5L alias letih, lesu, lunglai, lelah, dan loyo akibat anemia? Segera konsumsi makanan penambah darah yang bisa bekerja dengan cepat ini!

makanan penambah darah

Tubuh terasa letih, lesu, lunglai, lelah, dan loyo? 

Wajah pucat pasi? 

Jangan diabaikan, bisa jadi kamu sedang mengalami gejala anemia atau kurang darah. 

Penyakit anemia yang diakibatkan oleh berkurangnya sel darah merah sehat untuk menyuplai oksigen ke tubuh bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan penambah darah yang kaya akan zat besi. 

Cara Mengatasi Anemia Secara Alami dengan Makanan Penambah HB Darah 

Fungsi zat besi adalah sebagai komponen dasar pembuatan sel darah dalam tubuh, mendukung sistem kekebalan, dan berbagai proses biologis lainnya. 

Gejala penyakit anemia yang dialami oleh mayoritas orang bisa ditangani dengan rutin mengonsumsi berbagai makanan penambah darah seperti berikut.

Bayam 

Makanan penambah darah yang paling santer direkomendasikan sebagai obat anemia adalah bayam yang mengandung konsentrasi tinggi zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat sayur bayam untuk obat anemia bisa didapatkan dengan menggunakannya sebagai bahan olahan pangan harian yang bercita rasa tinggi.

Hati 

Makan hati memang menyebalkan, tapi kalau makan hati ayam atau sapi yang terbukti ampuh sebagai obat anemia, kenapa tidak? 

Organ tubuh hewan seperti hati dan ginjal merupakan sumber makanan penambah darah yang bisa dipadukan dalam menu harian dengan kandungan zat besi mencapai 36% (6.5 mg) kebutuhan harian per 100 gram sajian. 

Biji-bijian 

Olahan minuman atau makanan penambah darah yang mengandung bahan dasar berbagai jenis biji-bijian wajib masuk ke daftar menu sehat penderita anemia. 

Biji-bijian yang punya zat bisa tinggi termasuk kedelai, kacang hijau, kacang polong, dan kacang panjang yang tentu mudah didapatkan untuk konsumsi sehari-hari. 

Daging merah 

Warna kemerahan pada daging sapi atau kambing merupakan pertanda konsentrasi zat besi yang tinggi pada darah hewan tersebut. 

Selain jadi makanan dengan kandungan zat besi tinggi, daging juga punya nutrisi pendukung berupa zinc, selenium, beberapa jenis vitamin B, dan tentu saja protein. 

Tomat

Untuk melengkapi makanan penambah darah di atas, tubuh juga membutuhkan dukungan vitamin C agar proses penyerapan zat besi bisa lebih maksimal sehingga produksi sel darah merah semakin optimal. 

Kerang-kerangan 

Para pecinta seafood pasti berbahagia karena kerang jadi salah satu obat anemia yang terkenal melimpah dengan nutrisi seperti zat besi, vitamin B12, dan protein yang menyehatkan. 

Quinoa

Meski jarang terdengar, quinoa adalah bahan pangan favorit yang jadi primadona para pelaku dunia fitness berkat segudang nutrisi kompleks dan zat antioksidan yang bisa kamu dapatkan hanya dengan menambahkan quinoa ke makanan atau minumanmu. 

Dada ayam 

Kombinasi sempurna makanan penambah darah yang cepat dan mujarab untuk mengatasi anemia.

Buat kamu yang ingin hidup sehat dengan dada ayam yang dimasak dengan cara dibakar sebentar atau kukus untuk menghindari tambahan lemak dan kolesterol jahat. 

Brokoli 

Manfaat brokoli juga ternyata efektif sebagai suplai nutrisi kompleks ke dalam tubuh dengan jumlah vitamin C per 156 gramnya yang mencapai 112% kebutuhan harianmu. 

Brokoli juga mengandung serat pangan, asam folat, dan vitamin K. 

Tahu 

Murah, meriah, dan mudah didapatkan, tahu jadi makanan penambah darah yang tak hanya populer di kalangan vegetarian saja, tapi juga ampuh sebagai obat anemia. 

Kandungan zat besi dalam 126 gram tahu mampu mencukupi kebutuhan 19% kebutuhan zat besi harian, dengan tambahan mineral bermanfaat lain seperti kalsium, magnesium, dan selenium. 

Dark chocolate

Manis rasanya, besar manfaat coklat tidak hanya bisa jadi hadiah Valentine yang bikin si doi klepek-klepek, tapi sekaligus jadi obat penambah darah. 

Faktanya, dalam 28 gram dark chocolate saja terdapat 3.4 gram zat besi yang setara dengan 19% kebutuhan harianmu.  

Telur 

Cara menambah darah secara alami cukup dengan rutin mengonsumsi telur yang memiliki konsentrasi zat besi dan protein melimpah untuk membantu mengatasi gejala anemia. 

Buah naga 

Manfaat buah naga yang punya banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh bisa jadi salah satu cara menambah darah untuk mengatasi gejala anemia dini. 

Kamu bisa mendapatkan vitamin A, B, C, dan berbagai mineral penting dengan mengolah buah naga menjadi jus yang nikmat. 

Itu dia tadi berbagai makanan penambah darah sebagai cara mengatasi anemia yang efektif, alami, dan hemat biaya. 

Temukan juga informasi kesehatan dan gaya hidup yang bermanfaat untukmu di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
1019 kali