Berencana untuk mengganti pintu kamar mandi? Hati-hati, hal ini kerap menjadi sebuah tantangan bagi pemilik rumah.

pintu kamar mandi - rumah123.com

Sebab, terkadang sulit memilih ukuran pintu yang tepat untuk kamar mandi. Lembabnya udara di kamar mandi juga kerap membuat pintu cepat rusak. Untuk itu, material pintu harus diperhatikan dengan seksama. Saat memilih pintu, perhatikan fungsi, estetika, hingga biaya yang paling sesuai untukmu.

Nah, supaya kamu tak salah dalam memilih pintu kamar mandi, sebaiknya gunakan tips-tips berikut ini!

Pilih material yang anti lembab

Dalam memilih pintu, sangat penting untuk menentukan materialnya. Hindari material kayu karena rentan rusak ketika lembab. Pilih pintu baja atau fiberglass untuk menghindari malasah kerusakan karena lembab. Apalagi jika ventilasi di kamar mandi kurang memadai.

Perhatikan arah ayunan pintu

Ukuran kamar mandi biasanya lebih kecil dibandingkan ruangan lainnya. Maka dari itu, pemilihan arah ayunan pintu sangat berpengaruh ke kenyamanan penggunaannya nanti. Pastikan pintu tidak berayun ke cermin atau jendela, dan tidak mengganggu jalur masuk dan keluar. Pilih pintu kiri jika kamu mau arah ayunannya juga ke kiri. Sebaliknya, pilih pintu kanan jika arah ayunan yang diinginkan memang ke kanan. 

Hitung kembali ukuran bukaan pintu

Pintu yang dipilih harus 1/8 inci lebih kecil dari panjang dan lebar bukaan pintu itu sendiri. 

Pilih desain terbaik

Apa pun bahan yang dipilih, kamu akan menemukan pintu yang halus atau berpanel. Jika kamu memilih yang berpanel, ada puluhan opsi desain yang tersedia untuk dipilih. Jika kamu memilih bahan baja atau fiberglass, kamu bisa menemukan pintu yang diembos untuk meniru tampilan layaknya kayu.

Itu dia 4 cara yang bisa memudahkanmu dalam mencari pintu terbaik untuk dipasang di kamar mandi. Dengan mengikuti tips di atas, secara tak langsung kamu bisa lebih hemat biaya. Sebab, pintu yang dipilih sudah lebih awet untuk melawan kelembaban udara di area kamar mandi. Begitu juga ukuran dan arah bukaannya yang sudah disesuaikan dengan kondisi rumah. Selamat berburu pintu kamar mandi, dan semoga artikel ini bermanfaat untukmu!

Bagikan: 3741 kali