Penting banget buat tahu cara cek tagihan listrik. Jangan sampai listrik di rumah padam, dan kamu terkena denda hanya karena lupa membayar tagihan. 

seorang pria mengecek tagihan listrik di rumahnya - rumah123.com seorang pria mengecek tagihan listrik di rumahnya (rumah123.com/getty images)

Pernah mengalami listrik padam karena lupa membayar tagihan? Bukan cuma sengsara karena harus panas-panasan dan gelap-gelapan, kamu juga bisa terkena denda keterlambatan. Tentu kamu gak mau kan mengalami hal ini? Maka dari itu, penting banget buat tahu cara cek tagihan listrik. 

Belum tahu caranya? Tenang, Rumah123.com telah meringkas penjelasan lengkapnya di dalam artikel ini. Yuk disimak, sebelum kamu kelupaan dan listrik di rumah terpaksa dipadamkan!

Cara cek tagihan listrik melalui offline

Ke-1: Hubungi customer service PLN  melalui telepon

Buat kamu yang gak mau ribet, cukup hubungi customer service PLN melalui telepon di nomor call center 123 yang didahului dengan nomor area. Misalnya kamu tinggal di Jakarta, maka nomor yang harus dihubungi adalah 021-123. Nantinya akan ada suara operator yang menyambungkan kamu ke customer service (CS) PLN. Setelah terhubung dengan CS mereka, kamu bisa langsung menanyakan perihal tagihanmu bulan ini. Layanan call center ini tersedia 24 jam sehingga kamu bisa menghubungi PLN kapan saja. Jangan lupa siapkan pulsa karena kamu akan dikenakan tarif normal untuk layanan satu ini. 

Ke-2: SMS PLN untuk mendapatkan informasi tagihan secara berkala

Selain via telepon, kamu juga bisa mengecek tagihan listrik melalui SMS. Ada dua pilihan yang tersedia untuk layanan SMS ini. Pertama, SMS untuk cek tagihan dalam kurun waktu satu bulan. Caranya, kirim SMS dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123

Kedua, SMS untuk cek tagihan secara berkala setiap bulannya. Caranya, kirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Jika kamu mau berhenti berlangganan, bisa mengirim SMS dengan format yang sama, namun mengganti kata ON menjadi OFF. Layanan SMS ini akan dikenakan biaya SMS sebesar Rp500 per SMS.

Baca juga: Ini Syarat dan Biaya Pasang Listrik Token Prabayar

Cara cek tagihan listrik melalui online

Ke-1: Kunjungi situs pengecek tagihan

Gak mau keluar pulsa? Tenang, ada juga kok cara cek tagihan listrik melalui online. Cara yang pertama adalah dengan mengunjungi situs pengecek tagihan, salah satunya www.cekbill.com. Situs ini bukan situs resmi, namun tagihan yang tercantum cukup akurat. Berikut caranya:

- Masuk ke laman www.cekbill.com/cek-tagihan-listrik-online 

- Isi kolom ID pelanggan dan kode chapta yang diminta.

- Klik “Cek Tagihan”

- Tagihan listrik beserta status pembayarannya akan muncul

Ke-2: Download aplikasi PLN mobile

Kamu juga bisa mengecek tagihan listrik dari aplikasi resmi PLN, yaitu PLN mobile. Tenang, aplikasi ini sudah tersedia kok untuk pengguna Android maupun iOS. Caranya seperti berikut:

- Pilih menu Informasi pada tab menu

- Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik

- Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran 

- Klik Cari

- Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik beserta besaran nominalnya.

Gak mau ribet bayar tagihan listrik pascabayar? Pakai saja listrik prabayar

Buat kamu yang sering lupa bayar tagihan listrik, menggunakan listrik prabayar alias listrik token bisa jadi salah satu solusinya. Listrik prabayar sistemnya mirip dengan pengisian pulsa nomor handphone. Kalau mau listrik menyala, kamu harus isi voucher listrik terlebih dahulu. Intinya, bayar sebelum menggunakan layanannya.

Pemakaian listrik nantinya harus disesuaikan dengan nilai voucher tersebut. Jika kamu membeli voucher senilai Rp 100 ribu, maka penggunaan listrik hanya sebatas itu. Apabila voucher habis, listrik pun otomatis mati, dan kamu harus mengisi ulang voucher supaya listrik bisa menyala kembali.

Bagikan: 1293 kali