Sebagai salah satu buah istimewa yang disebutkan dalam Al-Quran, ternyata ada segudang manfaat yang dimiliki oleh buah tin untuk kesehatan.

buah tin

Keistimewaan buah tin atau dikenal juga dengan sebutan buah ara sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Buktinya terpatri dengan nyata dalam Al-Quran lewat surat At-Tin yang menyebutkan segudang khasiat buah yang berasal dari surga ini. 

Ragam Manfaat Buah Tin, Buah Ajaib yang Diturunkan dari Surga

Yuk simak beragam manfaatnya yang baik untuk mencegah berbagai penyakit serta menjaga kesehatan tubuh. 

1. Mengatasi Alergi Kulit 

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh Indian Journal of Pharmaceutical Science, ditemukan efek menakjubkan dari produk krim yang mengandung ekstrak buah ara. 

Penelitian tersebut menunjukkan hasil yang positif pada anak-anak penderita dermatitis atau alergi kulit yang diobati dengan cara mengoleskan krim dalam kurun waktu dua minggu. 

2. Sumber Antioksidan Alami 

Nutrisi nabati dalam buah tin dikenal ampuh sebagai sumber antioksidan alami.

Sehingga bisa mendukung proses pembentukan kolagen untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada seperti keriput dan berkurangnya elastisitas kulit. 

3. Manfaat Buah Tin untuk Kesuburan

 

obat kuat herbal - Rumah123.com

Tahukah kamu kalau salah satu cara meningkatkan kesuburan organ reproduksi adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. 

Manfaat yang ada pada buah surga ini penting untuk mendukung proses pembentukan sel telur para wanita. 

4. Obat Diabetes 

Penyakit diabetes dapat dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, muda sampai tua bisa memiliki resiko yang sama. 

Ekstrak zat alami bernama fiscusin dari bagian daun pohon buah ara mampu mendorong produksi insulin sehingga bisa dijadikan obat diabetes alami. 

5. Solusi Masalah Sembelit 

cara mengatasi perut kembung

Perut terasa sakit karena belum buang air besar selama beberapa hari? 

Jangan dibiarkan begitu saja, masalah sembelit bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi makanan yang punya kandungan serat alami tinggi seperti buah tin. 

Kandungan serat tersebut berperan dalam melunakkan feses sehingga proses buang air besar jadi lebih lancar dan teratur. 

6. Fungsi Prebiotik Alami 

Manfaat serat dari buah-buahan dan sayur-mayur juga bisa jadi makanan untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan. 

Ini adalah alternatif yang cocok jika kamu kurang menyukai rasa minuman prebiotik yang biasa dijual di pasaran. 

Baca juga: 10 Manfaat Lidah Mertua di Rumah | Lengkap dengan Tips Jitu Merawatnya

7. Menjaga Kesehatan Jantung 

serangan jantung Sumber: Insider

Selain diabetes, penyakit jantung juga menjadi ketakutan bagi jutaan orang di seluruh dunia. 

Maka dari itu biasakanlah untuk melakukan olahraga secara rutin serta menjaga pola makan yang sehat dengan sumber nutrisi alami. 

Manfaat buah tin yang dilansir dari Healthline salah satunya bisa menjaga kesehatan jantung dengan cara menormalkan tekanan darah ketika dikonsumsi dalam jumlah tertentu. 

8. Obat Anemia 

Cara mengatasi anemia secara alami juga bisa dilakukan dengan menjadikan ekstrak buah ara sebagai menu harianmu. 

Konsentrasi zat besi yang tinggi pada buah tropis ini mampu meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam darah sehingga sangat baik bagi para penderita penyakit anemia. 

9. Makanan untuk Diet

Diet Sirtfood berhasil membuat berat badan penyanyi Adele turun 22 kilogram - Rumah123.com

Bagi para pejuang diet yang ingin menurunkan berat badan, tak ada salahnya untuk turut menambahkan buah ara ke dalam rencana menu harianmu. 

Konsentrasi serat yang cukup tinggi dapat membantu memperlancar sistem pencernaan untuk membuang sisa toksin serta meluruhkan lemak dalam program dietmu. 

10. Baik untuk Kesehatan Tulang 

Buah tin adalah sumber kalsium yang cukup memadai untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

Apalagi dengan berbagai mineral seperti magnesium dan potasium pada ekstrak buah ini juga mampu mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh. 

11. Memperkuat Imunitas 

plafon gypsum - rumah123.com

Di kala pandemi seperti ini, kamu harus senantiasa menjaga kekebalan tubuh agar selalu siap melawan paparan virus dan bakteri. 

Vitamin kompleks yang ada dalam buah tin dapat membantumu memperkuat imunitas untuk menangkal sumber penyakit dan radikal bebas. 

Baca juga: 13 Manfaat Buah Naga yang Ajaib pada Tubuh Jika Dikonsumsi Secara Rutin

12. Mengurangi Insomnia

Pengen tahu cara mengatasi insomnia atau gangguan tidur yang alami tanpa harus minum obat? 

Buah ara juga mengandung senyawa bernama triptofan, yaitu sejenis asam amino yang berperan menjaga mood tetap baik sehingga kamu bisa lebih rileks dan mudah terlelap.  

13. Merawat Kesehatan Hati 

kesehatan hati

Satu lagi manfaat zat fiscusin yang terdapat dalam buah bernama latin Ficus carica ini, yaitu potensinya untuk merawat kesehatan organ hati agar terhindar kerusakan yang bisa berujung pada berbagai penyakit berbahaya. 

14. Mencegah Kanker dan Tumor 

Kandungan buah tin yang juga tak kalah istimewa adalah senyawa bernama fenol dan benzaldehid yang berperan penting untuk mencegah terbentuk sel-sel tumor sehingga menurunkan resiko kanker.

15. Mengatur Kadar Kolesterol 

Bermasalah dengan kolesterol akibat pola makan yang tidak teratur? 

Buah ara bisa jadi solusi alami yang efektif untuk mempercepat pembuangan kolesterol jahat lewat sistem ekskresi berkat kandungan seratnya yang tinggi. 

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya di Rumah123.com!

Bagikan:
636 kali