Ingin tahu cara memaksimalkan area balkon berukuran kecil supaya terlihat estetis dan tetap fungsional? Yuk intip inspirasi balkon minimalis berikut!

balkon minimalis

Mengubah area balkon dengan tampilan desain minimalis tidak hanya bisa membuat rumah terlihat lebih memukau, tapi juga terasa luas dan nyaman. 

Kamu bisa menikmati waktu bersantai di sore hari sambil pemandangan dari atas rumah, atau sekalian jadi area bersantap bersama keluarga. 

Caranya pun mudah, meski ukuran balkon yang ada terbilang mungil, kamu bisa coba intip berbagai inspirasi desain terbaik yang cocok untuk ditiru berikut. 

Inspirasi Desain Balkon Minimalis Terbaik yang Mudah Ditiru

Berbagai inspirasi balkon minimalis yang kami siapkan untukmu ini punya tampilan paripurna dan tidak membutuhkan banyak material atau cara pengerjaan khusus, sehingga bisa banget dicontek di rumah. 

Balkon minimalis lantai kayu 

Kelebihan papan kayu yang banyak dijadikan sebagai salah satu jenis lantai adalah nuansa alami yang dihasilkan bisa membuat rumah terasa lebih segar. 

Banyak pilihan material papan kayu untuk kamu pilih seperti meranti, mahoni, pinus, hingga MDF dengan keunggulan serta harga bervariasi yang bisa disesuaikan dengan budget

Sebagai pelengkap balkon lantai kayu, dekorasi berupa tanaman menjalar juga dapat sekaligus memberikan perlindungan dari sengatan sinar matahari ketika kamu sedang bersantai. 

Lalu untuk bagian pembatasnya bisa dipasangkan dengan material kaca transparan setinggi perut untuk mempermudah akses pandang meski sedang duduk. 

Kalau kamu menyukai banyak cahaya dan panorama langit malam, gunakanlah jenis kanopi kaca untuk bagian atapnya. 

balkon minimalis Sumber: hunker.com
balkon minimalis Sumber: rie-world.com
balkon minimalis Sumber: eweddingmag.com
balkon minimalis Sumber: zen.yandex.ru
balkon minimalis Sumber: m.blog.naver.com
Baca juga: 20 Gambar Teras Rumah Minimalis | Kamu Mau Pilih yang Mana Nih?

Balkon rumah minimalis beton 

Beton jadi bahan bangunan favorit di Tanah Air untuk digunakan di berbagai area rumah, mulai dari dapur, garasi, teras, ruang interior, sampai balkon. 

Dengan campuran yang juga memanfaatkan tambahan batu alam, keramik, dan bata, beton punya daya tahan paling tinggi untuk beban berat. 

Perpaduan bahan dengan tingkat kekerasan tinggi tersebut membuat balkon beton ideal untuk menampung berbagai jenis barang seperti pot atau perabotan kursi dan sofa. 

Supaya tidak terkesan membosankan, tambahkanlah aksen alam berupa beberapa tanaman hias seperti kaktus atau tumbuhan berdaun lebar. 

Pada bagian pagar pembatasnya memang paling tepat kalau menggunakan railing stainless steel untuk mempertegas kesan kokoh ala industrial style.

balkon minimalis Sumber: Homeyhomies.com
balkon minimalis Sumber: unapizcadehogar.com
balkon minimalis Sumber: mdemulher.abril.com.br
balkon minimalis Sumber: theusefulidea.com
balkon minimalis Sumber: forrent.com
Baca juga: 13 Kursi Teras Minimalis, Tampak Estetis Meski di Lahan Sempit

Balkon minimalis besi / kawat 

Inspirasi balkon dengan railing besi dan kawat dapat memberikan nuansa lebih mewah dan elegan di rumahmu. 

Dengan mengedepankan tampilan premium serta jaminan mutu tinggi, tak heran material railing stainless steel banyak ditemukan di kompleks perumahan elit bergaya minimalis masa kini. 

Aspek visual yang memukau serta kemampuan material yang tahan berbagai kondisi cuaca ekstrim seperti panas dan hujan membuatmu lebih hemat biaya perawatan. 

Perpaduan yang paling sering dilakukan untuk jenis balkon minimalis ini adalah dengan frosted glass untuk memastikan privasi optimal bagi para penghuni, khususnya jika akses ke area tersebut berupa jendela kaca transparan. 

Tips desain yang bisa dicoba supaya penampakan railing besi harmonis dengan eksterior rumah adalah melapisinya dengan cat khusus berwarna senada. 

balkon minimalis Sumber: indimart.com
balkon minimalis Sumber: guardi.at
balkon minimalis Sumber: rexin-shop.de
balkon minimalis Sumber: balkongelaender.at
balkon minimalis Sumber: balkone.at

Balkon minimalis kaca

Area balkon yang sempit terkadang jadi penghalang untuk para pemilik hunian bisa berkreasi menciptakan tempat yang nyaman dan tetap terlihat memukau. 

Solusinya adalah menggunakan material kaca transparan pada bagian railing yang dapat memberikan ilusi balkon yang tampak lebih luas. 

Ukuran kaca yang dipakai juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan area balkon nanti. 

Misalnya jika kamu menyukai hembusan angin segar di sore hari sambil melihat lalu lalang orang di pinggir jalan, maka cobalah menerapkan konsep balkon terbuka. 

Kalau privasi maksimal adalah hal yang paling penting untukmu, ada baiknya untuk menggunakan material kaca untuk menutupi seluruh area balkon dengan tambahan jendela atau blind yang bisa dibuka sesuai keinginan. 

balkon minimalis Sumber; m.made-in-china.com
balkon minimalis Sumber: recommend.my
balkon minimalis Sumber: recommend.my
balkon minimalis Sumber: lumon.com
balkon minimalis Sumber: glasscurtains.co

Selain berbagai inspirasi balkon minimalis cantik di atas, kamu juga bisa mendapatkan ide hunian lainnya di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
25902 kali