Semakin mendekati Pemilu, suhu politik kian panas dimana-mana. Pendukung masing-masing calon sibuk adu opini, dan saling mengelu-elukan ‘jagoan’ mereka. Nggak jarang perbedaan pandangan politik ini menimbulkan keributan.

Kalau sekadar ribut dengan orang asing di media sosial mungkin masih biasa, tapi gimana kalau keributan itu terjadi dengan orang terdekat kita? Rekan kerja, sahabat, orang tua, bahkan pasangan. Kalau nggak segera diatasi, bisa-bisa menimbulkan perpecahan.  

Tentunya kamu nggak mau kan mengalami hal ini? Nah, Rumah123.com punya cara jitu untuk menghadapi perbedaan politik dengan orang-orang terdekat.

  1. Sembunyikan postingan medsos dari orang terdekat

Setiap orang punya hak buat berpendapat, dan media sosial adalah salah satu sarana yang bisa digunakan untuk mengungkapkan pendapat politik-mu. Tapi perlu diingat, nggak jarang juga perpecahan timbul akibat postingan di medsos. Bisa-bisa ketika kamu nyinyirin salah stau politisi, orang lain akan tersinggung.

Supaya kamu tetap bebas berpendapat di media sosial sendiri tanpa menyinggung orang terdekatmu, sebaiknya sembuyikan postinganmu dari mereka yang berseberangan pilihan politiknya denganmu.

  1. Hindari topik politik saat ngobrol dengan mereka

akurserumah - rumah123.com

Kalau sudah tau salah satu orang terdekatmu punya pandangan politik yang berbeda, sebisa mungkin hindari isu politik dalam pembicaraan kalian. Gimana kalau lawan bicaramu yang duluan membicarakannya? Kamu bisa mengalihkan perhatian mereka dengan membicarakan topik lain yang mereka sukai sebelum suasana menjadi panas dan nggak nyaman.  

Baca juga: Beda Itu Lumrah Gaes, Tetapi Gimana Caranya Tetap #AkurSerumah
  1. Jangan terlalu frontal dengan pilihan politik

Kamu boleh saja memilih paslon satu atau dua, dan memilih partai kuning, merah atau biru. Tapi sebaiknya jangan terlalu frontal dengan pilihan politikmu. Misalnya dengan sengaja berpose gaya jari 1 atau 2 di setiap foto, atau mengenakan pakaian yang melambangkan warna partai pilihanmu setiap waktu. Mendukung paslon atau parpol pilihanmu memang sah-sah saja, tapi demi keharmonisan hubungan interpersonal kamu, sebaiknya tahan-tahan dulu ya!

Tetap bersikap baik terlepas dari perbedaan yang muncul

akurserumah - rumah123.com

Menjadi pihak yang netral di tengah persiapan Pemilu ini memang susah. Hampir setiap orang mendukung salah satu pihak. Tapi jangan sampai perbedaan pilihan ini memecah belah hubunganmu dengan orang-orang terdekat. Tetaplah bersikap baik terlepas dari perbedaan yang muncul. Salah satu contohnya adalah dengan menghargai pilihan mereka.  

Baca juga: Daripada Ribut karena Beda Pilihan, Mending Cari Tau Tata Cara Pencoblosan Pemilu 2019 Ini

Nah, kalau kamu sudah berhasil menghadapi segala perbedan politik ini dengan baik, jangan lupa ikutan social movement #AkurSerumah yang diinisiasi oleh Rumah123.com! Tunjukkan cara akur versi kamu dan orang-orang terdekatmu dengan posting foto di media sosial-mu dan sisipkan tagar #AkurSerumah.

Dengan ikutan #AkurSerumah, kamu sudah berpartisipasi untuk mengingatkan orang lain kalau kita, sesama masyarakat Indonesia, bisa akur dalam sebuah rumah, yaitu tanah air kita tercinta. Tunggu apalagi? Yuk buruan ikutan #AkurSerumah!

Bagikan: 779 kali