flpp bank syariah- rumah123.com Ada 15 Bank Syariah yang Akan Menyalurkan KPR FLPP Pada 2020. FLPP Merupakan Program Pemerintah yang Membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah untuk Memiliki Hunian Bersubsidi (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pemerintah akan menyalurkan KPR bersubsidi FLPP pada 2020 ini melalui 37 bank. Sebanyak 15 bank di antaranya merupakan bank syariah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kembali menyalurkan bantuan pembiayaan perumahan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pada 2020. Salah satunya melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah) FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan).

Mereka yang tergolong MBR memang kesulitan dalam mengakses pembiayaan pembelian hunian baik rumah tapak maupun rumah susun. Program FLPP memberikan kemudahan bagi MBR dalam mengakses KPR untuk memiliki rumah layak huni dan terjangkau.

Baca juga: Ini Dia Daftar 37 Bank yang Menyalurkan FLPP Pada 2020

Kementerian PUPR menyalurkan KPR FLPP ini melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan  (PPDPP). Pada 2020 ini, pemerintah akan menyalurkan dana FLPP mencapai lebih dari Rp11 triliun.

Laman berita online Kontan.co.id melansir program pembiayaan rumah subsidi ini telah dimulai sejak 2010. Hingga akhir 2019, dana FLPP yang telah dikelola mencapai Rp44,37 triliun. Dana ini untuk pembiayaan 655.602 unit rumah.

Pada 2020, penyaluran FLPP melibatkan 37 bank nasional dan daerah. Sebanyak 15 bank di antaranya merupakan bank syariah.

Penyaluran FLPP Melibatkan Bank Syariah

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama operasional dengan bank-bank penyalur FLPP pada pertengahan Desember 2019 lalu.

Jumlah bank yang menyalurkan FLPP turun dari 39 bank menjadi 37 bank, namun ada sejumlah bank baru. Ada 15 bank berbasis syariah yang ikut menyalurkan FLPP pada 2020 ini.

Kelimabelas bank tersebut adalah BRI Syariah, Bank BTN Syariah, Bank BNI Syariah, Bank BJB Syariah, Bank Sumut Syariah, Bank Jambi Syariah, dan Bank NTB Syariah.

Baca juga: 2020, Pemerintah Mengalokasikan Anggaran FLPP Rp11 Triliun

Bank syariah lainnya adalah Bank Sulselbar Syariah, Bank Sumsel Babel Syariah, Bank Jatim Syariah, Bank Aceh Syariah, Bank Nagari Syariah, Bank Kalsel Syariah, Bank Riau Kepri Syariah, dan Bank Jateng Syariah.

Kerja sama dengan bank syariah ini memang dilakukan untuk memberikan alternatif pilihan pembiayaan bagi masyakarat. Saat ini, masyarakat sudah melirik pembiayaan berbasis syariah.

Bank Syariah Akan Memprioritaskan Nasabah yang Belum Memiliki Hunian

Dua bank syariah yang akan menyalurkan FLPP pada 2020 ini adalah BNI Syariah dan BRI Syariah. Situs berita online Bisnis.com melansir bahwa BNI Syariah menargetkan dapat menyalurkan KPR FLPP sebesar Rp187,8 miliar atau setara untuk pembiayaan 1.750 unit rumah.

Penyaluran KPR FLPP ini diharapkan bisa menyumbangkan 6 persen dari total pembiayaan BNI iB Griya Hasanah. Dalam meraih target tersebut, BNI Syariah akan melakukan beberapa hal.

BNI Syariah akan memprioritaskan segmen konsumen dengan pendapatan tetap kurang dari Rp4 juta, memasarkan di daerah yang potensial dalam penyaluran FLPP, dan juga melakukan kerja sama khusus dengan perusahaan pengembang yang tergabung dalam asosiasi.

Baca juga: SiKasep, Aplikasi Mobile Untuk Generasi Milenial dalam Mencari Rumah Subsidi

Dalam menyalurkan KPR FLPP, BNI Syariah akan memberikan prioritas bagi mereka yang belum mempunyai rumah. Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo menyatakan KPR FLPP ini akan memperbanyak portofolio pembiayaan konsumtif dan menolong MBR untuk mempunyai rumah.

BRI Syariah memiliki kuota KPR FLPP yang lebih banyak. BRI Syariah akan menyalurkan Rp1,2 triliun. Dana tersebut bisa untuk membiayai 8.700 unit rumah bersubsidi.

Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah Fidri Arnaldy menyatakan jumlah ini meningkat dari 2019. Pada 2019, BRI Syariah menyalurkan pembiayaan untuk 6.898 unit hunian.

Bagi kamu yang berencana untuk mencari rumah subsidi, kamu memiliki pilihan pembiayaan melalui bank konvensional dan juga bank syariah. Saatnya kamu untuk mencari rumah atau rumah susun.

Baca juga: Permudah MBR Memiliki Rumah Subsidi, Pemerintah Turunkan DP Menjadi 1 Persen

Bagikan:
2239 kali