Tidak Usah Pusing Saat Melakukan Jamuan Lebaran di Rumah. Banyak Cara Untuk Menghilangkan Noda Minyak dan Lemak Pada Peralatan Makan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Saat mengadakan jamuan makan lebaran, pastinya kamu akan menghadapi masalah peralatan makan yang penuh minyak, lemak, dan santan. Tidak usah khawatir ada sejumlah tips praktis untuk mengatasinya.

Biasanya ketika lebaran memang ada jamuan makan. Ketupat, opor ayam, sambal goreng kentang, semur daging, rendang, gulai, dan lainnya akan tersaji di meja makan.

Hmm, bayangkan setelah acara santap ini, kamu akan mendapati piring, gelas, sendok, dan garpu penuh dengan noda minyak dan lemak. Wah, pastinya bete banget kan?

Baca juga: Tips Mudik Lebaran Tanpa Perlu Khawatir Mabuk dalam Perjalanan

Apalagi jika asisten rumah tangga (ART) sudah pulang mudik, kamu harus turun tangan untuk mengatasinya. Cucian piring menumpuk bakal bikin pusing.

Atau kamu tidak menggunakan jasa katering untuk jamuan lebaran. Kalau iya, tentunya ada pegawai katering yang membereskannya.

Namun, sebenarnya kamu tidak perlu pusing dalam menghadapi hal ini. Ada sejumlah hal yang dapat dilakukan agar tidak ada lagi noda minyak dan lemak pada peralatan makan dan peralatan memasak.

Baca juga: Hati-Hati Kudapan Lebaran, Makan Tiga Nastar Sama Dengan Sepiring Nasi

 

Gunakan Sabun Cuci Piring

Sebenarnya sudah banyak sabun cuci piring dari beragam merek yang dijual bebas. Semuanya menawarkan solusi untuk membersihkan peralatan makan dan peralatan masak dari segala noda. Mudah bukan? Jangan lupa untuk menggunakan spon cuci piring yang baru.

 

Memakai Garam

Garam tidak hanya untuk memasak lho, tetapi juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan masak. Ada dua cara yang dapat dilakukan kalau menggunakan garam.

Pertama, menaburkan garam pada peralatan makan atau peralatan memasak yang berminyak atau berlemak, lantas dibiarkan sejenak. Kemudian, cuci peralatan masak atau peralatan makan seperti biasanya.

Kedua, merendam peralatan masak dengan air garam. Selanjutnya, didihkan air garam tersebut di panci yang berminyak. Kemudian, dinginkan peralatan masak dan cuci seperti biasa.

 

Gunakan Baking Soda

Baking soda pun tidak hanya untuk memasak. Kamu hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air sehingga menjadi pasta. Setelah itu, gunakan spons cuci piring untuk menggosokkan pasta pada peralatan makan dan peralatan masak.

Selanjutnya, kamu hanya perlu membersihkan semua peralatan masak dan peralatan makan seperti biasa. Mudah bukan?

 

Memakai Lemon

Lemon juga bukan hanya dapat digunakan untuk memasak. Buah ini bisa menjadi alat pembersih. Kamu hanya perlu membelah lemon menjadi dua.

Selanjutnya, kamu menggosok lemon pada permukaan peralatan masak dan peralatan makan yang berminyak dan berlemak. Lakukan hal itu hingga semua kotoran hilang. Setelah itu, kamu hanya perlu mencucinya seperti biasa.

Bagikan: 573 kali