Banyak orang yang mencari cara cepat kaya. Sebagian mungkin akan mencari tips sukses berbisnis. Sebagian lagi mungkin mencari tips sukses berkarier.

cara cepat kaya - rumah123.com

Tentu keduanya bukan hal yang salah karena sama-sama menjadi cara cepat kaya yang bisa dilakukan. Tapi sebelum melangkah jauh ke sana, apakah kamu sudah mengubah cara berpikirmu mengenai uang? 

Sebab, sebanyak apapun uang yang kamu miliki, akan habis sia-sia apabila kamu memiliki cara berpikir yang salah. Setelah kamu meluruskannya, otomatis uang bisa datang padamu tanpa kamu perlu melakukan banyak usaha. Penasaran seperti apa caranya? Ini dia, 5 cara cepat kaya tanpa perlu banyak usaha. 

1. Tambah pemasukan, atau kurangi pengeluaran

Biaya kebutuhan akan terus bertambah setiap tahunnya. Tapi kadang hal ini gak sejalan dengan penghasilan yang tak ikut meningkat. Apabila pengeluaran naik sedangkan pemasukan stagnan, otomatis kondisi keuangan pun akan terganggu.

Untuk itu, pilihannya hanya ada dua, menambah pemasukan, atau mengurangi pengeluaran. Dengan menambah pemasukan, kamu bisa mencoba bisnis sampingan di luar pekerjaan intimu sekarang.

Misalnya dengan menjadi pekerja lepas, atau berjualan online. Pastikan pekerjaan yang dipilih tak akan membuatmu harus meninggalkan pekerjaan utama. Sedangkan dengan mengurangi pengeluaran, artinya ada beberapa pos yang harus ditekan.

Jika sebelumnya pengeluaran untuk entertainment jumlahnya 10% dari penghasilan bulanan, kurangi menjadi 5%. Begitu juga dengan pengeluaran lainnya yang tak akan mengganggu kehidupanmu jika jumlahnya dikurangi.

Baca juga: Banoffee Pie Hingga Salmon Mentai, Ini 5 Bisnis Kuliner Kekinian dengan Omzet Menjanjikan

2. Simpan uang di instrumen investasi, bukan di tabungan

Dulu menabung bisa bikin kamu kaya. Tapi sekarang, uang yang hanya disimpan di tabungan hanya akan tergerus inflasi sehingga nilainya berkurang seiring waktu. Cara yang lebih efektif adalah menyimpan uangmu di instrumen investasi. Misalnya seperti emas batangan, reksadana, atau saham.

Timbal balik yang diberikan nilainya beragam, mulai dari 5%, bahkan hingga 50%, tergantung dari instrumen investasi yang dipilih. Semakin tinggi risikonya, semakin besar pula peluang keuntungan yang didapatkan.

Namun jika kamu masih awam dengan investasi, sebaiknya pilih yang risikonya kecil terlebih dahulu, seperti reksadana misalnya. Meskipun timbal baliknya tak sebesar saham, paling tidak, asetmu berpeluang untuk bertambah nilainya. 

Baca juga: 4 Cara Paling Gampang Memulai Bisnis Online untuk Pemula

3. Mengedepankan kebutuhan, bukan gengsi

Tak dipungkiri, yang membuat biaya hidup menjadi mahal adalah gengsi. Seiring dengan bertambahnya gaji, gaya hidup pun ikut meningkat. Kalau dulu kamu hidup sederhana dan secukupnya, kini kamu rutin makan di mall, belanja pakaian dengan label desainer ternama, hingga liburan ke luar negeri.

Tentu hal ini sah-sah saja, selama penghasilanmu masih cukup untuk kebutuhan sehari-hari, hingga untuk investasi. Tapi kalau kamu sampai harus hidup sengsara setelahnya, atau bahkan berutang hanya untuk menuruti keinginan konsumtif ini, artinya kamu sudah mengedepankan gengsi. 

4. Hanya berutang untuk hal yang produktif

Utang memang bisa mengatasi masalah keuangan. Tapi bagaikan pisau bermata dua, utang malah bisa menimbulkan masalah baru jika tidak digunakan dengan bijak. Untuk itu, pastikan bahwa utang yang timbul adalah utang produktif, bukan konsumtif.

Utang produktif adalah utang yang menghasilkan nilai tambah, misalnya seperti rumah yang nilai jualnya akan bertambah, atau kamu membeli laptop untuk berbisnis. Sedangkan utang konsumtif misalnya kamu membeli tas bermerek hanya untuk mengikuti gengsi.

Itu dia 4 cara cepat kaya yang bisa diikuti dengan mudah. Dengan memiliki mindset di atas, niscaya kamu bisa mendatangkan uang tanpa perlu banyak usaha. Selamat ,mencoba, dan selamat mendulang kekayaan ya!

Bagikan: 7292 kali