ilustrasi kekacauan akibat virus mewabah - Rumah123.com Ilustrasi kekacauan akibat virus mewabah - Rumah123.com

Wabah virus corona terus menjadi pemberitaan utama di media dari sebulan ke belakang. Pasalnya, virus yang berasal dari Wuhan, China ini telah memakan ratusan korban tewas, dan mulai menyebar ke beberapa negara lain. Ditambah lagi, belum ada vaksin khusus untuk mencegah penularan virus mematikan ini. Akibat dari virus corona, pemerintah China menutup Kota Wuhan di Provinsi Hubei untuk mencegah penyebaran virus.

Kondisi ini mengingatkan publik pada beberapa film yang menceritakan tentang wabah penyakit mematikan. Film-film tersebut mampu menggambarkan situasi yang mencekam, mirip dengan yang sedang terjadi saat ini. Well, semoga wabah virus corona tak akan seperti yang terjadi di film-film berikut ini!

The Flu

Film ini bercerita tentang virus H5N1 atau flu burung yang mewabah di Bundang, Korea Selatan. Virus tersebut dibawa oleh kapal pengiriman barang yang berisi tumpukan mayat imigran gelap asal Filipina. Ribuan orang terinfeksi setiap jamnya, dan virus tersebut bisa membunuh dalam waktu kurun waktu 36 jam.

Kota Bundang pun ditutup dari dunia luar agar wabah tersebut tak semakin tersebar luar, dan penduduknya tidak dapat leluasa untuk keluar masuk kota. Keadaan semakin mencekam karena muncul berbagai konflik di tengah wabah tersebut. Penonton pun diajak melihat bagaimana orang-orang di sana berusaha untuk bertahan hidup dan berkumpul dengan keluarga masing-masing. Dijamin, kamu akan dibuat larut dalam permainan emosi ketika menonton film ini!

Deranged

Deranged merupakan film Korea Selatan pertama yang bertemakan pandemik nasional. Masalah dimulai ketika seorang profesor menemukan beberapa mayat di tepian sungai dan tempat berair lainnya dalam waktu yang berdekatan. Setelah diteliti, ternyata hal tersebut disebabkan karena cacing parasit yang menyerang manusia.

Orang yang terinfeksi akan terus-terusan dilanda rasa haus dan lapar hingga dehidrasi. Tahap akhirnya, mereka melompat secara sukarela ke dalam air untuk melepaskan dahaga tersebut. Tak hanya menegangkan, film ini juga mengharukan karena memperlihatkan perjuangan seorang ibu untuk menyelamatkan kedua anaknya yang terjangkit virus ini, sementara ia sendiri pun terinfeksi. 

Baca juga: Ramai Isu Virus Corona Menular Lewat Mata, Fakta atau Hoax?

Contagion 

Banyak yang bilang bahwa film satu ini sangat mirip dengan virus corona yang sedang melanda. Film yang dibintangi Matt Damon dan Gwyneth Paltrow ini bercerita tentang virus misterius yang menyebar dengan sangat cepat, dan membunuh puluhan juta orang di seluruh dunia.

Awalnya, virus tersebut berasal dari Hong Kong dan bisa menular lewat udara, sehingga penyebarannya terjadi dalam waktu singkat. Yang membuat film ini sangat mirip dengan wabah corona adalah sumber virus tersebut sama-sama berasal dari kelelawar. Sebagai informasi, virus corona dipercaya berasal dari hewan liar, di antaranya kelelawar, yang dijual di Pasar Wuhan. 

Baca juga: Pasar Ekstrem Wuhan Jadi Penyebab Virus Corona, Apa Kabar Pasar Tomohon Manado?

The Bay

Memiliki latar belakang di Amerika Serikat, film The Bay wabah mematikan akibat virus yang terjadi di kota kecil bernama Chesapeake Bay. Virus tersebut sebenarnya telah diketahui oleh walikota. Namun walikota tersebut menolak menyebarluaskan informasi tersebut agar warga tak panik. Akhirnya, virus pun menyebar dan membuat warga terinfeksi hingga berubah menjadi mutan. 

Bagikan:
8392 kali