palung terdalam di dunia

Ada banyak palung terdalam di dunia, palung Mariana menjadi nomor satu dengan kedalaman hampir 11 km! Wah, tidak usah dibayangkan seberapa gelap.

Saat ditanya mengenai palung terdalam di dunia mungkin kita akan langsung merujuk nama palung Mariana, pastinya kamu sudah tahu sejak masih sekolah.

Palung Mariana adalah parit laut dalam di dasar Samudra Pasifik Utara bagian barat, lokasinya antara Filipina, Jepang, dan Guam.

Bila kamu masih bingung apa yang dimaksud dengan palung? Bisa simak perngertiannya terlebih dahulu ya biar tidak salah paham.

Dilansir dari laman Wikipedia.org, palung samudera merupakan cekungan di dasar laut dengan ukuran lebar yang relatif sempit.

Adapun bentuk dari palung samudera tersebut menjorok ke dalam seperti jurang di pegunungan, kira-kira kamu sudah ada ilustrasi mengenai hal ini.

7 Palung Terdalam di Dunia, Salah Satunya di Asia

Berapa meter kedalaman Mariana? Cekungan ini memiliki kedalaman mencapai 10.927 - 11.035 meter bawah permukaan laut, hampir 11 km ya.

Titik terdalam dari Palung Mariana ini dekat dengan kerak Bumi, bayangkan kalau betapa dalamnya palung tersebut.

Biasanya, tumbuhan atau hewan yang hidup di kawasan ini memang unik, mereka tidak mendapatkan sinar matahari lantaran laut terlalu  dalam.

Akan tetapi ternyata ada lo palung laut di sejumlah lokasi di dunia ini yang tak kalah dalamnya, di mana saja itu? Simak lebih lanjut daftarnya berikut ini.

1. Tonga (10.800 Meter)

palung terdalam di dunia

Palung ini merupakan yang terdalam kedua setelah palung Mariana, lokasinya berada di barat daya Samudra Pasifik.

Adapun bagian terdalam dari palung Tonga adalah lubang Horizon, area ini memiliki kedalaman 10.800 meter di bawah permukaan laut.

2. Palung Mindanao (10.540 Meter)

palung terdalam di dunia

Di posisi kedua sebagai palung terdalam di dunia adalah palung Mindanao, lokasinya berada  di bagian barat Samudera Pasifik Utara

Areanya membentang sepanjang 1.320 meter, mulai dari pusat pulau Luzon Filipina ke pulau Halmahera di Maluku Utara.

Titik terdalam dari cekungan yang dikenal pula sebagai palung Filipina, kedalaman mencapai 10.540 meter di bawah permukaan laut.

3. Palung Puerto Rico (8.376 Meter)

palung terdalam di dunia

Terletak di perbatasan antara Laut Karibia dan Samudra Atlantik, palung Puerto Rico memiliki panjang mencapai  800 kilometer.

Palungnya ini memiliki kedalaman mencapai 8.376 meter di bawah permukaan laut, bayangkan kalau kedalaman dari palung terdalam di dunia ini lebih tinggi dari gunung.

Berbagai Palung Terdalam di Bumi Lainnya

Ada pula palung laut yang juga termasuk kedalam cekungan yang terdalam di bumi. Apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya.

4. Palung Sandwich Selatan (8.266 Meter)

palung terdalam di dunia

Kepulauan Sandwich Selatan merupakan busur vulkanik dengan gunung berapi aktif di sekelilingnya, faktor geografis itu membuat wilayah tersebut memiliki palung terdalam.

Parit yang dikenal sebagai palung Sandwich tersebut punya kedalaman maksimal 8.266 meter di bawah permukaan laut,

Hasil tersebut didapat setelah Five Deeps Expedition melakukan pengukuran dengan sonar multibeam Kongsberg EM124.

5. Palung Diamantina (7.079 meter)

palung terdalam di dunia

Cekungan yang dikenal dengan palung Diamantina ini berada di barat daya Perth, Australia Barat, palung Diamantina memiliki titik kedalaman hingga 7.079 meter di bawah permukaan laut.

Sedangkan luasannya, Diamantina membentang sejauh 1.900 kilometer lebih dari Ninety East Ridge ke Naturaliste Plateau.

6. Lubang Molloy (5.600 meter)

palung terdalam di duniaNama palung ini terinspirasi dari tokoh Arthur E. Molloy, lokasinya, berada di Selat Fram, Laut Greenland, sekitar 160 kilometer di bagian barat Svalbard.

Molloy deep atau lubang Molloy memiliki lubang bagian paling dalam sejauh 5.600 meter, pinggiran luar lubang Molloy memiliki kedalaman hingga mencapai 2.700 meter.

7. Cekungan Eurasia (5.449 meter)

palung terdalam di dunia

Palung ini menjadi salah satu palung terdalam di dunia, lokasinya dibatasi oleh penggunungan bawah laut di Samudera Arktik.

Untuk kedalaman palung di cekungan Eurasia mencapai 5.449 meter di bawah permukaan laut, tidak heran masuk ke dalam daftar palung terdalam di dunia.

Itulah deretan cekungan terdalam di dunia, kalau membayangkan kedalamannya tentu bikin kamu merinding disko ya.

Kalau kamu ingin melihat berbagai info atau artikel menarik lainnya mengenai gaya hidup atau sesuatu yang unik, hanya di situs properti Rumah123.com.

Saatnya kamu melirik Puri Botanical sebagai pilihan terbaik untuk rumah tapak yang mewah di kawasan Jakarta Barat.

Bagikan:
203 kali