Kehabisan ide untuk mengisi akhir pekanmu? Coba tonton film terbaik sepanjang masa ini. Dijamin rugi jika melewatinya!

film perang terbaik

Perang, momen penuh sejarah yang punya sejuta pelajaran penting untuk diambil dalam hidup. 

Ada yang berperang untuk melindungi negara, sebagian memperjuangkan hak mereka yang tak berdaya, dan banyak cerita menarik lainnya. 

Melalui media film, kita bisa menyaksikan kembali reka adegan penting yang jadi saksi berlangsung kejadian penting dalam riwayat sejarah suatu masyarakat, daerah, dan negeri. 

Banyak yang mengaitkan karya sinematik bertema perang dengan adu senjata, pertumpahan darah, dan aksi menegangkan dari para prajurit. 

Padahal tidak semua film perang menampilkan perlawanan secara fisik semata, tak sedikit juga yang menyajikan sudut pandang berbeda yang jarang diketahui khalayak ramai. 

Dari berbagai judul yang pernah memenuhi bioskop, kami sudah menyiapkan rekomendasi film perang terbaik yang wajib kamu tonton. 

Selamat menyimak cuplikannya!   

Dunkirk 

Dunkirk bisa dibilang merupakan salah satu film perang dunia 2 terbaik.

Mengambil peristiwa bersejarah dalam Perang Dunia II, karya arahan sutradara kondang Christopher Nolan ini menyajikan perspektif baru.

Yaitu dari evakuasi Dunkirk yang dikemas epik dengan ketegangan dari sinematografi papan atas berpadu dengan latar musik papan atas besutan Hans Zimmer. 

Tidak hanya digawangi dua pentolan dunia produksi film dunia, Dunkirk juga turut nama-nama pemain tersohor layaknya Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Jack Lowden, Tom Hardy, dan Harry Styles yang baru memulai debut layar kacanya. 

Darah Garuda

Dari film Hollywood, kita beralih ke film perang Indonesia.

Setelah sukses dengan film Merah Putih, Yadi Sugandi melanjutkan mengeluarkan sekuel berjudul Darah Garuda yang dirilis pada tahun 2010 silam. 

Berlatar belakang pada Agresi Militer Belanda I yang terjadi di tahun 1947, empat orang kadet Amir (Lukman Sardi), Tomas (Donny Alamsyah), Marius (Darius Sinathrya) dan Dayan (Teuku Rifnu Wikana) harus berjuang tidak hanya melawan serangan penjajah, tapi juga perpecahan yang terjadi di antara mereka. 

Grave of the Fireflies

Hampir semua orang pasti tahu dengan film animasi sekaligus film perang dunia 2 ini. 

Studio Ghibli memang terkenal dengan karya-karya film berkualitas yang tak sekadar menampilkan visual paripurna.

Tapi juga makna mendalam yang membekas di hati para penontonnya. 

Grave of the Fireflies merupakan sebuah masterpiece film perang terbaik yang mengambil sudut pandang berbeda.

Yaitu dari sepasang adik kakak yang harus bertahan hidup di tengah gempuran serangan Amerika ke Jepang pada Perang Dunia II. 

Saving Private Ryan 

Masih berbasis peristiwa invasi Normandia saat Perang Dunia II tahun 1944, Saving Private Ryan adalah film tentang perang.

Yang berkisah tentang petualangan Kapten John H. Miller (Tom Hanks) untuk menyelamatkan seorang perwira bernama James Francis Ryan (Matt Damon) yang kehilangan ketiga saudara dalam perang.  

1917

Ketika Perang Dunia I meletus, dua prajurit Inggris Lance Corporal Schofield (George MacKay) and Lance Corporal Blake (Dean-Charles Chapman) harus mengemban tugas berat.

Yaitu melintasi teritori musuh untuk mengantarkan pesan penting demi menyelamatkan ribuan orang. 

Baca juga: 10 Film Terbaik Sepanjang Masa yang Gak Bikin Ngantuk Walau Ditonton di Rumah

The Thin Red Line

Diadaptasi dari novel karya James Jones berjudul sama, The Thin Red Line membawa premis film perang Amerika terbaik.

Film ini dibawakan oleh militer Amerika Serikat bernama Private Witt (Jim Caviezel) yang mesti menantang bahaya ketika dirinya harus bertempur melawan pasukan Jepang di sebuah pulau terpencil di Samudera Pasifik. 

Wonder Woman 

Mau nonton film perang yang tokoh utamanya seorang wanita?

Film perang terbaik yang berpadu sempurna dengan kisah heroik sang Putri Amazon.

Wonder Woman sukses memperkenalkan ikon pahlawan DC tersebut untuk menyelamatkan umat manusia dari kehancuran yang diakibatkan oleh rencana jahat Sir Patrick Morgan yang merupakan jelmaan Dewa Perang Ares (David Thewlis). 

Battle of Surabaya

Indonesia wajib berbangga karena karya anak bangsa yang satu ini sudah berhasil mendapat berbagai penghargaan bergengsi sebagai film animasi bertema perang terbaik. 

Battle of Surabaya menyoroti petualangan remaja tukang semir sepatu bernama Musa (Alistair Hendry) yang membantu perjuangan arek-arek Suroboyo dan TKR ketika peristiwa Perang 10 November 1945 di Surabaya.  

American Sniper

American Sniper merupakan salah satu film sniper terbaik yang menceritakan sosok Chris Kyle (diperankan oleh Bradley Cooper).

Ia merupakan sniper paling mematikan Amerika Serikat sepanjang sejarah dalam perang di Irak. 

The Hurt Locker

Film ini cocok ntuk kamu yang suka dengan suasana menegangkan seperti usaha menjinakan bom dan aksi baku tembak yang epik.

The Hurt Locker wajib masuk ke daftar film perang terbaik yang tonton. 

Baca juga: 19 Rekomendasi Film Romantis Asia Terbaik dengan Happy Ending

Braveheart

Ini dia karya film perang terbaik yang meski dirilis di tahun 1995, tapi masih sukses teringat di benak penonton.

Sebab, film perang kerajaan ini memiliki plot unik.

Yaitu mengambil tema pertempuran bangsa Skotlandia yang dipimpin oleh William Wallace (Mel Gibson) melawan Raja Edward Pertama (diperankan oleh Patrick McGoohan). 

Manakah film perang terbaik di atas yang sudah pernah kamu tonton? 

Temukan rekomendasi hiburan untuk mengisi waktu luangmu di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
7126 kali