Yuk hiasi hunianmu dengan beberapa tanaman indoor ini!

Untuk kamu pecinta tanaman indoor, jangan ragu untuk memenuhi hunianmu dengan tanaman hias satu ini. Perlu diketahui, tanaman hias terbagi dari dua jenis, yaitu indoor dan outdoor. Tanaman hias outdoor atau yang tumbuh di alam membutuhkan perawatan khusus, seperti pencahayaan yang baik untuk fotosintesis.

Sedangkan tanaman hias indoor, cukup tahan terhadap kurangnya udara yang sedikit pengap, dan tahan terhadap kurangnya pencahayaan alami. Bisa dibilang, tanaman indoor sangat minim perawatan. Nah, di sini,  Rumah123.com sudah merangkum beberapa jenis tanaman hias indoor yang dapat mempercantik hunian!

Lidah mertua

Tanaman indoor lidah mertua - Rumah123.com Tanaman indoor lidah mertua - Rumah123.com

Untuk kamu pecinta tanaman indoor, kamu dapat menjadikan tanaman lidah mertua sebagai tanaman untuk mempercantik hunianmu. Mempunyai nama lain Snake Plant, lidah mertua memiliki karakteristik daun yang keras, tegak dan ujung yang runcing membuat tanaman ini berbentuk seperti mata pedang. Oleh sebab itu seringkali tanaman ini disebut sebagai tanaman pedang-pedangnya. Banyak yang belum mengetahui jika tanaman ini terbagi menjadi dua macam. Yang membedakannya adalah dari segi panjang daunnya saja, ada yang hanya 8-10 sentimeter yang biasanya digunakan untuk menghias meja dan ada juga yang ukuran daunnya hingga 50-75 sentimeter yang biasa dijadikan untuk pembatas ruangan.

Lili paris

Lili paris atau spider plant, tanaman indoor yang bisa kamu pilih - Rumah123.com Lili paris atau spider plant, tanaman indoor yang bisa kamu pilih - Rumah123.com

Tanaman hias satu ini memiliki ciri-ciri berupa berumpun, berumbi, daun tipis yang tumbuh sepanjang tahun. Biasanya lili paris digunakan sebagai tanaman pembatas atau listing sebuah sekat. Tidak hanya itu, jika diaplikasikan dengan cara digantung, lili paris ini tidak kalah cantiknya loh. Tanaman hias lili paris merupakan salah satu tanaman hias yang populer. Sehingga tanaman ini sering digunakan oleh desainer taman maupun tukang taman dalam pembuatan taman karena relatif tumbuh dengan warna daun yang menarik. Tidak hanya itu, dari segi perawatannya tanaman hias satu ini terbilang mudah jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

Tanaman Giok

Tanaman Giok atau Jade Plant, tanaman indoor yang menyerupai uang - Rumah123.com Tanaman Giok atau Jade Plant, tanaman indoor yang menyerupai uang - Rumah123.com

Tanaman giok atau yang lebih dikenal dengan pohon yang Asia ini dianggap sebagai simbol tanaman utama untuk kemakmuran di banyak kebudayaan di Asia. Tanaman sejenis bonsai ini biasa ditempatkan di rumah, kebun maupun tempat-tempat usaha karena bentuknya yang cantik dan menarik. Menurut kepercayaan feng shui, tanaman hias satu ini sangat baik jika diletakkan di pintu masuk rumah. Tanaman hias giok ini memiliki kelebihan dapat dijadikan sebagai tanaman hias outdoor maupun tanaman hias indoor, yang sejatinya dimana tanaman hias ini bisa mendapatkan sinar matahari langsung. Untuk makin menambah kecantikan tanaman hias ini dapat kamu tambahkan kerikil di atas tanahnya untuk memudahkan drainase air.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Sedang Populer di Kalangan Pecinta Berkebun

Sirih gading

Tanaman indoor sirih gading bisa menjadi tanaman gantung - Rumah123.com Tanaman indoor sirih gading bisa menjadi tanaman gantung - Rumah123.com

Tanaman hias selanjutnya yang dapat mempercantik hunianmu adalah sirih gading. Mempunyai harga yang tidak mahal, sirih gading dapat kamu manfaatkan sebagai tanaman yang ada di dalam hunian kamu. Tanaman hias ini merupakan tanaman rambat yang memiliki akar gantung yang bisa melilit batang pohon. Sesuai dengan namanya, sirih gading memiliki daun yang bentuk sirih pada umumnya dan berbentuk hati. Bedanya, pada tanaman sirih satu ini memiliki warna daun yang terbilang cukup unik dengan campuran warna kuning seperti marmer. Tanaman hias ini sering disebut sebagai tanaman yang tahan banting, karena karakteristiknya yang cocok ditanam di media tanam apapun dan mudah dirawat.

