Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
   

Bunga acuan kredit Bank Indonesia (BI) naik lagi. Bank sentral ini dalam waktu 5 bulan telah menaikkan bunga acuan sebesar 150 basis poin (bps) atau 1,5%. Artinya, kalau bank-bank menyesuaikan diri dengan bunga acuan tersebut, maka akan berdampak juga pada suku bunga Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/A).

"Biasanya dampak penyesuaian bunga acuan ke bunga deposito dan kredit itu kurang lebih dua sampai tiga bulan," kata Direktur utama PT Bank Mayapada Internasional Tbk Hariyono Tjahjarijadi, seperi dikutip Detik.com, Jumat (28-9-2018).

Nah, mumpung suku bunga di bank-bank belum pada naik, beli rumah sekarang aja. Kalau nanti-nanti keburu kamu dapat suku bunga yang tinggi. Rugi kan? Tapi, beneran nih suku bunga bakalan naik?

Baca juga: Bunga Bank Naik, Ya Kamu Beli Rumah Tipe Kecil Aja!

Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), Iman Nugroho, mengatakan, kenaikan suku bunga acuan BI tersebut adalah kebijakan rutin. Setiap ada kenaikan Fed Fund Rate (FFR) maka BI akan mengikuti dengan meningkatkan BI 7 days reverse repo rate.  "Jika sudah naik, maka akan diikuti oleh kenaikan suku bunga deposito, lalu ditransmisikan ke kenaikan suku bunga kredit. Kenaikan bunga acuan yang sekarang kan sudah yang kelima kalinya," kata Iman dikutip dari sumber yang sama.

Untuk tahun ini sudah 5 kali BI meningkatkan bunga acuan. Pertama pada pertengahan Mei 2018, BI meningkatkan 25 bps dan bunga acuan menjadi 4,5%. Pada 30 Mei, BI kembali menaikkan suku bunga 25 bps menjadi 4,75%. Pada Juni 2018, BI mengerek bunga acuan 50 bps menjadi 5,25%.

Baca juga: Beli Rumah Nunggu Bunga KPR Makin Naik Aja!

Pada Juli, BI tak menaikkan bunga acuan dan tetap bertahan pada level 5,25%. Tapi, pada Agustus bunga acuan kembali naik 25 bps menjadi 5,5%. Terakhir pada September 2018 bunga acuan berada di posisi 5,75%.

Jadi, yakin dong bunga acuan emang selalu naik. Makanya kalau soal hunian, beli aja deh sekarang, sebelum suku bunga naik. Kalau naik dan naik lagi,  kamu bakalan gak  sanggup beli rumah.

Bagikan: 3066 kali