Banyaknya Pohon yang Tumbang Saat Hujan Membuat Dinas Kehutanan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Akan Mengecek 6 Juta Pohon (Foto: Rumah123/Warta Kota-Tribunnews.com)

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kehutanan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Susi Marsitawati menyatakan pihaknya bakal melakukan pengecekan untuk mencegah banyaknya pohin yang tumbang saat musim hujan.

Saat ini, sudah memasuki musim hujan. Sejumlah media mengabarkan bahwa pohon-pohon di Jakarta banyak dilaporkan tumbang.

Pekan lalu, tepatnya pada Kamis (22/11/2018), sebuah minimarket di kawasan Kebon Kacang, Tanah Abang tertimpa pohon. Sebelumnya, hujan deras dan angin kencang melanda Jakarta.

Baca juga: Mempertahankan Keberadaan Pohon Saat Renovasi Rumah? Bisa Aja Kok!

“Mulai tahun depan, kami akan melakukan pengecekan pohon-pohon yang ada di Jakarta. Ada enam juta pohon,” ujar Susi Marsitawati seperti dikutip dari Kompas.com.

Pengecekan pohon ini meliputi kesehatan dan kekokohan pohon. Menurut Susi, tumbangnya pohon bisa disebabkan karena pohon yang rapuh serta faktor cuaca.

Petugas Dinas Kehutanan akan memeriksa pohon dengan alat yang dinamakan USG pohon. Jika ada pohon yang rapuh, maka akan digantikan.

Baca juga: Perangi Teroris di Perkotaan? Lawan Pakai Pepohonan Aja

Antisipasi lainnya yang dilakukan untuk mengantisipaasi pohon tumbang selama musim hujan adalah melakukan pemangkasan atau topping. Susi menyatakan sudah lebih dari 50.000 pohon sudah dipangkas.

Kompas.com juga melansir dalam beberapa waktu terakhir, hujan deras dan angin kencang membuat pohon tumbang di berbagai tempat di Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. Pohon tumbang ini menimpa bus TransJakarta, taksi, pengendara motor, dan bangunan minimarket.

Kalau kamu memiliki pohon besar di rumah, coba deh cek apakah masih kokoh atau tidak. Jika kamu melihat pohon yang rapuh dan berpotensi tumbang, segera laporkan ke pihak terkait.

Baca juga: Pohon Imitasi Warna-Warni Percantik Jalan MH Thamrin, Jakarta

Bagikan: 219 kali