Pengelola Commuter Line, PT KCI Berencana Mendatangkan 192 Unit Kereta dari Jepang Pada 2019. Dalam Kurun Waktu 2018-2020, KCI Akan Mendatangkan 356 Unit Kereta (Foto: Rumah123/Getty Images)

Operator Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bakal menambah jumlah kereta. Rencananya, KCI akan mendatangkan 192 unit kereta dari Jepang pada 2019. Nah, mulai dari sekarang, biasakan naik transportasi massal ya.

KCI memang terus menambah jumlah kereta sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap penumpang. Hal ini seiring dengan pertumbuhan jumlah penumpang.

Operator membeli kereta dari Jepang. Sebelumnya, KCI sudah menandatangani kontrak dengan East Japan Railway Company (JR-East) pada 2018.

Baca juga: Saat Terowongan Jalan Kendal Berubah Fungsi Menjadi Akses Pejalan Kaki

Dalam kesepakatan kontrak itu, KCI bakal mendatangkan 356 unit kereta dari East Japan Railway Company dalam kurun waktu 2018-2020.

East Japan Railway Company merupakan salah satu dari tujuh perusahaan penyedia jasa layanan kereta api penumpang di Jepang. Perusahaan ini melayani 6,1 miliar penumpang per tahun.

Perusahaan ini juga melayani rute sepanjang lebih dari 7.500 kilometer. East Japan Railway Company mengelola kereta rel listrik dan juga kereta cepat Shinkansen.

Baca juga: Mau Naik KRL Commuter Line dari Bekasi Secara Gratis, Ikut Aja Program Senin Diongkosin

Pada Januari 2019, sudah ada 24 unit kereta yang dikirim. Sementara pada 2018, ada 68 unit kereta yang dikirim. Maka pada 2019 ini, jumlahnya lebih besar. Terakhir pada 2020, jumlah kereta yang dikirim hanya 96 kereta.

“Tahun sebelumnya kami hanya mendatangkan 68 unit kereta saja, jadi tahun ini jauh lebih besar," ujar Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia Wiwik Widayanti seperti dikutip dari Kompas.com.

Semua kereta yang didatangkan ini memang merupakan unit kereta bekas, namun dalam kondisi yang baik. KCI akan menerapkan perawatan standar.

Baca juga: Usai Direnovasi, Jumlah Pengguna Commuter Line di Stasiun Cisauk BSD City Meningkat

Wah, kalau ada tambahan 192 unit kereta berarti jumlah perjalanan kereta commuter line akan semakin banyak nih. Kamu sudah tahu jalur commuter line belum?

Commuter line memiliki jalur Jakarta Kota-Bogor, Jatinegara-Bogor, Tanah Abang-Rangkasbitung, Jakarta Kota-Cikarang, Duri-Tangerang, dan Jakarta Kota-Tanjung Priok. Semua jalur ini mencakup Jakarta dengan daerah pinggiran seperti Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Cikarang. Yuk, biasakan naik commuter line dari sekarang.

Bagikan: 1205 kali