OK

17 Jenis Kain dan Karakteristiknya untuk Pakaian hingga Perlengkapan Rumah. Jangan Salah Pilih, Ya!

13/09/2022 by Reyhan Apriathama

Jenis kain untuk pakaian terbaik

Setiap jenis kain mempunyai karakteristik berbeda-beda, baik yang digunakan untuk pakaian maupun perabot rumah. Mari, cari tahu referensinya di sini!

Masing-masing kain memiliki ragam karakteristik dan ciri khas yang unik, sehingga layak untuk digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Tak jarang, karakteristik kain tersebut pun dapat dideskripsikan dengan baik, khususnya saat berbelanja di toko maupun online.

Kain tersebut umumnya tidak hanya sekadar digunakan pada pakaian saja, melainkan juga bisa diaplikasikan dengan baik untuk menambah estetika perlengkapan rumah. 

Sebab, keunggulan kain bukan hanya berkaitan teksturnya saja, melainkan faktor kekuatan.

Lantas, kain apa saja yang layak untuk digunakan dalam fesyen maupun keperluan rumah? Simak pembahasannya bersama-sama berikut ini. 

Mengenal Jenis Kain beserta Karakteristiknya untuk Bahan Pakaian

Jenis kain ini sudah umum digunakan dalam industri fesyen untuk menghasilkan pakaian maupun berbagai aktivitas, termasuk kebutuhan rumah meliputi:  

1. Kain Katun

Kain Katun

Sumber: Celebirities.id

Salah satu jenis kain yang banyak diaplikasikan dalam berbagai hal adalah kain katun sebagai kain sejuta umat.

Kain yang terbuat dari serat kapas ini memiliki daya serap keringat yang baik, sehingga umum digunakan pada jenis pakaian jadi, yang sangat kuat dan tahan lama.

Terdapat berbagai bahan turunan katun, mulai dari polyester, katun Paris, katun Jepang, katun Ima, katun Linen baik untuk pakaian maupun perlengkapan rumah.

2.  Bahan polyester 

Bahan Polyester

Sumber: Fashion History

Bahan polyester mempunyai keunggulan tidak mudah kusut, meski sudah dicuci berkali-kali namun harus diingat jika bahan ini cenderung sulit menyerap panas. 

3. Jenis Kain Brokat 

Kain Brokat

Sumber: solusiibuattack.com

Jenis kain ini umumnya akan kamu temukan pada banyak jenis baju pesta, seperti kebaya, gaun pengantin dan lainnya, dengan motif unik dan cantik sehingga terlihat mewah dan anggun. 

4. Bahan Baby Terry 

Kain Baby Terry

Sumber: Pinterest.com

Kain ini merupakan perpaduan antara tekstur katun dan polyester yang unik, namun memiliki daya serap yang lebih baik dibandingkan polyester biasa khususnya pada jaket atau sweater

5. Jenis Kain Chiffon 

Kain Chiffon

Sumber: Bodikian Textiles

Bahan chiffon atau sifon merupakan perpaduan banyak kain seperti katun, sutra, nilon, polyester yang mengkilap dan estetis untuk pakaian formal maupun gaun pesta.

6.   Woolpeach 

Woolpeach

Sumber: Etsy.com

Jika kamu sering menemukan jas atau blazer, kain wool dikenal mempunyai tekstur yang hangat, namun terasa adem apabila menyerap keringat sebagai kain yang banyak dikombinasikan oleh sutra maupun katun. 

7. Denim 

Bahan Denim

Sumber: theshadestore.com

Apabila kamu sering menggunakan celana jin, bahan ini merupakan serat utama yang dikenal tebal namun mudah dicuci oleh tangan. 

8. Jersey 

Jenis kain Jersey

Sumber: Hartsfabric.com

Bagi kamu yang sering belanja di online shop, pasti kamu akan sangat familiar dengan bahan jersey yang terbuat dari tekstil rajutan katun maupun bahan sintetis lainnya seperti linen maupun polyester. 

9. Jenis Kain Crepe

Kain Crepe

Sumber: Joann.com

Bahan crepe ini memiliki tekstur seperti kulit jeruk yang sangat ringan dan banyak ditemukan pada baju muslim maupun kerudung. 

10. Balotelli 

Bahan Ballotelli

Sumber: Olympics30

Banyak sekali pakaian berbahan balotelli yang bertekstur tebal, agak kasar dan timbul berbentuk kotak lurus, yang memiliki kenyamanan sangat baik. 

11. Jenis Kain rajut 

Jenis kain rajut

Sumber: myfavouritethings-knitwear.com

Rajut merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dengan tekstur menghangatkan. Selain untuk pakaian hangat, jenis kain ini juga digunakan untuk membuat cover bantal.

12. Wedges 

Jenis kain Wedges

Sumber: Indah Jaya Textile

Bahan wedges merupakan salah satu jenis kain yang sedang diminati banyak orang untuk pakaian formal, dengan karakteristik tebal, kaku, namun sedikit licin saat dipegang. 

13. Maxmara 

Kain Maxmara

Sumber: Tokopedia

Maxmara juga merupakan bahan yang banyak digunakan orang karena bertekstur adem dan lembut, seperti kain mahal pada umumnya.

14. Satin 

Kain Satin

Sumber: Homecraft Textiles

Hampir sama seperti Maxmara, satin lembut mengkilap yang elegan untuk kebutuhan formal yang sangat cocok untuk gaun pesta.

15. Scuba

Bahan Scuba Kain

Sumber: fabricwholesaledirect.com

Bahan Scuba merupakan salah satu jenis kain yang lembut, halus, dan tebal yang dapat membentuk tubuh dengan baik. Selain digunakan pada pakaian olahraga, bahan ini juga digunakan pada masker. 

16. Jenis Kain Linen 

Bahan Linen

Sumber: Housework Store

Linen juga merupakan salah satu kain alami dengan tekstur terbaik yang sangat halus dari tumbuhan rami. Bahan ini tak hanya cocok untuk pakaian, namun layak digunakan untuk kebutuhan rumah.

17. Bahan drill

Kain Drill

Sumber: TradeIndia

Bahan drill juga adalah turunan kain katun dengan tekstur tebal dan menarik, yang terdiri dari campuran kain tetoron, rayon dan polyester sebagai bahan utama untuk seragam.

Demikian beberapa rekomendasi kain yang banyak digunakan oleh pakaian maupun aksesoris rumah. 

Untuk cari tahu informasi seputar inspirasi rumah dan gaya hidup, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama  Summarecon Mutiara Makassar  selengkapnya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Reyhan Apriathama

Reyhan Apriathama

Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.