Saat Bulan Ramadan, Kamu Harus Mengatur Waktu Tidur Agar Tidak Mengantuk Saat Berpuasa di Siang Hari. Ada Sejumlah Tips yang Bisa Dipraktikkan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Ada yang menyatakan kalau puasa membuat ngantuk, namun ada juga yang tidak. Sebenarnya, kamu bisa tetap tidur nyenyak saat malam hari dan tidak mengantuk saat berpuasa. Ada 16 tips yang bisa kamu terapkan.

Sebenarnya bukan puasa yang menyebabkan kamu mengantuk, melainkan pola tidur yang berubah. Kamu tidur larut malam, bangun lebih pagi.

Tetapi, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan agar kamu terhindar dari semua ini. Kalau kamu bisa mengatur kualitas dan kuantitas ibadah lantaran kamu tidak hanya berpuasa kan?

Baca juga: Tips Sehat: Ingat Rumus 2-4-2 Supaya Ga Dehidrasi Saat Puasa Ramadan

Kamu akan melakukan ibadah lainnya seperti salat Duha, salat Tahajud, salat Tarawih, membaca Al Quran, dan lainnya.

Selain itu, dalam sepuluh hari terakhir, biasanya kamu akan melakukan itikaf atau berada di masjid untuk salat, membaca Al Quran, zikir, dan lainnya. Untuk itu, waktu istirahat sebenarnya tidak berkurang, namun harus diatur ulang.

Situs Al Madina Institute.org memberikan 16 tips bagaimana mengatur pola tidur yang baik. Yuk, disimak seperti apa.

Baca juga: Satu Gedung dengan Tiga Waktu Berbuka Puasa yang Berbeda

Pertama, tidur dengan waktu yang cukup. Setiap orang memiliki jumlah waktu yang berbeda, biasanya sih antara 6-8 jam per hari. Tetapi, usahakan untuk tidur dalam jumlah yang cukup.

Kedua, biasakan terkena sinar matahari untuk memperkuat ritme circadian (ritme biologis harian). Kamu harus terkena sinar matahari paling tidak 10 menit saja terutama saat pagi hari. Hal ini mengatur ulang jam biologis tubuh dan pola tidur yang lebih baik.

Ketiga, hindari lampu saat tidur termasuk peralatan elektronik. Saat tidur, biasakan matikan lampu. Tidak lupa jauhkan tablet, laptop, televisi, dan perangkat elektronik lainnya.

Baca juga: Sebelum Bulan Puasa Datang, Jangan Lupa Bersihkan 3 Ruangan Ini Ya

Keempat, makan yang cukup. Biasakan untuk makan sahur dan berbuka dengan santapan yang sehat. Jangan makan yang berlebihan,

Kelima, jadikan kamar tidur sebagai tempat nyaman. Saatnya membuat ruang tidur menjadi tempat yang tenang, gelap, dan nyaman.

Keenam, wudu sebelum tidur dan tidur dalam keadaan zikir. Nabi Muhammad SAW menyatakan kepada umatnya untuk berwudu sebelum tidur. Saat ingin tidur, jangan lupa berzikir.

Baca juga: Ushuaia Jadi Kota dengan Durasi Puasa Terpendek di Dunia, Hanya 11 Jam

Ketujuh, tidur dalam posisi yang tepat. Umat Muslim disarankan untuk tidur menghadap ke kanan, menghadap Kiblat. Tidur dengan posisi ini bisa menghilangkan susah tidur.

Kedelapan, tidur siang yang singkat. Risiko penyakit jantung bisa hilang dengan tidur siang secara rutin, meski hanya 30 menit. Kamu bisa mengambil waktu saat jam makan siang.

Kesembilan, biasakan punya waktu tidur rutin dan bangun tepat waktu bahkan saat akhir pekan. Salah satu cara untuk melatih tubuh adalah punya jadwal tidur dan bangun yang rutin setiap hari.

Baca juga: MRT Perbolehkan Penumpang Buka Puasa Minum Air Putih dan Makan Kurma

Kesepuluh, punya ritual sebelum tidur. Banyak orang memiliki ritual sebelum tidur seperti salat, minum teh, olahraga ringan, dan lainnya.

Kesebelas, tidur saat mengantuk. Saat mengantuk dan lelah, segera tidur. Jangan menunda tidur dengan memaksa menonton televisi atau melakukan aktivitas lainnya.

Keduabelas, jangan minum kopi dalam durasi empat jam sebelum tidur. Hindari kafein dalam bentuk kopi, teh, minuman kola, coklat, atau obat) paling tidak antara 4-6 jam sebelum tidur.

Baca juga: Penumpang KRL Commuter Line Diizinkan Buka Puasa di Dalam Kereta

Ketigabelas, jadikan ranjang sebagai tempat tidur. Kalau kamu menjadikan ranjang sebagai tempat menonton televisi, makan, membaca, bekerja menggunakan laptop, dan lainnya, maka ranjang bukan lagi tempat beristirahat.

Keempatbelas, jangan suka melihat jam. Saat kamu sudah tidur, jangan melihat jam terlalu sering. Nantinya, kamu akan berpikir waktu tidur akan berkurang, terlambat berangkat bekerja, dan lainnya.

Kelimabelas, bangun dan coba tidur lagi. Ketika kamu tidak bisa tidur selama 20 menit, coba bangun lakukan sesuatu yang membosankan hingga kamu mengantuk, lantas kamu akan tertidur.

Baca juga: Puasa Ramadan Selama 20 Jam 45 Menit, Kira-kira Kamu Sanggup Ga Puasa di Sini?

Keenambelas, lakukan aktivitas harian pada siang hari seperti biasa. Kalau kamu melakukan aktivitas seperti biasa meskipun kamu kurang tidur dan lelah. Hal ini untuk membiasakan diri terkait rutinitas.

Selama bulan Ramadan, Rumah123.com menyajikan sejumlah artikel menarik mengenai puasa dan mudik Lebaran 2019.

Bagikan: 876 kali