Philodendron

Monstera, salah satu tanaman indoor Philodendron yang populer - Rumah123.com Monstera, salah satu tanaman indoor Philodendron yang populer - Rumah123.com

Philodendron merupakan salah satu tanaman hias yang dapat menciptakan suasana hunianmu terasa sejuk dan alami. Tanaman hias ini memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu dapat menyerap polusi udara yang secara tidak langsung akan merugikan kesehatan dan berpotensi mengakibatkan kanker. Dengan begitu, jika kamu meletakkan Philodendron di dalam hunan, kamu akan mengurangi potensi untuk terkena gejala kanker dalam tubuh setiap anggota keluargamu. Tanaman hias ini juga biasa disebut sebagai tanaman hias yang instagramable. Salah satu jenis tanaman indoor Philodendron yang paling populer adalah Monstera. 

Palem kuning

mempercantik teras rumah Tanaman indoor palem kuning bagus untuk mempercantik teras rumah - Rumah123.com

Tanaman hias satu ini sering dijumpai di pekarangan rumah sebagai aksen dekorasi untuk mempercantik teras rumah atau taman karena bentuknya yang indah. Karena memiliki tampilan yang mempesona berupa pelepahnya yang berwarna kuning terang, memiliki daun hijau ke kuning-kuningan yang menyirip. Palem kuning yang memiliki nama ilmiah Chrysalidocarpus Lutescens Dypsis termasuk ke dalam jenis tanaman pinang-pinangan yang berasal dari Madagaskar. Tetapi, tanaman hias yang bisa memiliki tinggi sampai 3 meter ini mulai terancam keberadaannya di daerah asalnya loh.

Baca juga: 4 Jenis Tanaman Hias Gantung Tahan Panas yang Bantu Percantik Rumah

Dolar

Tanaman indoor asal Afrika ini bisa juga dijadikan tanaman obat - Rumah123.com Tanaman indoor asal Afrika ini bisa juga dijadikan tanaman obat - Rumah123.com

Tanaman hias satu ini merupakan jenis tanaman hias yang memiliki karakteristik merambat dan berasal dari Afrika. Tanaman yang terdiri atas daun hijau ini mempunyai permukaan yang mengkilap dan mampu menciptakan suasana asri. Habitat aslinya merupakan tempat beriklim tropis yang sama seperti Indonesia sehingga tidak heran kalau tanaman dolar ini juga popular dan mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman dolar juga memiliki manfaat untuk kesehatan berupa menjadi obat diare dan ambeien. Bagian yang digunakan adalah batangnya. Kamu cukup merebus batang dolar  dan diminum dua kali sehari.

Kuping gajah

Kuping gajah merupakan salah satu tanaman hias yang banyak menjadi pilihan para pecinta tanaman hias karena memiliki bentuk yang unik. Kuping gajah memiliki batang yang kecil dan daun yang berwarna hijau tua. Dan didalam daun tersebut terlihat beberapa tulang daun yang berwarna putih kehijauan. Tanaman ini bisa mencapai panjang 20-40cm dan lebar mencapai 15-38cm. Tanaman hias satu ini berasal dari Amerika Selatan yang memiliki karakteristik jika semakin tumbuh subur maka daunnya pun akan semakin lebat dan tinggi.

Pakis asparagus

Tanaman satu ini memiliki bentuk yang dapat menarik perhatian karena bentuk daun yang pipih dan menyebar seperti renda halus dan nyaman dilihat sejauh mata memandang. Tidak sekedar sebagai tanaman hias, ternyata pakis asparagus memiliki manfaat yaitu dapat menangkal polusi udara yang masuk ke dalam rumah. Karena itu lah tanaman ini sering disebut sebagai tanaman hias penyerap VOC (senyawa organik yang mudah menguap) terbaik. Bentuk morfologi yang dimiliki oleh tanaman ini hampir mirip seperti tumbuhan paku, tetapi yang menjadi pembeda hanyalah struktur daunnya yang lebih lembut.

Kaktus hias

Tanaman indoor kaktus banyak dijadikan kado dan souvenir acara-acara - Rumah123.com Tanaman indoor kaktus banyak dijadikan kado dan souvenir acara-acara - Rumah123.com

Tanaman satu ini merupakan salah satu tanaman hias yang populer digunakan sebagai tanaman hias. Kaktus hias secara umum berukuran mini dan biasa ditanam dengan menggunakan media pot. Selain untuk hiasan hunian mu, tanaman kaktus ini juga banyak diperjual belikan, bahkan untuk kado dan souvenir acara-acara sekalipun. Tanaman hias satu ini memiliki karakteristik daun yang berduri.,memiliki batang berlapis lilin yang bertujuan untuk mempertahankan kadar air. Tidak sembarang duri, duri yang ada pada kaktus ternyata memiliki fungsi untuk mengurangi penguapan.

Nah itu dia beberapa jenis tanaman hias yang dapat kamu jadikan pelengkap hunianmu. Jika kamu ingin mendapatkan tanaman indoor yang tetap sehat dan dapat tumbuh dengan baik, jangan lupa untuk memperhatikan cara merawatnya ya!

Bagikan:
14376 kali