Ilustrasi Rel Kereta (Foto: Rumah123/News.com.au)

Pembangunan double double track (DDT) atau jalur rel dwi ganda dari Stasiun Manggarai-Jatinegara-Cikarang akan selesai pada 2020. Jalur ini akan beroperasi pada tahun yang sama. Proyek pengerjaannya masuk dalam tahap finalisasi.

Nantinya, jalur Manggarai-Jatinegara-Cikarang sepanjang 35 kilometer ini akan memiliki empat jalur rel kereta. Saat ini, baru ada dua rel.

“Pembangunan di Stasiun Manggarai sekarang dalam tahap finalisasi, tahun 2020 sudah bisa dipakai,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi seperti dikutip oleh Kompas.com.

Baca juga: Ingat Lho, Jaringan Transportasi Bakal Dongkrak Harga Properti

Pembangunan jalur rel dwi ganda ini memang ditujukan untuk memisahkan jalur rel kereta api, kereta listrik (KRL) commuter line, dan juga kereta bandara.

Lantaran belum ada pemisahan, maka pemakaian jalur rel bergantian. Karena harus bergantian, jadwal commuter line sering kali harus mengalah dengan kereta antar kota.

Detik.com pernah melansir kalau perjalanan kereta yang melewati Stasiun Manggarai mencapai 720 perjalanan per hari. Banyaknya jumlah perjalanan ini memerlukan jalur rel tambahan.

Baca juga:  Tips Investasi Properti: Fasilitas Apa Sih yang Dongkrak Harga Rumah

Menteri Perhubungan juga menyatakan pembangunan double double track ini memang memakan waktu lama. Hal ini terjadi karena pengerjaan proyek hanya bisa dilakukan selama empat jam dalam satu hari.

Ini terkait dengan jam operasional kereta KRL commuter line yang mulai beroperasi dari pukul 05.00 hingga 24.00 WIB (Waktu Indonesia bagian Barat). Jika waktu pengerjaan diperpanjang, dikhawatirkan penumpang tidak bisa menggunakan commuter line.

Double double track atau jalur dwi ganda ini akan diselesaikan pada 2020, buat kamu yang sedang mencari rumah, kenapa nggak mencari di sepanjang jalur commuter line antara Bekasi, Tambun, hingga Cikarang?

Baca juga:  Kapan Ya Punya Stasiun Kereta Keren Kayak Gini?

Buat para investor, saatnya kamu mencari investasi properti di kawasan-kawasan ini. Biasanya setelah ada jaringan transportasi selesai dibangun, harga properti akan melambung tinggi.

Jika kamu menunggu jalur transportasi jadi terlebih dulu, kamu bakal rugi lantaran harganya sudah naik. Yuk, jangan tunda beli rumah.

Bagikan: 1408 kali