPR kamu sebagai pasangan muda bisa lolos:

Ke-1. Mulai Rajin Menabung di Bank Pemberi KPR

Klise? Emang sih. Tapi, dengan giat menabung bersama pasangan setiap bulannya, maka langkah ini akan sangat bermanfaat saat kamu mengajukan KPR nantinya. Kalau kamu bersama pasangan punya penghasilan tetap dan digabung, tentunya jumlah nominalnya cukup bagus. Dengan menyisihkan 30 persen dari penghasilan gabungan itu ke dalam tabungan, maka seiring berjalan waktu, jumlahnya terus meningkat.

Jadi, segera buka rekening tabungan di bank pemberi KPR. Tujuannya, agar saldo tabunganmu bisa dengan mudah dianalisis oleh pihak bank pemberi KPR. Dengan gitu, kalau kamu nantinya mengajukan permohonan KPR, bisa gampang disetujui.

Baca juga: 8 Hal Penting Sebelum Kamu Ambil KPR, Udah Tahu Belum?

Ke-2. Menyesuaikan Besar Cicilan KPR dengan Kesanggupanmu

Sebelum mengajukan KPR, kamu wajib menghitung setiap kebutuhan di luar cicilan KPR. Dengan begitu kamu akan mengetahui berapa anggaran yang harus kamu sisihkan untuk membayar angsuran KPR setiap bulannya. Hindari keinginan untuk memperbesar jumlah kredit di luar batas kemampuan finansialmu.

Ke-3, Mengecek Nilai Utang yang Berjalan

Sebagai pasangan muda, ada kemungkinan kamu masih terbebani utang-utang setelah menikah. Bila sebelumnya kamu memang punya utang, pastikan dulu utang tersebut udah lunas. Bank akan selalu memeriksa catatan keuanganmu saat kamu mengajukan kredit apa pun. Supaya pengajuan KPR kamu lolos, sebaiknya semua kewajibanmu ga bermasalah minimal enam bulan sebelum pengajuan KPR ke bank.

Baca juga: Gaji Milenial Gak Seberapa? Ada KPR Khusus Milenial Nih!

Ke-4. Jangan Menambah Utang Baru

Tahan dulu pengajuan utang lain ke bank sebelum kamu mengajukan KPR, semisal kartu kredit atau KTA (kredit tanpa agunan). Kalau kamu juga mnegajukan kredit lainnya selain KPR, ini akan memengaruhi penilaian bank terhadap kamu.

Bank akan meloloskan KPR-mu kalau kamu punya penghasilan 3 - 4 kali lipat dari jumlah cicilan per bulan. Jangan lupa persiapkan dokumen penunjang yakni KTP suami dan istri, Kartu Keluarga, Slip Gaji, dan persyaratan pendukung lainnya.

Bagikan: 2031 kali