Berencana untuk mengembangbiakkan ikan hias? Jenis ikan hias livebearers merupakan pilihan tepat!

Salah satu momen yang ditunggu oleh pecinta ikan hias adalah ketika hewan peliharaan mereka berkembang biak. Bagi kamu yang hobi memelihara ikan hias, setuju nggak? Ketika ikan hias peliharaanmu berhasil beranak, artinya kamu sukses memeliharanya dengan baik. Apalagi jika jumlah ikan hias peliharaanmu semakin banyak, kamu bisa menjualnya kembali.

Nah, bagi kamu yang baru mau memulai hobi ini, mungkin akan bertanya-tanya. Kira-kira, jenis ikan hias apa saja yang mudah berkembang biak di aquarium? Sebab, tak semua jenis ikan bisa dikembangbiakkan dengan cara yang gampang. Nah, di artikel ini, Rumah123.com akan menjelaskan selengkapnya!

Livebearer, jenis ikan hias yang mudah berkembang biak tanpa perlu perawatan khusus

Ketika kamu mencari jenis ikan hias yang mudah berkembang biak, maka ikan hias livebearers adalah jawabannya. Ikan livebearer merupakan ikan yang memiliki intensitas perkembangbiakan cepat. Sebab, jenis ikan hias satu ini tidak mengeluarkan telur seperti ikan lainnya. Melainkan langsung melahirkan anak-anak ikan dengan tubuh sempurna. 

Anak-anak ikan yang baru dilahirkan oleh para livebearers ini juga sudah dapat mencari makan dan berenang sendiri dalam hitungan jam. Menariknya lagi, sekali melahirkan, ikan livebearers bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan anak ikan. Bahkan hanya dengan satu kali proses perkawinan, ikan betina dapat hamil kembali setelah melahirkan. Hal ini disebabkan karena ikan betina bisa menyimpan sel sperma ikan jantan dalam tubuhnya.

Apa saja jenis ikan hias yang masuk ke dalam kelompok jenis ikan  hias livebearers?

Ikan Molly

jenis ikan hias - rumah123.com

Ikan Molly adalah salah satu ikan hias air tawar yang mudah berkembang biak di dalam aquarium tanpa perawatan khusus. Untuk mengembangbiakan ikan jenis ini, pilihlah indukan ikan Molly betina berumur 4 hingga 5 bulan. Untuk indukan jantan, pilih ikan yang sehat dan memiliki warna cerah supaya keturunannya juga memiliki warna yang indah. 

Supaya ikan Molly cepat beranak, kamu bisa menyatukan 3 betina dan 1 jantan dalam satu kolam. Proses perkawinan akan ditandai dengan kejar-kejaran antara induk jantan dan induk betina selama 4 hingga 7 hari. Setelah 14 hari, apabila perut ikan betina membuncit dan terdapat titik-titik hitam di sekitarnya, artinya ikan tersebut sedang hamil. 

Ketika muncul tanda tersebut, langsung pisahkan induk ikan betina ke kolam lain agar tak diganggu oleh ikan jantan. Periode kehamilan ikan Guppy berlangsung selama 25-30 hari. Satu indukan ikan Molly mampu melahirkan 25 hingga 30 ekor bayi ikan Molly.

Baca juga: 5 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium

Ikan Guppy

jenis ikan hias - rumah123.com

Karena warna dan coraknya yang cantik, ikan Guppy banyak dicari pecinta ikan hias. Harganya pun bisa dibilang cukup mahal. Untuk mengembangbiakkan ikan ini, caranya mirip dengan ikan Molly. Satukan indukan betina dan indukan jantan dalam satu kolam. Supaya lebih efektif, jumlah indukan betina harus lebih banyak dengan indukan jantan. 

Jika kamu mau proses pengembangbiakkan yang lebih cepat, kamu bisa melakukan perkawinan massal, dengan perbandingan jantan betina 1 : 5. Biarkan ikan-ikan tersebut melakukan perkawinan alami selama satu minggu. Apabila ikan betina sudah menunjukkan tanda-tanda kehamilan, pisahkan langsung ikan betina ke dalam wadah yang berbeda. 

Baca juga: 9 Desain Akuarium Unik untuk Kamu Pecinta Ikan Hias!

Ikan Platy

jenis ikan hias - rumah123.com

Ikan Platy biasanya banyak disukai oleh pecinta aquascape. Sebab, warnanya sangat cocok dipadukan dengan tanaman aquascape, dan tidak mudah mati. Ikan Platy juga mudah dikembangbiakkan. Kamu hanya perlu menyatukan indukan betina dan jantan dalam satu kolam dengan perbandingan 2 : 1. Jika kamu punya 10 indukan betina, maka siapkan 5 indukan jantan. Pastikan bahwa indukan betina berumur 3 bulan ke atas. Setelah dibuahi, ikan Platy akan hamil selama 1,5 bulan. 

Ikan Sword Tail

jenis ikan hias - rumah123.com

Ikan yang memiliki bentuk buntut layaknya pedang tajam ini juga kerap menjadi jenis ikan hias favorit pecinta ikan. Untuk mengembangbiakkan ikan ini, perbandingan antara indukan betina dan jantan idealnya adalah 1:3. Jika jumlah jantan melebihi rasio ideal, bisa-bisa ikan betina akan stress dan kelelahan. Ketika indukan betina sudah melahirkan, pastikan untuk memisahkan bayi ikan ke wadah yang berbeda agar tak dimakan induknya.

Bagikan: 8710 kali