Produsen Peralatan Rumah Tangga Asal Swedia, IKEA Sedang Membangun Gerai Ketiga di Kota Baru Parahyangan, Bandung. Gerai Ini Direncanakan Dibuka Pada 2020 Mendatang (Foto: Rumah123/IKEA Indonesia)

IKEA membuka gerai ketiganya di Indonesia. Produsen peralatan rumah tangga asal Swedia ini mulai membangun tokonya di Bandung, Jawa Barat. Gerai ini dijadwalkan beroperasi pada 2020 mendatang.

Groundbreaking ceremony atau peletakan batu pertama pembangunan gerai IKEA ini dilakukan pada Kamis (28/03/2019) oleh Presiden Direktur Hero Supermarket, Patrik Lindvall. Hero Supermarket merupakan pemegang waralaba IKEA di Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Kerajaan Swedia untuk Indonesia Marina Berg, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Baca juga: Hadirkan Teras Indonesia, IKEA Pamerkan Produk dan Kerajinan Kreatif UKM

IKEA sudah merencanakan membuka gerai di Bandung saat Ridwan Kamil masih menjadi wali kota Bandung. Pria yang akrab disapa Emil ini membantu IKEA untuk mencari lokasi yang tepat.

Sejumlah lokasi didatangi. Akhirnya, IKEA memutuskan untuk membuka gerai ketiganya di Kota Baru Parahyangan yang berada di Kabupaten Bandung Barat.

Kota Baru Parahyangan merupakan sebuah kota mandiri seluas 1.250 hektare yang dibangun oleh perusahaan pengembang Lyman Property.

Baca juga: Kalau Mau Beli Produk IKEA Secara Online, Jangan Lupa Lewat Situs Resmi Ya

“Kami tidak memilih Bandung, kami memilih Indonesia,” ujar Lindvall saat konferensi pers bersama Ridwan Kamil. Dia memaparkan alasan IKEA memilih Bandung sebagai lokasi gerai ketiga.

“Kami memiliki komitmen investasi jangka panjang. Bandung juga memiliki sejarah panjang mengenai desain,” lanjutnya. Bandung juga dikenal sebagai kota kreatif di Indonesia.

Gerai baru IKEA ini berdiri di atas lahan seluas 4,4 hektare. Rencananya, gerai ini mempunyai bangunan seluas 35.000 meter persegi.

Baca juga: IKEA Indonesia Hadirkan Penawaran Terbatas untuk Perlengkapan Kamar Mandi

IKEA menjadwalkan kalau gerai baru ini selesai dan dibuka menjelang akhir 2020. Jadi buat kamu urang Bandung, tidak perlu lagi mencari IKEA ke Alam Sutera.

Sebelumnya, IKEA memiliki gerai pertama di Alam Sutera, Tangerang, Banten yang beroperasi sejak 2014. IKEA juga sedang membangun gerai kedua di Jakarta Garden City, Jakarta Timur. Pembangunannya dimulai pada November 2018.

Bagikan: 907 kali