kota paling makmur di indonesia- rumah123.com Jakarta Pusat Menjadi Kota Paling Makmur di Indonesia. Indikatornya Adalah Produk Domestik Regional Bruto dan Pendapatan Per Kapita (Foto: Rumah123/Getty Images)

Jakarta Pusat menjadi kota paling makmur di Indonesia. Sisanya tersebar di beberapa wilayah di nusantara. Kamu tertarik pindah ke kota lain?

Laman berita online Beritagar.id melansir laporan mengenai 20 kota atau kabupaten paling makmur di Indonesia. Data yang diolah ini diambil dari data Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) yang dilakukan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) pada 2018.

Setelah melakukan pengolahan data, ada 20 kota atau kabupaten yang dianggap paling makmur di Indonesia. Tingkat kemakmuran sebuah kota atau kabupaten diukur lewat indikator pendapatan per kapita.

Baca juga: Jakarta, Batam, dan Denpasar Masuk 10 Kota dengan Pertumbuhan Turis Terbesar di Dunia

Pendapatan per kapita ini merupakan kalkukasi dari produk domestik regional bruto (PDRB) yang dibagi dengan jumlah penduduk. Hasil dari penghitungan ini memang bisa berbeda dengan opini orang awam.

Ada sejumlah kota dengan skala ekonomi besar dan juga PDRB yang besar seperti Medan, Makassar, Palembang, dan Bandung yang tidak masuk dalam daftar 20 kota paling makmur di Indonesia. Masalahnya jumlah penduduk yang menjadi faktor pembagi juga besar.

20 Kota dan Kabupaten Paling Makmur di Indonesia

Kota dan kabupaten yang masuk ke dalam daftar memang beragam. Ada beberapa kota dan kabupaten yang dikenal seperti Jakarta. Empat wilayah di Jakarta masuk daftar. Nama wilayahnya pun relatif dikenal.

Namun, ada juga sederetan nama daerah yang terdengar asing. Beberapa di antaranya merupakan kota atau kabupaten yang masuk dalam provinsi baru seperti Papua Barat dan Kalimantan Utara.

Jakarta Pusat menjadi kota paling makmur dengan pendapatan per kapita mencapai Rp370,41 juta pertahun. Berau yang berada di peringkat 20 memiliki pendapatan per kapita Rp121,23 juta per tahun.

1. Jakarta Pusat (DKI Jakarta)

2. Teluk Bintuni (Papua Barat)

3. Kediri (Jawa Timur)

4. Kepulauan Anambas (Kepulauan Riau)

5. Mimika (Papua)

6. Bontang (Kalimantan Timur)

7. Kutai Timur (Kalimantan Timur)

8. Natuna (Kepulauan Riau)

9. Cilegon (Banten)

10. Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur)

11. Jakarta Utara (DKI Jakarta)

12. Jakarta Selatan (DKI Jakarta)

13. Tana Tidung (Kalimantan Utara)

14. Bengkalis (Kepulauan Riau)

15. Kepulauan Seribu (DKI Jakarta)

16. Surabaya (Jawa Timur)

17. Paser (Kalimantan Timur)

18. Siak (Riau)

19. Balikpapan (Kalimantan Timur)

20. Berau (Kalimantan Timur)

Kinerja Perekonomian dan Standar Kehidupan Antar Daerah

Sebenarnya, apa sih pentingnya indikator atau ukuran kota dan kabupaten paling makmur? Hal ini penting untuk mengetahui patokan kinerja perekonomian di suatu kawasan.

Indikator ini dapat dipakai untuk membandingkan standar kehidupan atau tingkat kesejahteraan antar daerah. Namun, ada yang harus diingat kalau pendapatan per kapita tidak menunjukkan pembagian pendapatan yang merata.

Kota paling makmur tidak hanya dihuni oleh orang-orang kaya alias mereka yang tajir melintir. Bisa jadi kemakmuran ini terpusat pada satu lapisan kecil dari populasi masyarakat. Sementara sisanya merupakan mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan alias sahabat misqueen.

Baca juga: 6 Kota yang Terancam Tenggelam, Jakarta Termasuk Lho

Sektor jasa dan industri yang membuat kota atau kabupaten bisa masuk kota paling makmur di Indonesia. Setiap kawasan memang memiliki industri dan bisnis unggulan.

Bagi kamu generasi milenial yang ingin mengembangkan karier, kenapa tidak untuk pindah dari kota besar seperti Jakarta untuk pindah ke sejumlah kota kecil. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan tinggi sehingga bisa membeli rumah.

Bagikan: 3343 kali