membersihkan tanaman- rumah123.com Ada Sejumlah Tips yang Bisa Dilakukan Saat Membersihkan Tanaman di Dalam Ruangan. Kalau Kamu Rutin Membersihkan Tanaman, Maka Tanaman Akan Terlihat Segar, Tidak Berdebu, dan Tidak Memiliki Parasit (Foto: Rumah123/Getty Images)

Tanaman di dalam ruangan memiliki banyak manfaat. Untuk membuat tanaman di dalam ruangan tetap segar dan sehat, ada tiga cara yang bisa dilakukan.

Ketika kamu menempatkan tanaman di dalam ruangan, tentunya kamu ingin membuat hunian menjadi lebih berbeda. Keberadaan tanaman di dalam ruangan memang bisa menenangkan dan membuat hunian menjadi lebihj adem.

Banyak hal yang harus kamu perhatikan saat menempatkan tanaman di dalam rumah mulai dari membuat tanaman bisa mendapatkan sinar matahari langsung dan memastikan kalau tanaman mendapatkan pasokan air yang cukup.

Baca juga: Keberadaan Tanaman dalam Rumah Bikin Kamu Lebih Rileks, Masih Ga Percaya?

Hal lain yang harus dilakukan adalah kamu harus rajin memastikan kalau tanaman di dalam ruangan tetap bersih. Kalau tanaman tidak terlihat segar dan bersih, tentunya tidak enak dilihat kan?

Daun bisa menjadi tempat debu dan kotoran. Selain itu, kotoran pada tanaman bisa menarik jamur dan parasit yang bisa berdampak kepada kesehatan tanaman.

Situs properti Realestate.com.au berbagi tips bagaimana membersihkan tanaman di dalam ruangan. Realestate.com.au merupakan laman milik REA Group Australia yang juga induk perusahaan dari situs properti Rumah123.com.

Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Membersihkan Tanaman di Dalam Ruangan

Untuk membersihkan tanaman di dalam ruangan, kamu tidak membutuhkan saran dari ahli perkebunan atau ahli tanaman. Ada sejumlah tips singkat.

Namun, sebelum melakukannya, ada sejumlah peralatan yang dibutuhkan. Untuk membersihkan tanaman, kamu membutuhkan, pertama, gunting kecil.

Kedua, kuas berukuran sedang dengan sikat yang halus atau kain microfiber. Ketiga, mangkuk berukuran besar untuk diisi air. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan ember kecil atau wadah plastik lainnya.

Langkah Mudah Membersihkan Tanaman di Dalam Ruangan

  1. Membuang Daun yang Layu

Gunakan gunting untuk membuang daun yang mati atau daun yang busuk. Pastikan kalau saat memotong daun, gunting tidak merusak tanaman.

Biasakan untuk melakukan hal ini secara rutin. Saat ada daun yang layu, segara untuk memangkasnya agar tanaman terlihat lebih segar.

  1. Membersihkan Daun dari Debu

Gunakan kuas berukuran sedang dengan sikat yang lembut untuk menghilangkan debu dari daun. Pastikan saat memegang daun, kamu melakukannya dengan lembut sehingga daun tidak rusak.

Kalau kamu tidak memiliki kuas, gunakan saja kain microfiber untuk membersihkan daun. Penggunaan dua alat ini memberikan efek yang sama.

  1. Membersihkan Daun dengan Air

Isi mangkuk dengan air hangat. Kalau tidak ada mangkuk, gunakan saja ember kecil. Air yang digunakan tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin. Kalau suhu air terlalu ekstrem akan merusak tanaman. Aturannya adalah air terasa hangat ketika tangan kamu menyentuhnya.

Masukkan daun ke dalam mangkuk berisi air. Basuh daun dengan air secara perlahan. Air akan membersihkan debu yang tersisa. Air juga akan menghilangkan parasit yang ada di daun.

Baca juga: Bisa Ga Sih Taruh Tanaman di Kamar Mandi

Bagikan: 1211 kali