Tirai kamar mandi, menjadi bagian yang paling jarang diperhatikan dibandingkan dengan perabotan lainnya.

Wajar saja, banyak yang menganggap bahwa tirai kamar mandi akan bersih dengan sendirinya karena sering terkena siraman air dari shower. Padahal pemikiran tersebut sangatlah keliru. 

Tirai justru merupakan salah satu bagian terkotor di kamar mandi. Permukaannya yang lembab lantaran sering tersiram air membuat jamur bisa tumbuh subur di sana. Ditambah lagi udara kamar mandi yang lembab, membuat kuman-kuman senang untuk bersarang.

Untuk itu, apabila kamu menggunakan tirai pada kamar mandimu, sebaiknya gunakan cara ini saat membersihkannya agar tak mudah ditumbuhi jamur. 

Sebelum membersihkan tirai kamar mandi, perhatikan dulu ventilasi dalam ruangan

tirai kamar mandi - rumah123.com

Membersihkan tirai kamar mandi bisa dibilang menjadi tindakan represif alias baru dilakukan ketika tirai mulai kotor atau berjamur. Namun sebenarnya, kamu juga bisa melakukan tindakan preventif, yaitu dengan memperhatikan ventilasi kamar mandi. Aliran udara yang teratur membuat kamar mandi tetap kering sehingga pertumbuhan jamur bisa dicegah. Penggunaan produk mandi seperti sampo dan sabun yang menghasilkan sedikit busa juga bisa meminimalisir tumbuhnya jamur. 

Baca juga: Wujudkan Kamar Mandi Mewah dengan Bujet Murah, Cuma Rp 11 Juta!

Bersihkan tirai kamar mandi dengan langkah-langkah ini

tirai kamar mandi - rumah123.com

Setelah melakukan tindakan preventif, bukan berarti tirai dibiarkan begitu saja tanpa dicuci sama sekali. Kamu juga harus mencucinya secara rutin.

Idealnya,  pencucian tirai dilakukan selama seminggu sekali. Mencuci tirai pada kamar mandi juga tak bisa asal begitu saja. Supaya kotoran, kuman, dan jamur hilang, kamu bisa mencuci tirai di kamar mandi dengan langkah-langkah berikut ini.

- Siapkan air dingin

- Campurkan air dingin dengan deterjen secukupnya, dan cuka putih atau baking soda

- Masukkan tirai ke dalam mesin cuci, bersamaan dengan beberapa kain handuk putih, yang berfungsi sebagai penggosok permukaan tirai dan menjaga kerutan pada tirai tetap terjaga

- Bilas tirai dengan air panas 

- Selesai mencuci, semprotkan tirai dengan cairan pembersih, lalu basuh dengan spons atau sikat gigi

Dengan mengetahui cara di atas, kamu tak membutuhkan jasa laundry lagi untuk membersihkan tirai kamar mandi. Selain lebih hemat, mencuci sendiri juga bisa lebih bersih loh. Selamat mencuci tirai pada kamar mandi-mu ya!

Bagikan: 1268 kali