Setiap keluarga pastinya akan menghasilkan sampah rumah tangga pada huniannya. Daripada terbuang begitu saja, bagaimana jika kamu menghasilkan uang dari sampah tersebut?

Memang, sebagian besar orang menganggap bahwa sampah adalah hal yang menjijikan. Tapi siapa sangka, dengan penanganan yang tepat, sampah rumah tangga bisa memiliki fungsi yang lebih. Seperti apa caranya? Simak terus artikel ini sampai habis!

Sebelum itu, ketahui dulu jenis-jenis sampah rumah tangga

Sampah rumah tangga terbagi lagi dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

- Sampah basah: terdiri dari bahan-bahan organik yang mudah membusuk. Misalnya sisa makanan

- Sampah kering: terdiri dari sisa bahan atau material yang tidak bisa atau sulit diurai secara alami. Misalnya seperti botol plastik, bungkus makanan, dan kabel

- Sampah lembut: terdiri dari partikel-partikel kecil, ringan dan mempunyai sifat mudah beterbangan

- Sampah besar: terdiri dari bangunan rumah tangga yang besar. Misalnya seperti meja, kursi, atau barang-barang elektronik.

Cara mendaur ulang sampah rumah tangga

Setelah mengetahui jenis-jenis sampah rumah tangga, saatnya untuk tahu cara mendaur ulang sampah-sampah tersebut menjadi barang yang bisa diuangkan!

1. Menjual barang yang sudah tak terpakai

Jangan langsung membuang barang yang tak lagi memiliki value bagimu. Pindah tangankan barang-barang tersebut ke orang lain yang membutuhkannya. Cek kembali tiap ruangan di rumahmu. Apabila kamu memiliki pakaian, barang elektronik, atau barang yang nilainya cukup tinggi, kamu bisa menjualnya melalui aplikasi jual beli barang bekas online. Atau jika kamu punya banyak sampah plastik, kamu juga bisa menjualnya secara kiloan ke pengepul.

2. Membuat pupuk organik

Cara ini cocok digunakan untuk kamu yang menghasilkan banyak sampah organik. Misalnya kamu membuka catering di rumah, pastinya ada banyak sisa bahan makanan yang terbuang. Sampah organik tersebut bisa dibusukkan dan diproses menjadi pupuk sehingga menyuburkan tanaman. 

3. Membuat produk daur ulang

Selain dikumpulkan dan dijual ke pengepul, ada cara lain yang lebih kreatif untuk menjadikan sampah anorganik menjadi cuan. Daur ulang sampah plastik menjadi barang kerajinan yang bermanfaat untuk banyak hal. Misalnya tempat pensil dari botol plastik, celengan dari botol plastik, tas dari kemasan kopi. 

Bagaimana? Tertarik untuk mengubah sampah rumahan menjadi uang? 

Bagikan: 4272 kali