Presiden RI Jokowi dinobatkan sebagai Asian of The Year 2019 - Rumah123.com Presiden RI Jokowi dinobatkan sebagai Asian of The Year 2019 - Rumah123.com

Presiden RI Joko Widodo baru saja dinobatkan sebagai "Asian of The Year 2019” oleh surat kabar terbesar Singapura, The Straits Times. Pemimpin redaksi media Singapura itu, Warren Fernandez, memberikan penjelasan kenapa Jokowi dipilih sebagai Asian of the Year 2019. 

Jokowi dinilai mampu memperkuat posisi lokal

Yang pertama, Presiden ke-7 Indonesia dinilai mampu memperkuat posisi lokal. Dilansir dari Setkab.go.id, The Straits Times menilai bahwa Jokowi adalah lelaki sederhana yang secara gradual mampu menduduki kursi kepemimpinan negara. Dimulai dari menjadi Walikota Solo, kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta, dan akhirnya menjadi pemimpin negara.

Presiden Jokowi yang mencanangkan misi mengejar kemajuan dan pertumbuhan, memberikan penekanan pada pembangunan infrastruktur. “Ia tidak kehilangan pandangan akan nilai-nilai persatuan dan harmoni, yang begitu krusial di negara mayoritas Muslim dengan beragam budaya dan agama, di mana agama telah menjadi sangat politis,” tulis media terbesar di Singapura itu. 

Baca juga: 3 Daerah Antah Berantah di Jakarta yang Disulap Oleh Ciputra

Beliau juga dinilai mampu memperkuat posisi global

Sedangkan yang kedua, The Straits Times menilai Jokowi mampu memperkuat posisi global. Menurut Fernandez, presiden asal Solo tersebut telah berkontribusi terhadap Asia dengan cemerlang. Di tingkat global, Jokowi menjadi ujung tombak dalam mengembangkan Asean Outlook di Indo – Pasifik 2019. Ia mendapatkan perhatian di dunia internasional berkat gagasan ASEAN Outlook.

Baca juga: Menilik Aset Properti Ketua DPR RI Puan Maharani yang Mencapai Rp100 Miliar

Ketika Presiden menghadapi tantangan dalam lima tahun ke depan masa jabatannya, para editor The Straits Times menyatakan harapan bahwa ia akan “tidak memberikan uang dan tidak membuat kompromi dalam upayanya untuk membangun demokrasi, bebas korupsi, terbuka, toleran, dan inklusif Indonesia”. Mereka juga menambahkan, bahwa di ASEAN, masih ada banyak ruang bagi Jokowi untuk mengarahkannya lebih jauh jika beliau menggunakan keterampilan politiknya yang piawai dan hubungan baik yang dimilikinya dengan negara lain.

Jokowi menjadi penerima ke-delapan Asian of The Year

Asian of The Year merupakan penghargaan yang diinisiasi oleh The Straits Times, yang diberikan setiap tahunnya kepada tokoh atau institusi yang telah berkontribusi signifikan dan positif terhadap masyarakat, bangsa, dan benua Asia. Presiden Jokowi menjadi penerima kedelapan dari anugerah bergengsi Asian of the Year yang digagas oleh The Straits Times.

Bagikan:
11382 kali