Atasi masalah internet yang lambat itu mudah sekali. Kamu bisa mengikuti cara membatasi pengguna wifi yang mudah berikut ini!

cara membatasi pengguna wifi

Semakin banyak akses perangkat atau user yang terhubung ke suatu jaringan Wi-Fi, maka kecepatannya pasti akan berkurang. 

Apalagi mengingat harga pasang wifi yang kian meroket, pastinya kamu tak mau ada parasit yang mencuri internetmu di rumah.  

4 Cara Membatasi Pengguna Wifi dengan Mudah

Gak perlu memanggil jasa dari penyedia internet, kamu bisa mengatasinya sendiri dengan praktis seperti berikut. 

Cara Membatasi Penggunaan Wifi Lewat Setting Modem 

harga pasang wifi

Bagi para pelanggan dan pengguna wifi Indihome yang berniat untuk membatasi jumlah user yang bisa terhubung ke jaringan pribadimu di rumah, cukup ikuti langkah-langkah mudah berikut:  

- Hubungkan perangkat kamu dengan Wi-Fi yang dituju. 

- Buka akses browser (bebas, bisa Firefox atau Chrome), kemudian ketik kode IP 192.168.1.1 di admin panel

- Step berikutnya adalah mengisi username: user, dan password: user, lalu klik Login.

- Saat kamu sudah berhasil masuk ke bagian setting, klik Network > SSID Setting > lalu tentukan jumlah pengguna di kolom Maximum Clients (contohnya: dari 20 bisa diganti menjadi 10).

- Jika sudah, klik bagian Submit untuk menyimpan perubahan yang sudah kamu buat di setting

Cara Membatasi Pengguna Wifi dengan P2POver

Tidak hanya bisa mengandalkan setting modem, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi bernama pembatas Wi-Fi bernama P2Pover.

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk mengendalikan dan membatasi jumlah user hingga kapasitas bandwidth pada jaringan Wi-Fi di rumah.

Untuk cara membatasi pengguna wifi dengan bantuan aplikasi P2POver seperti ini:

- Pastikan kamu sudah mengunduh terlebih dahulu aplikasi P2POver yang tersedia di Google Play Store atau di PC secara gratis. 

- Kalau sudah selesai diunduh dan terpasang, buka dan pilih System Setting untuk masuk ke halaman Settings.

- Lalu pilih Adaptor Jaringan dan klik OK.

- Berikutnya pilih menu Schedule Setting dan pilih New > Select All > OK.

- Pada pengaturan jumlah user yang terhubung ke jaringan Wi-Fi, cukup pilih opsi Control All > lalu klik Start > Apply Rule to Host Selected dengan cara klik kanan di salah satu bagian.

- Apabila kamu ingin memblokir user tertentu yang terhubung ke jaringan WiFi, caranya mudah, tinggal klik Drop > Host Selected > lalu pilih perangkat yang ingin kamu blokir.

Berbekal Bantuan Aplikasi NetCut

cara membatasi pengguna wifi Sumber: Jalantikus.com

Satu lagi cara membatasi pengguna wifi yang bisa kamu coba dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

NetCut adalah salah satu aplikasi andalan yang bisa kamu gunakan untuk mengatur jumlah user yang dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi milikmu. 

Seperti ini step-by-step penggunaannya: 

- Unduh dan install aplikasi NetCut di PC atau Laptop (belum tersedia di versi mobile).

- Buka aplikasi setelah selesai diunduh, lalu masuk ke menu utama untuk mengetahui siapa saja user  yang sedang terhubung ke jaringan Wi-F kamui.

- Untuk membatasi jumlah user agar jaringan Wi-Fi tidak lemot, kamu dapat memutuskan satu per satu perangkat yang terkoneksi.

- Caranya mudah, cukup dengan menggeser ke bagian kiri tombol Scroll bagian biru pada user yang ingin kamu putuskan atau diblokir; perangkat tersebut akan secara otomatis tidak bisa lagi terhubung dengan jaringan internet kamu.

- Kalau kamu ingin memutuskan semua perangkat yang terhubung, tinggal klik tombol Cut Off All, maka semua perangkat akan diputuskan otomatis, kecuali perangkat yang tidak kamu centang.

- Jika ingin menghubungkan kembali perangkat ke jaringan Wi-Fi, kamu bisa mengembalikan tombol Scroll biru ke bagian awal.

- Lalu bagaimana kalau misalnya kamu ingin menghubungkan kembali semua perangkat? Mudah saja, klik Resume All, maka secara otomatis semua perangkat akan terhubung kembali.

Cara Membatasi Pengguna Wifi Menggunakan NetLimiter

Rekomendasi selanjutnya juga tak kalah jagoan dalam urusan mengatasi masalah internet yang lemot akibat akses yang terlalu banyak. 

NetLimiter bisa digunakan dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 

- Download dan install aplikasi NetLimiter di PC atau laptop (belum tersedia di perangkat mobile).

- Step selanjutnya adalah klik opsi Download Limit > Checklist beberapa kotak yang diperlukan > klik Upload Limit > klik bagian KB/s > Rules Editor di bagian ini kamu dapat membatasi kecepatan Wi-Fi sesuai keinginanmu.

- Jika kamu berniat membatasi jumlah user yang terhubung ke jaringan Wi-Fi, tinggal lewat Limit > Tab Value dan masukkan  angka yang diinginkan (jumlah user yang bisa terhubung).

- Setelah selesai klik tombol Save untuk menyimpan pengaturan baru tersebut. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di Griya Bukit Intan!

Bagikan:
2756 kali