Kebocoran pada bak tempat cuci piring di dapur bisa menyebabkan bahaya jika dibiarkan terus-terusan.

Untuk itu, jangan tunggu lama-lama ketika bak cuci piring sudah menunjukkan kebocoran. Walaupun hanya kebocoran kecil, sebaiknya kamu segera memperbaikinya. Tenang, caranya tak susah kok. Cukup dengan sejumlah langkah ini, kamu mencegah kerusakan pada rumah yang disebabkan oleh kebocoran tempat cuci piring.

1. Lakukan pemeriksaan

Biasanya, ketika kebocoran masih terbilang kecil, kamu akan mendapati genangan air pada kabinet atau pada lantai. Ketika terjadi hal ini, sebaiknya langsung cek dan selidiki dari mana genangan air tersebut berasal. Letakkan ember kosong di bawah tempat cuci piring yang kamu curigai mengalami kebocoran. Sumbat saluran dan nyalakan keran sampai baskom terisi dengan air sekitar satu inci.

Biarkan air menggenang, dan lihat apakah ada air yang jatuh. Setelah itu, tarik sumbatan dan biarkan air mengalir sambil terus mengamati pipa di bawah wastafel. Kebocoran yang masih kecil kemungkinan tidak akan begitu terlihat secara otomatis. Untuk itu, gunakanlah lap kering dan cek setiap bagian pipa di bawah tempat cuci piring. Dari sana, kamu bisa lebih mudah menemukan lokasi kebocoran.

Baca juga: 5 Desain Kitchen Set yang Bikin Dapur Kecil Tampak Luas

2. Kencangkan sekrup yang longgar

Kebocoran pada wastafel cuci piring bisa juga disebabkan oleh sesuatu yang sangat mendasar, seperti misalnya karena sekrup yang longgar. Apabila kebocoran disebabkan karena hal ini, kencangkan bagian yang longgar menggunakan alat yang tepat. Pipa yang sering mengalami kebocoran biasanya pipa berbentuk S atau U yang terdiri dari sambungan yang bisa dikencangkan menggunakan tangan. Lakukan pengecekan ulang untuk memastikan bahwa tak ada kebocoran lagi.

Baca juga: Desain Dapur Terbuka, Ini 6 Kelebihan dan Kekurangannya

3. Ganti pipa dengan yang baru

Jika tampaknya tak ada alasan jelas dari kebocoran tempat cuci piring, bisa jadi  masalahnya datang dari dalam. Jika mesin telah aus, kemungkinan besar air akan terus keluar dari pipa, sehingga kebocoran terus terjadi. Jalan satu-satunya adalah mengganti selang atau pipa tersebut dengan yang baru.

4. Pastikan saluran air bersih

 Kebocoran dapat terjadi karena air naik karena penyumbatan, jadi pastikan salurannya tetap bersih untuk menghentikan hal ini terjadi.

Bagikan: 4071 kali