bantuan pembiayaan perumahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengusulkan anggaran bantuan pembiayaan perumahan pada 2022 sebesar Rp28,2 triliun.

Usulan anggaran bantuan pembiayaan perumahan akan dinaikkan dari Rp19 triliun pada 2021, menjadi Rp28,2 triliun pada 2022 mendatang.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementrian PUPR, Eko D Heripoerwanto mengungkapkan usulan itu dalam diskusi virtual.

Eko menjelaskan bahwa anggaran tersebut digunakan untuk alokasi bantuan pembiayaan perumahan sebanyak 200.042 unit.

Dengan rincian program bantuan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebesar Rp23 triliun dengan target 200 ribu unit, seperti dilansir dari laman Kompas.com.

Untuk tahun ini, per 25 Juni 2021, realisasi bantuan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) baru mencapai 53, 79% atau 84.718 unit.

Eko melanjutkan target FLPP hingga akhir tahun ini adalah sebesar 157.500 unit rumah.

Tidak hanya itu, anggaran lain digunakan untuk alokasi program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Nantinya, alokasi pembiayaan BP2BT ini sebesar Rp1,6 miliar dengan target 42 unit.

Bantuan Pembiayaan Perumahan Mencakup SSB dan SBUM

Alokasi lain bantuan pembiayaan perumahan adalah Subsidi Selisih Bunga (SSB) sebesar Rp4,39 triliun dengan target 769. 903 unit.

Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) yang merupakan komplementer dari FLPP sebesar Rp182 miliar dengan target 200.000 unit.

Eko menambahkan bahwa pemerintah diamanatkan untuk membentuk Badan Percepatan Pembangunan Perumahan atau BP3.

Tujuan dari BP3 tersebut ialah mempercepat penyediaan rumah umum, menjamin bahwa rumah umum hanya dimiliki dan dihuni oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (BMR).

Selain itu, BP3 juga menjamin tercapainya asas manfaat rumah umum dan melaksanakan berbagai kebijakan di bidang rumah umum dan rumah khusus.

Jadi, sambil menunggu beroperasinya BP Tapera secara optimal, pemerintah akan terus melanjutkan program FLPP sampai dengan tahun 2024.

Nah, bagi kamu yang berencana membeli rumah subsidi pada 2022 mendatang, jangan lewatkan bantuan pembiayaan perumahan ini.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan berita menarik mengenai bantuan pembiayaan perumahan dari pemerintah.

Rekomendasi terbaik untuk memiliki apartemen atau berinvestasi properti di Cilegon, Banten pastinya adalah Greenpark Terrace Apartment.

Bagikan:
424 kali