contoh surat peringatan

Sedang mencari referensi mengenai surat peringatan (SP) untuk karyawan yang melanggar ketentuan perusahaan? Lihat saja informasi lengkapnya pada artikel ini.

Mengamati kedisiplinan karyawan di tempat kerja adalah tugas yang kerap dilakukan oleh SDM atau HR. 

Nah, ketika menemukan karyawan yang melanggar peraturan kantor, mereka kerap mengambil tindakan pendisiplinan yang bisa berupa lisan maupun tulisan.

Adapun secara tulisan, bagian SDM atau HR kerap menggunakan surat peringatan (SP) untuk membuat karyawan bisa memperbaiki sikap. 

Bagi kamu yang bertugas di bagian SDM, memahami surat peringatan perlu dilakukan sebagai panduan menyusun teguran tertulis kepada karyawan.

Namun bagi kamu yang belum paham mengenai hal tersebut, yuk lihat saja contoh surat peringatan pada uraian di bawah ini.

Contoh Surat Peringatan yang Baik dan Benar

menulis Sumber: tempo-institute.org

Contoh Surat Peringatan Kerja 1

PT. CONTOH MERDEKA PERMAI Menara ABC, Jl Sudirman no. 3, Jakarta Telp (12345)

SURAT PERINGATAN No: SP/020/06/2020

Surat peringatan ini dibuat oleh perusahaan dan ditunjukkan kepada: Nama            : Ezra Nomor karyawan    : 2345 Jabatan            : Staff IT

Surat peringatan ini diterbitkan berdasarkan tindakan pelanggaran disiplin atas tata tertib yang telah Saudara Ezra lakukan. Saudara diketahui tidak masuk kerja tanpa memberikan keterangan 2 kali berturut-turut dalam satu bulan.

Berdasarkan peraturan yang berlaku di perusahaan, ketidakhadiran tanpa keterangan maksimal memiliki toleransi 1 (satu) hari dalam satu bulan. Jika melebihi batas tersebut namun masih tidak ada kabar yang jelas, maka perusahaan dapat mengeluarkan surat peringatan pertama.

Oleh karena itu, Saudara Ezra akan mendapatkan sanksi berupa SP 1 yang berlaku 2 bulan sejak terbitnya surat ini. Apabila saudara masih melakukan pelanggaran kembali, maka perusahaan akan memberikan sanksi yang lebih keras.

Demikian surat peringatan ini dibuat untuk dijadikan acuan melakukan introspeksi. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 6 Juni 2020

Kepala personalia,

Budiman

Contoh Surat Peringatan (SP) 2

PT. CONTOH MERDEKA PERMAI Menara ABC, Jl Sudirman no. 3, Jakarta Telp (12345)

SURAT PERINGATAN No: SP/020/06/2020

Surat peringatan ini dibuat oleh perusahaan dan ditunjukkan kepada:

Nama            : Ezra Nomor karyawan    : 2345 Jabatan            : Staff Marketing

Surat peringatan ini diterbitkan sebagai peringatan atas pelanggaran tata tertib di lingkungan perusahaan yang telah dilakukan oleh Saudara Ezra. Saudara Ezra diketahui telah melanggar tata tertib yakni tidak masuk kerja tiga hari berturut-turut tanpa pemberitahuan.

Atas pelanggaran yang telah dilakukan oleh Saudara Ezra, maka pihak perusahaan akan memberikan sanksi kepada yang bersangkutan berupa pemotongan gaji sebesar 20% dari gaji pokok untuk periode bulan Juni 2020. Dengan dikeluarkannya surat peringatan dan sanksi ini, diharapkan Saudara Ezra tidak melakukan kesalahan yang sama lagi dan berintrospeksi untuk terus menerus mematuhi peraturan tata tertib yang berlaku.

Demikian Surat Peringatan ini diberikan untuk dapat diperhatikan.

Jakarta, 6 Juni 2020 Mengetahui, Kepala personalia,

Budiman

Contoh Surat Peringatan (SP) 3

menulis Sumber : kelaspintar.id

PT ABCD

Ruko Jaya Murni, Jakarta Selatan

Telp. (0282) 667890

Nomor: SP/006/08/2021

Lampiran: 1 (satu) berkas

Perihal: Surat Peringatan

Kepada Yth.

Saudara Cindyana

Staff Keuangan PT ABCD

di Tempat

Memperhatikan surat perjanjian kerja Penerbitan dan Pencetakan Majalah tertanggal 15 Oktober 2020, dengan ini Direktur PT ABCD menginformasikan.

  1. Berdasarkan hasil evaluasi pemantauan yang telah dilakukan Tim Pengawas PT ABCD. Kinerja Saudari Cindyana selama bekerja sebagai staff keuangan dinyatakan dan dinilai tidak mengacu terhadap SOP karyawan yang ditetapkan perusahaan.
  2. Saudari Cindyana tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik seperti yang disepakati pada surat perjanjian kerja Penerbitan Pencetakan Majalah.
  3. Oleh karenanya Saudari Cindyana diberikan Teguran Tertulis. 

Demikian surat ini dibuat agar dilaksanakan dan disadari sebagaimana mestinya.

Jakarta, 16 Agustus 2021

PT ABCD

Vindianty

Direktur Utama

Contoh Surat Peringatan Kerja 4

PT EFGH

Ruko Sinar Mentari, Jakarta Barat

Telp. (0274) 790389

SURAT PERINGATAN KEDUA (SP-2)

Nomor : 010/SP/XI/2021

Surat ini ditujukan kepada

Nama : Carissa

Jabatan : Staff Keuangan

Alamat : Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat

Bersama dengan surat ini, perusahaan harus menyampaikan surat peringatan kedua (SP-2) sebagai tindak lanjut dari surat peringatan pertama (SP-1) yang sebelumnya disampaikan kepada Saudari Carissa. Namun, Saudari Carissa tidak kunjung memberikan respon positif atas  surat peringatan tersebut. 

Supaya Saudari Carissa dapat memperbaiki sikap dan bekerja dengan profesional kembali, maka perusahaan menjatuhkan sanksi berdasarkan aturan yang berlaku dan disepakati, yakni :

  1. Pemotongan gaji sebesar Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) selama 2 bulan.
  2. Tidak diperkenankan untuk menggunakan inventaris perusahaan berupa kendaraan.

Apabila teguran Surat Peringatan 2 ini juga tidak direspons dengan baik, maka dari itu perusahaan akan mengeluarkan SP-3 yang berarti pemberhentian pekerjaan secara sepihak.

Demikian Surat Peringatan 2 ini diterbitkan supaya dapat ditaati sebagaimana harusnya. Untuk Saudari Carissa  diharapkan agar memperbaiki diri.

Jakarta, 21 Agustus 2021

PT EFGH

Budi Sutanto

Direktur

Semoga bermanfaat, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, kunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Grand Teratai Sidoarjo.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
272 kali