Ternyata, membersihkan smartphone lebih efektif tangkal virus Corona ketimbang memakai masker!

cara membersihkan smartphone - Rumah123.com Pelajari cara membersihkan smartphone berikut ini agar terhindar dari corona - Rumah123.com

Dilansir dari Business Insider Singapore, membersihkan smartphone secara teratur dan mencuci tangan dinilai lebih efektif dalam menangkal penyebaran virus corona daripada menggunakan masker kesehatan. 

Setidaknya, klaim tersebut dikatakan oleh Kementerian Kesehatan Singapura pada 13 Februari lalu.

Masker tak efektif untuk menangkal penyebaran virus corona

Direktur pelayanan medis Kementerian Kesehatan, Kenneth Mak, mengatakan pada konferensi pers pada hari Rabu bahwa meskipun "banyak saran yang bermaksud baik" dari berbagai pihak termasuk dokter, tidak ada bukti bahwa virus itu menyebar melalui udara, sehingga menggunakan masker menjadi perlindungan yang tidak efektif.

Hal ini juga senada dengan apa yang dikatakan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, yaitu penggunaan masker untuk menangkal virus corona covid-19 hanya berlaku bagi orang yang sakit, dan orang sehat tak perlu menggunakan masker.

Membersihkan smartphone justru dinilai lebih efektif untuk menangkal virus corona

Kenneth Mak menambahkan bahwa tugas yang lebih penting untuk orang-orang adalah membersihkan ponsel mereka.

“Waspadai hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi mengenakan masker bukanlah hal yang paling penting,” ujar Kenneth Mak.

Baca juga: Warga Depok Positif Corona, Tak Perlu Panik Borong Masker!

Smartphone menjadi barang yang bisa memicu terjadinya penyebaran virus corona 

Berbagai penelitian ilmiah telah menemukan bahwa smartphone mengandung lebih banyak kuman daripada kursi toilet. 

Smartphone adalah barang paling kotor yang dimiliki seseorang, karena seringnya benda tersebut dipegang menggunakan tangan.

Ditambah lagi, tidak sedikit orang yang membawa smartphone-nya ke dalam toilet, tempat di mana kuman, bakteri, dan virus berkumpul.

Lebih buruknya lagi, tanpa sadar kita sering menempelkan smartphone ke arah mata, hidung, dan mulut, area di mana virus corona menginfeksi tubuh manusia.

Maka dari itu, sekarang saatnya kita mulai membersihkan smartphone secara teratur, untuk meminimalisir peluang tertular virus corona. 

Baca juga: Bisakah Melakukan Tes Virus Corona Berdasarkan Inisiatif Sendiri?

Cara membersihkan smartphone menggunakan bahan yang ada di rumah menurut ahli mikrobiologi 

Dilansir dari BBC News, ahli mikrobiologi Dr Lena Ciric memberikan sejumlah tips membersihkan smartphone menggunakan bahan yang ada di rumah.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Matikan smartphone

2. Copot casing smartphone

3. Basahi kain microfiber menggunakan air dan sabun

4. Usap seluruh bagian smartphone 

5. Jangan sampai kena bagian terbuka di smartphone (port charger/headset)

6. Usap kembali seluruh bagian smartphone menggunakan kain microfiber kering

Dr Lena Clinic membandingkan smartphone yang sudah dibersihkan dan belum dibersihkan menggunakan sebuah alat.

Hasilnya, jumlah bakteri yang terdapat pada smartphone yang sudah dibersihkan menggunakan air dan sabun jauh lebih bersih ketimbang yang belum dibersihkan. 

Cara tepat untuk membersihkan smartphone yang lebih mudah dilakukan

Selain menggunakan air dan sabun, kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih mudah yaitu seperti berikut;

2. Menggunakan pembersih smartphone sinar UV

Menurut sebuah studi tahun 2018 oleh empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan UV smartphone sanitizer atau perangkat pembersih ultraviolet khusus smartphone, adalah metode yang paling efektif untuk membunuh kuman.

Alat ini banyak dijual di situs belanja online. Kisaran harganya mulai dari Rp400 ribuan hingga Rp800 ribuan.

3. Menggunakan alkohol

Menggunakan larutan alkohol juga efektif membersihkan smartphone dari kuman dan bakteri jahat.

Hasil penelitian yang disebut sebelumnya juga menambahkan bahwa celah antara smartphone dan casing alias pelindung smartphone mengandung lebih banyak bakteri daripada bagian layar.

Ahli mikrobiologi Charles Gerba mengatakan alkohol yang digunakan bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya dengan menggabungkan air (60 persen) dan rubbing alcohol (40 persen).

Kemudian untuk penggunaannya pun cukup gampang. Cukup seka telepon dengan kain microfiber, kapas, atau kapas yang dibasahi dengan sedikit campuran alkohol.

*Penting untuk diingat

Hindari penyemprotan larutan alkohol secara langsung di smartphone atau langsung menggunakan tisu antibakteri di layar, karena ini bisa menghilangkan lapisan anti air dan minyak.

Tidak boleh menggunakan barang-barang lain seperti pembersih dapur, penghapus rias, sabun cuci piring, sabun tangan, dan cuka saat membersihkan smartphone.

Bagikan:
4505 kali