Mau memetik tomat langsung dari pekarangan rumah? Bisa! Cek aja cara menanam tomat berikut ini. Kamu yang punya lahan sempit pun bisa mengikuti cara ini lho!

  cara menanam tomat - rumah123.com

Selain bermanfaat sebagai bahan masakan, tomat juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Gak heran, banyak orang yang mencari cara menanam tomat di pekarangan rumah sendiri. Kapanpun dibutuhkan, buah tomat tinggal dipetik dari halaman. Tapi, bagaimana jika halaman rumahmu minim lahan? Apakah masih mungkin untuk menanam tomat di pekarangan rumah yang sempit? Tentu saja mungkin! Yuk, temukan cara selengkapnya di dalam artikel ini!

Cara menanam tomat di pot atau polybag, solusi untuk yang tak memiliki halaman luas

Bgai kamu yang mau menanam tomat di rumah namun memiliki lahan yang terbatas, tenang saja. Masih banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya adalah dengan menanam tomat di pot atau polybag. Selain hemat lahan, cara satu ini juga mudah dan tak merepotkan. Seperti ini langkah-langkahnya.

Langkah 1: Siapkan alat dan bahan

Pertama-tama, pastikan untuk menyiapkan sejumlah alat dan bahan berikut ini.

1. Pot atau polybag

Lantaran kamu memilih untuk menanam tomat di atas pot atau polybag, maka kamu harus menyiapkan salah satunya. Apabila kamu memilih pot, pilih yang berukuran sedang dan memiliki lubang di bagian bawahnya untuk mempermudah aliran air. Jika kamu tak memiliki pot atau polybag, bisa juga memanfaatkan kaleng bekas atau ember plastik.

2. Media tanam

Siapkan media tanam yang terbuat dari kombinasi tanah subur, arang sekam, pupuk kandang atau kompos, dengan perbandingan 2:1:1. Supaya hasilnya maksimal, sebaiknya media tanam tomat dibuat beberapa hari sebelum ditanami agar mineral dalam kompos bisa menyatu dengan tanah.

3. Benih tomat

Memilih benih tomat adalah langkah yang sangat penting. Pilihlah benih unggulan agar tanaman tomat yang tumbuh nantinya subur dan sehat. Lebih baik lagi jika kamu membeli benih tomat langsung dari petani tomat.

Baca juga: Gak Perlu Beli Lagi, Pelajari Saja 6 Cara Menanam Cabe di Rumah Ini

Langkah 2: Penyemaian benih tomat

Setelah melakukan persiapan di atas, langkah selanjutnya adalah menyemaikan benih pada media semai berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Tanamkan benih pada media semai, letakkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari dan air hujan langsung. Siram media semai secara rutin agar benih cepat tumbuh. Setelah 14 hari, berikan pupuk kompos atau pupuk buatan pabrik untuk merangsang pertumbuhan bibit. Setelah 1 bulan, barulah bibit siap ditanam di pot atau polybag.

Langkah 3: Penanaman dan perawatan tomat

Langkah selanjutnya, kamu bisa langsung menanam tomat pada media tanam yang telah dimasukkan dalam pot atau polybag. Cabut bibit tomat dari media semai untuk diletakkan ke media tanam. Tapi pastikan untuk berhati-hati di tahap ini agar bibit tomat tak putus. Tanah pada media semai bisa ikut ditanam pada pot dan polybag baru. Selama masa penanaman, jangan lupa untuk memberi pupuk dan menyirami tanaman tomat setiap hari. Namun jangan sampai terlalu banyak menyiraminya juga, lakukan penyiraman sebanyak dua kali saja sehari. 

Baca juga: Budidaya Tanaman Hidroponik, Cara Berkebun Baru untuk Kamu yang Punya Lahan Sempit!

Langkah 4: Panen

Kurang dari 100 hari, kamu sudah bisa memanen tomat yang ditanam. Apabila warna buahnya yang awalnya hijau menjadi kekuningan, artinya tomat sudah siap panen. Kamu pun bisa langsung mengonsumsi tomat segar dari rumahmu. 

Itu dia cara menanam tomat di rumah yang sangat mudah! Lahan sempit bukan alasan untuk menunda niatmu berkebun. Yuk, cek artikel lainnya seputar berkebun di rumah!

Bagikan: 2080 kali