Taman Nasional di Indonesia merupakan salah satu destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi baik bersama teman-teman maupun keluarga.

Pasalnya, keindahan alam taman nasional selalu menghasilkan magnet tersendiri bagi para wisatawan, sehingga sangat cocok untuk berlibur di masa adaptasi kebiasaan baru.

Perlu diketahui, taman nasional di Indonesia saat ini bisa menjadi destinasi terbaik mengingat pemerintah sedang menggalakkan program wisata di Indonesia saja.

Lantas, pilihan taman nasional mana saja yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Taman Nasional di Indonesia terbaik untuk berlibur 

Untuk melepas rasa penat, kamu pun bisa mengunjungi beberapa lokasi taman nasional terbaik dengan pemandangan maupun kekayaan alam yang melimpah ruah.

Simak beberapa daftar taman nasional di Indonesia beserta keindahannya berikut ini : 

1. Taman Nasional Way Kambas

taman nasional way kambas

Taman Nasional Way Kambas sejauh ini merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang sangat melegenda di seluruh wilayah ASEAN.

Adapun, lokasi penangkaran dan rumah bagi gajah Sumatera ini berada Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Di tempat ini, seluruh gajah dilatih untuk melakukan berbagai hal termasuk bersosialisasi dengan makhluk lain maupun manusia.

Saat ini, Taman Nasional Way Kambas sudah dinobatkan sebagai Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park).

2.  Taman Nasional Ujung Kulon 

Taman Nasional di Indonesia selanjutnya sangat terkenal dengan badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) yang populasinya semakin terancam.

Adapun, Taman Nasional Ujung Kulon mempunyai luas mencapai 107,489 hektare yang menjadi salah satu situs warisan dunia.

Selain menjadi habitat dari badak bercula satu, Ujung Kulon juga dikelilingi oleh ayam hutan, babi hutan, banteng maupun kera ekor panjang.

Kamu pun bisa mengunjungi taman nasional di Indonesia ini dengan melihat berbagai keindahan pantai dengan pasir putih di perbatasan Jawa dan Sumatera.

3.  Taman Nasional Karimunjawa 

Taman Nasional Karimunjawa Secara geografis, Taman Nasional Karimunjawa berlokasi di Jepara, Jawa Tengah sekitar 120 Km dari kota Semarang. Pulau ini hanya bisa diakses oleh kapal melalui Jepara atau Semarang dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Adapun, taman nasional di Indonesia ini memiliki keindahan alam yang amat beragam meliputi hutan bakau, padang lamun, padang rumput, hutan hujan tropis maupun keindahan alam bawah laut. Selain terkenal akan keindahannya, Karimunjawa juga sangat terkenal dengan penangkaran hiu yang ada di tempat ini.

4.  Taman Nasional Gunung Leuser 

Suasana alam dengan hutan hujan tropis dan sungai dengan arus mengalir merupakan inspirasi dari Taman Nasional Gunung Leuser. Adapun, lokasi dari taman nasional di Indonesia ini berada di perbatasan provinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam. Selain memiliki pemandangan indah, tempat ini juga menjadi rumah bagi orangutan Sumatera yang populasinya semakin sedikit.

5.  Taman Nasional Komodo 

taman nasional komodo Dalam beberapa waktu ke belakang, Taman Nasional Komodo menjadi salah satu destinasi terbaik bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Pulau ini memiliki pemandangan yang sangat indah, dan menjadi rumah bagi hewan Komodo untuk hidup bebas. Tak hanya untuk melihat komodo, Taman Nasional yang berada di Labuan Bajo ini juga memiliki pemandangan pasir pantai maupun bawah laut yang indah.

6.  Taman Nasional Tanjung Puting 

Selanjutnya, Taman Nasional Tanjung Puting merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang sangat besar. Pasalnya, taman nasional ini berada di wilayah semenanjung selatan Kalimantan Tengah yang menjadi salah satu habitat orangutan. Selain melihat orangutan, kamu pun bisa melihat berbagai satwa liar di alam bebas di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting.

7.  Taman Nasional Wakatobi 

taman nasional wakatobi Jika kamu menyukai pemandangan laut dan pantai, Taman Nasional Wakatobi merupakan destinasi wisata yang sangat pas untuk dikunjungi. Pasalnya, taman nasional di Indonesia yang satu ini memiliki berbagai jutaan keanekaragaman hayati laut, hingga terumbu karang. Wakatobi memiliki 25 gugusan terumbu karang cantik dengan menyelamnya ke dasar laut dengan pengalaman tak terlupakan.

8.  Taman Nasional Teluk Cendrawasih 

Keindahan alam Papua sudah terkenal sejak lama salah satunya adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Lokasi taman nasional di Indonesia ini berada di sebelah timur dari Pulau Papua yang menyimpan keindahan terumbu karang terbaik, sehingga sangat cocok untuk menyelam.

9.  Taman Nasional Lorentz 

taman nasional lorentz Selain Taman Nasional Teluk Cendrawasih, kamu pun bisa mengunjungi Taman Nasional Lorentz yang berlokasi di dekat Papua. Meski demikian, perjalanan ke Taman Nasional Lorentz tergolong memiliki medan yang cukup sulit dan membutuhkan waktu yang panjang. Selain itu, taman nasional di Indonesia ini juga menjadi lokasi berdiamnya suku asli Papua, seperti suku Dani Barat, suku Asmat, suku Nduga, dan suku Sempan.

10.  Taman Nasional Baluran 

Afrika di tanah Jawa merupakan sebutan yang tepat bagi Taman Nasional Baluran dengan pemandangan savana yang sangat indah. Selain pemandangan savana yang indah, sentuhan unik lainnya juga tampak pada fauna seperti rusa dan monyet yang hidup bebas di tempat ini. 

11.  Taman Nasional Bali Barat 

Taman-Nasional-Bali-Barat Jika kamu ingin menemukan Jalak Bali, maka Taman Nasional Bali Barat merupakan salah satu habitatnya. Taman nasional di Indonesia ini merupakan kawasan hutan dan sabana, dimana kamu bisa menemukan sisa-sisa peninggalan gunung berapi purbakala dari zaman Pleistosen. Perlu kamu ketahui, Taman Nasional Bali Barat melingkupi hampir 10 persen komposisi daratan di Bali.  Demikian beberapa daftar taman nasional di Indonesia yang melegenda dan menjadi destinasi wisata terbaik. Temukan inspirasi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123. "Sedang berencana beli rumah? Temukan jawabannya bersama Vida Bekasi selengkapnya."

Bagikan:
1737 kali