Berencana untuk renovasi dapur tapi bujet minim? Tenang saja, ada tips jitu ini dari Rumah123.com!

renovasi dapur - rumah123.com Renovasi dapur juga bisa dilaksanakan dengan bujet minim (Rumah123.com/Getty Images)

Hampir setiap orang menginginkan dapur yang cantik di rumahnya. Desain bagus, kualitas furniture terbaik, semua dibuat semaksimal mungkin. Tapi tentu saja, ada uang ada barang. Untuk membangun dapur sesuai dengan keinginan, bujet yang dibutuhkan pastinya tak sedikit.

Paling tidak, untuk renovasi dapur secara keseluruhan seperti mengganti keramik, kitchen set, tempat cuci piring, dibutuhkan bujet minimal Rp 10 juta.

Bagaimana jika bujet renovasi dapur minim?

Yang bisa dilakukan mungkin hanya beberapa hal seperti mengecat ulang dinding, memasang lampu baru, atau menambah aksesori baru. Tapi jangan salah, ternyata perubahan kecil pun bisa berdampak besar jika kamu pintar dalam memilih bagian mana yang harus diperbarui. Nah, dalam artikel ini, Rumah123.com akan memberi sejumlah tips jitu yang bisa dilakukan saat renovasi dapur. Dengan cara ini, kamu renovasi dapur dengan bujet minim sekali pun, tetap bisa menghasilkan perbedaan yang signifikan!

Beli kitchen set rakitan 

Kitchen set biasanya memakan sebagian besar bujet dalam renovasi dapur. Apalagi kalau kamu memesannya secara custom. Sebagai solusinya, kamu bisa pertimbangkan untuk membeli kitchen set modular, alias kitchen set yang komponennya tersusun dari kesatuan unit-unit kabinet. Biasanya terdapat dua jenis unit kabinet, yaitu kabinet atas dan bawah. Yang membedakannya dengan kitchen set biasa adalah komponennya yang terpisah-pisah.

Tapi jangan khawatir, partisi dari kitchen set modular sangat mudah dirangkai sehingga kamu bisa memasangnya sendiri tanpa bantuan tukang. Jumlah unit yang dibeli juga bisa disesuaikan dengan dapurmu. Jadi, kamu cukup membeli yang diperlukan saja. Jadi lebih hemat deh!

Pilih material keramik atau kayu sebagai meja dapur

Granit atau batu alam lainnya kerap dipilih oleh banyak orang untuk meja dapur. Namun jika biaya terbatas, keramik bisa menjadi pilihan yang baik. Bujet yang perlu dikeluarkan di isaran Rp 400 ribu per meter untuk material keramik ini. Memang sih, dalam hal perawatan keramik tak semudah itu untuk dirawat dibandingkan dengan material granit atau beton. Namun kamu bisa menghemat biaya hingga 30% jika memilih material ini. 

Kayu juga bisa dipilih sebagai material meja dapur. Material kayu mudah dipotong, diamplas, dan dilaminasi untuk menghemat anggaran. Kesan yang diciptakan kayu juga cenderung hangat dan estetis. Namun, sebaiknya material ini dipilih hanya untuk dapur kering atau pantry. Sebab, kayu cenderung kurang resisten terhadap api dan air.

Itu dia dua tips jitu untuk renovasi dapur dengan bujet minim, namun hasilnya maksimal. Ada banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menciptakan rumah yang cantik. Selamat berjuang untuk memiliki hunian idamanmu!

Bagikan: 2776 kali