Selain mempercantik hunian, 4 jenis tanaman gantung ini juga hemat tempat dan hemat perawatan loh!

tanaman hias gantung - rumah123.com

Tidak punya banyak lahan bukan menjadi alasan untuk  tidak mempercantik hunianmu dengan tanaman-tanaman hijau loh. Nyatanya, kamu bisa tetap mempercantik hunian dengan tanaman hias gantung. Dengan begitu, hunian kamu akan tetap cantik dengan nuansa hijau. 

Mungkin sebagian dari kamu masih ragu untuk menghadirkan tanaman gantung di rumah. Biasanya, pertimbangannya adalah tanaman bisa cepat layu dan mati karena cuaca yang panas. Apalagi letak tanaman gantung berada di atas, sehingga semakin cepat terpapar sinar matahari langsung. 

Tapi kamu tak perlu khawatir, ada juga loh tanaman hias gantung yang tahan terhadap cuaca panas. Mau tau apa saja jenis tanaman gantung tersebut? Langsung saja, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Japanese Wisteria, tanaman gantung tahan panas asal Jepang

tanaman hias gantung - rumah123.com

Penggemar film box office Avatar mungkin sadar dengan kehadiran tanaman gantung dengan bunga berwarna ungu di dalam film tersebut. Bunga bernama Japanese Wisteria ini ternyata bukan hasil imajinasi sang pembuat film, melainkan betul-betul ada di dunia nyata. Seperti namanya, Wisteria memang berasal dari Jepang.

Dulu tanaman ini hanya bisa ditemukan di Jepang, Korea, dan China. Namun kini mulai banyak yang menjual bibitnya di Indonesia. Wisteria dapat tumbuh sekitar 20 hingga 30 meter dengan kapasitas usianya maksimal 100 hingga 150 tahun. Walaupun cara menanamnya cukup rumit, tapi bunganya yang cantik benar-benar layak ditunggu!

Baca juga: 9 Jenis Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Panen

2. Portulaca atau Krokot atau Kembang Pukul Sembilan, tanaman gantung yang mudah perawatannya

tanaman hias gantung - rumah123.com

Orang Indonesia tentu gak asing lagi dengan tanaman Krokot atau Kembang Pukul Sembilan. Nama latin dari tanaman ini adalah Portulaca. Portulaca juga menjadi tanaman hias gantung yang banyak dipilih oleh pemula, atau mereka yang tak memiliki banyak waktu untuk mengurus tanaman. Sebab, perawatan Portulaca sangatlah mudah. Kamu tidak perlu terlalu sering menyiraminya. Portulaca juga tahan panas, karena tanaman ini memang sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup. 

3. Zygocactus, tanaman yang cocok untuk pot gantung

tanaman hias gantung - rumah123.com

Zygocactus adalah tanaman hias gantung selanjutnya yang punya ketahanan tinggi terhadap cuaca panas. Tanaman ini adalah salah satu jenis kaktus yang tumbuh di dahan pepohonan, atau di celah-celah bebatuan lereng gunung.

Karena bunganya yang menggelantung, tanaman ini sangat cocok ditanam di pot gantung. Perawatannya memang cukup sulit dibandingkan dengan tanaman gantung lainnya. Namun Zygocactus bisa dibilang sangat awet karena sifatnya yang sangat tahan panas.

Baca juga: Perawatannya Mudah, Ini 5 Tanaman Aquascape yang Cocok untuk Pemula

4. Marigold, tanaman hias gantung tahan panas yang unik

tanaman hias gantung - rumah123.com

Bunga berwarna oranye keemasan ini merupakan salah satu tanaman hias paling populer. Selain karena warnanya yang cantik, bentuk kelopaknya yang bertumpuk pun dianggap unik oleh banyak orang. Bunga satu ini banyak dijadikan tanaman hias indoor. Banyak juga yang menjadikannya tanaman hiasan meja. Meskipun begitu, Marigold masih bisa dijadikan tanaman gantung outdoor karena tahan panas. 

Jangan takut untuk memilih tanaman hias gantung. Usahakan untuk memaksimalkan perawatan untuk tanaman hias gantung yang kamu pilih ya!

Itu dia 4 jenis tanaman hias gantung yang bisa kamu pilih untuk ditanam di rumah. Semua memiliki keunikan masing-masing, jadi kamu bisa sesuaikan dengan preferensimu saat memilihnya. Namun apapun jenis yang dipilih, pastikan kamu merawatnya dengan maksimal ya! Beri pupuk secara teratur dan perhatikan juga durasi penyiramannya. Selamat berkebun ria!

Bagikan:
12719 kali