pisau dapur- rumah123.com Pisau Menjadi Salah Satu Peralatan Masak yang Harus Ada di Rumah. Ada Tiga Tips Agar Pisau Dapur Selalu Tajam (Foto: Rumah123/Getty Images)

Ada tiga cara mudah untuk membuat pisau dapur selalu tajam. Bagi kamu yang suka masak, pisau tajam memang diperlukan untuk memotong bahan makanan.

Pisau menjadi salah satu peralatan memasak yang wajib ada di rumah. Bagaimana mau memasak kalau kamu tidak memiliki pisau yang tajam?

Ketika kamu memiliki rumah, pastinya ada sejumlah peralatan dapur yang harus dimiliki seperti pisau, panci, wajan, kompor, talenan, sendok sayuran, dan lainnya.

Baca juga: Ini Cara Agar Pisau Dapur Tak Kalah Tajam dari Silet!

Pisau pastinya penting untuk memotong bahan makanan. Kamu harus memiliki beragam macam pisau lantaran kegunaannya memang berbeda.

Ada pisau untuk memotong daging, memotong sayuran, menyayat ikan, mengoles mentega pada roti, dan lainnya. Kegunaan pisau memang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari bentuk dan besarnya. Nah, mungkin kamu pernah melihatnya dalam tayangan memasak di televisi.

Pisau sangat penting dalam memasak. Namun, pisau jadi tidak berguna kalau pisau tidak tajam alias tumpul. Pisau berkualitas memang diperlukan. Untuk itu, kamu harus memastikan kalau pisau yang ada di dapur selalu tajam.

Baca juga: Begini Nih, Cara Merawat Pisau yang Benar

Coskun Uysal menyatakan dia memiliki pisau yang bagus di dapur rumahnya. Satu pisau khusus ini digunakan untuk segalanya. Dia selalu menjaga dan merawatnya setiap hari agar selalu tajam. Uysal adalah owner dan executive chef restoran Tulum, sebuah restoran di Melbourne, Australia.

“Jika pisau kamu tumpul, maka dengan mudah bisa memotong kamu (saat memotong bahan makanan),” kata Uysal seperti dikutip oleh situs properti Realestate.com.au. Laman ini milik REA Group Australia yang juga induk perusahaan Rumah123.com.

Uysal menyatakan kalau pisau yang bagus memang berharga mahal. Tetapi, kalau dirawat dengan baik, kamu bisa menggunakannya antara lima hingga sepuluh tahun. Dia memberikan tiga tips yang bisa dilakukan.

1. Mengasah Pisau dengan Alat Pengasah

Uysal mengasah pisaunya lima kali dalam sehari, tetapi kalau kamu bukan chef profesional sepertinya kamu tidak melakukannya sebanyak itu. Namun, itu juga tergantung dari kualitas pisau.

Saat mengasah pisau, lakukan dengan baik. Jika kamu belum mengetahui caranya, coba untuk mempelajarinya dengan orang yang berpengalaman atau melihatnya di internet.

2. Membersihkan Pisau Setelah Diasah

Setelah kamu mengasah pisau dengan alat pengasah, jangan lupa untuk membersihkannya. Ada semacam residu yang harus dibersihkan. Jadi setiap selesai mengasah pisau, kamu harus membersihkan pisau.

Caranya mudah kok. Kamu hanya perlu membasuhnya dengan air, lantas cuci dengan sabun, dan kemudian mengeringkan dengan menggunakan lap kering. Hati-hati saat membersihkan pisau karena baru saja diasah.

3. Menggunakan Pisau Hanya Untuk Memotong Bahan Makanan

Kegunaan pisau sudah jelas. Kamu hanya menggunakan pisau sesuai kebutuhan yaitu memotong bahan makanan seperti sayuran, ayam, ikan, buah-buahan, dan lainnya. Jangan gunakan pisau untuk kegunaan lainnya.

Uysal tidak merekomendasikan pisau untuk penggunaan lain seperti membuka botol dengan bagian belakang pisau. Atau menggunakan pisau untuk memotong lainnya selain makanan. Hal ini dikhawatirkan bisa membuat pisau menjadi tumpul.

Baca juga: Rutin Mencuci Pisau Dapur? Ya Iyalah!

Bagikan: 586 kali