Pelabuhan di Indonesia merupakan sarana transportasi yang sangat penting, terlebih Indonesia merupakan negara kepulauan sebagai poros maritim dunia.

Dengan iklim lautan luas, Indonesia pun dikelilingi oleh berbagai perairan sehingga logistik laut menjadi hal yang sangat penting.

Tak hanya membangun infrastruktur dalam bentuk jalan darat, pembangunan Tol laut pun menjadi perhatian pemerintah saat ini.

Lantas, pelabuhan di Indonesia mana saja yang saat ini sudah beroperasi dan diresmikan? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Pelabuhan di Indonesia saat ini yang sudah beroperasi untuk melayani kebutuhan logistik nasional 

Untuk memenuhi kebutuhan logistik maupun transportasi antar pulau, ada beberapa pelabuhan di Indonesia yang sudah beroperasi maupun akan segera rampung sebagai Tol laut.

Kamu pun bisa mengetahui beberapa daftar pelabuhan di Indonesia yang dapat dijelaskan sebagai berikut : 

1. Pelabuhan Tanjung Priok 

pelabuhan di indonesia

Tanjung Priok merupakan pelabuhan di Indonesia yang sangat terkemuka dan menjadi pelabuhan tersibuk di Indonesia.

Selain mengangkut penumpang, Pelabuhan Tanjung Priok juga dipadati dengan aktivitas logistik maupun ekspor impor antarnegara.

Pembangunan Tanjung Priok diawali dengan pengendapan lumpur di muara Sungai Ciliwung pada pertengahan 1960.

Hal tersebut menjadi masalah untuk kapal-kapal yang berlabuh di Pelabuhan Sunda Kelapa sehingga Tanjung Priok dijadikan alternatif dengan jarak 9 kilometer ke arah timur. 

2.  Pelabuhan Merak 

Untuk diketahui, Pelabuhan Merak dikenal sebagai pelabuhan yang sangat ramai dan memiliki letak strategis sebagai lokasi transit.

Tak hanya sekadar ramai, Pelabuhan Merak juga menjadi penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera sehingga sangat vital untuk memenuhi kebutuhan logistik khususnya pangan.

Setiap harinya, berbagai jenis kapal baik kapal Feri maupun kapal RORO hilir mudik dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni dan sebaiknya.

3.  Tanjung Perak 

tanjung perak

Pelabuhan di Indonesia ini merupakan pelabuhan kedua teramai setelah Tanjung Priok yang terletak di Surabaya dengan ratusan kapal.

Tak hanya memenuhi kebutuhan logistik, Pelabuhan Tanjung Perak juga melayani kebutuhan perjalanan laut antar pulau khususnya Jawa dan Kalimantan.

Selain dikenal ramai, pelabuhan ini juga salah satu yang tertua dan sudah dibangun sejak 1910.

4.  Pelabuhan Bakauheni 

Bakauheni dikenal sebagai penghubung antara Sumatera dan Jawa, tepatnya berada di Kabupaten Lampung Selatan.

Adapun, Pelabuhan Bakauheni melayani pengangkutan penyeberangan darat seperti mobil, motor, bus maupun truk.

Seiring berjalannya waktu, Pelabuhan di Indonesia ini akan semakin ramai karena akses tol lintas Sumatera sudah beroperasi secara bertahap.

5.  Tanjung Emas Semarang

tanjung emas semarang

Pelabuhan Tanjung Emas merupakan pelabuhan di Semarang, Jawa Tengah dengan luas mencapai 500 hektare.

Tak hanya memenuhi kebutuhan logistik, Pelabuhan ini juga dilengkapi oleh Alur Pelayaran, Kolam Pelabuhan, Dermaga, Gudang, dan Terminal.

Di area Pelabuhan Tanjung Mas terdapat sebuah Mercusuar bernama Willem 3 yang dibangun sejak era kolonial Belanda dan menjadikan Semarang sebagai kota dagang dan pelabuhan.

6.  Pelabuhan Ketapang 

Ketapang adalah pelabuhan di Indonesia yang melayani rute kapal Feri di Banyuwangi, Jawa Timur.

Pelabuhan ini merupakan gerbang perbatasan antara Pulau Jawa dan Pulau Bali ataupun sebaliknya melalui Selat Bali.

Dalam beberapa waktu ke belakang Pelabuhan Ketapang semakin dipadati oleh wisatawan yang melakukan perjalanan darat ke Bali.

7.   Pelabuhan Harbour Bay 

pelabuhan harbour bay

Untuk diketahui, Pelabuhan Harbour Bay merupakan salah satu gerbang dan perbatasan yang sangat penting antara Indonesia dan Singapura.

Pasalnya, Harbour Bay Batam memiliki pemandangan yang sangat menarik dengan cahaya malam hari dari Singapore.

Tak hanya sekadar pelabuhan, Harbour Bay saat ini juga menjadi destinasi wisata di Batam. 

8.  Pelabuhan Sunda Kelapa 

Sunda Kelapa atau Pasar Ikan merupakan pelabuhan di Indonesia yang memiliki sejarah sangat panjang.

Pelabuhan ini sudah ada sejak zaman kerajaan Pajajaran atau sekitar abad ke-12.

Awalnya, Sunda Kelapa menjadi pelabuhan penting sebagai tempat masuk dan keluarnya barang oleh kerajaan Pajajaran dengan nama Kalapa.

Pada 1970, Pelabuhan Kalapa diubah namanya menjadi Sunda Kelapa.

9.  Pelabuhan Batam Center 

pelabuhan batam center

Berbeda dengan Harbour Bay sebagai tempat wisata maupun transit Singapore-Batam, banyak barang-barang berasal dari Singapura dan Malaysia melewati pelabuhan ini.

Untuk diketahui, Batam merupakan salah satu tempat di Indonesia yang bebas pajak sehingga harga-harga produk di tempat ini pun jauh lebih terjangkau.

Saat ini, Batam Center juga melayani keberangkatan kapal Feri dari dan ke Singapore dengan frekuensi hampir setiap satu jam.

10.  Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar 

Tidak hanya nama Bandar Udara saja, nama Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pun diabadikan sebagai nama pelabuhan di Indonesia juga.

Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar ini merupakan pelabuhan peti kemas yang dikelola oleh PT Pelindo yang menjadi gerbang logistik dari dan ke Makassar, Sulawesi Selatan. 

11.  Pelabuhan Patimban 

pelabuhan patimban

Daftar pelabuhan di Indonesia ini akan menjadi pelabuhan transit terbesar di Indonesia dan menjadi penunjang Tanjung Priok dalam memenuhi kebutuhan perdagangan Indonesia.

Untuk diketahui, Pelabuhan Patimban merupakan salah satu bagian Proyek Strategis Nasional yang berada di Subang, Jawa Barat.

Selain mengurangi beban Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban juga diklaim akan menunjang kawasan industri baru yang siap beroperasi di Jawa Tengah. 

Itulah beberapa daftar pelabuhan di Indonesia yang menjadi gerbang logistik nasional untuk kebutuhan ekspor dan impor.

Temukan inspirasi properti menarik lainnya di Rumah123.

"Yuk, cari tahu inspirasi properti terbaik bersama The Golden Stone @Serpong."

Bagikan:
4038 kali