Walaupun tidak berada di posisi terbawah secara global, rata-rata tingkatan IQ warga Indonesia yang hanya mencapai 87 harus membuat negara tercinta kita ini menempati status yang cukup mengecewakan di kawasan Asia Tenggara. 

Lantas, bagaimana dengan urutan negara terbodoh di dunia? 

Daftar Negara Terbodoh di Dunia

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Equatorial Guinea

equatorial guinea Sumber: International Monetary Fund

Tak bisa dibilang sebagai prestasi yang cukup mengecewakan, namun inilah kenyataan pahit yang harus diterima oleh Equatorial Guinea yang menempati posisi puncak sebagai negara terbodoh nomor satu di dunia. 

Berdasarkan data yang dihimpun oleh World Economic Forum, warga di negara ini jika dirata-ratakan memiliki IQ sebesar 59. 

2. Saint Lucia

Tingkatan IQ rata-rata warga di Saint Lucia terbilang sangat mengkhawatirkan, yakni hanya 62 saja. 

Bukan cuma itu, indeks perubahan pendidikan di negara ini juga terus mengalami penurunan yang pada tahun 2017 menunjukkan penurunan sebesar -0.94%.

3. Mozambik

mozambik Sumber: Millermagazine

Berada di posisi ke-3 sebagai negara terbodoh di dunia, rata-rata tingkatan IQ warga Mozambik hanya berada di angka 64. 

Selain status intelegensi tersebut, bagian dari Benua Afrika ini juga masuk ke daftar negara miskin di dunia, di mana pendidikan bukan menjadi hal utama bagi masyarakatnya. 

Di negara ini,  banyak anak-anak yang mulai bekerja sejak usia 14 tahun, sehingga mereka hanya mampu mengenyam pendidikan dasar saja.

Di tahun 2016, pendapatan per kapita Mozambik hanya USD 419 dengan Pendapatan Domestik Bruto USD 12,04 miliar (USD 1 = Rp 14.246). 

4. Guinea-Bissau

Terletak di wilayah Afrika Barat, negara kecil ini memiliki luas wilayah 36.125 km persegi dengan jumlah penduduk 1,968,001 jiwa.

Tingkat rata-rata IQ para penduduknya berada di angka 67 dengan permasalah serupa dengan negara terbodoh lainnya di daftar ini, yaitu alokasi dana pendidikan yang super minimalis. 

5. Saint Kitts and Nevis

saint kitts and nevis Sumber: Forbes

Jarang terdengar di telinga khalayak ramai dan mungkin cukup sulit ditemukan di peta, dengan rata-rata IQ 67, Saint Kitts and Nevis menempati jajaran atas negara terbodoh di dunia. 

Negara kecil ini terletak di wilayah kepulauan Karibia, tepatnya di Pulau Leeward. 

Walaupun kapasitas literasinya sudah mencapai 98%, alokasi dana pendidikan yang minim masih menjadi hambatan yang menjadikan intelegensi masyarakat rendah. 

6. Gabon

Dengan perekonomian yang terbilang cukup baik di kawasan Afrika, dengan PDB di tahun 2017 yang mencapai USD 1,62 miliar, sayangnya Gabon masih kurang bisa memanfaatkan alokasi dana yang ada untuk meningkatkan literasi para warganya. 

Indeks yang dikeluarkan oleh World Population Review kemudian menempatkan Gabon di daftar negara terbodoh di dunia dengan tingkatan IQ sebesar 64. 

7. Liberia

Liberia Sumber: Global Voices Advocacy

Satu lagi negara miskin yang juga menjadi negara bodoh di dunia, yaitu Liberia. 

Dengan tingkat IQ rata-rata yang hanya 67, Liberia menduduki negara paling bodoh ketujuh di dunia. 

Meski pemerintah menggratiskan pendidikan dasar untuk warganya, fasilitas yang diberikan masih jauh dari kata memadai. 

PDB Liberia pada tahun 2017 adalah USD 2,158 miliar dengan alokasi dana untuk pendidikan berkisar 3,82% dari jumlah tersebut.

8. Haiti

Setelah sempat menjadi pusat perhatian dunia ketika dilanda gempa besar di tahun 2010 silam, fakta lain yang membuat Haiti mendapat perhatian adalah kapasitas literasi masyarakat yang rendah. 

Persentase warga yang memiliki literasi hanya menyentuh angka 61%, sedangkan standar umum di wilayah Karibia dan Amerika Latin jauh di 91%. 

Berada di urutan ke-8 sebagai negara terbodoh di dunia, warga Haiti memiliki nilai IQ sekitar 67.

9. Lesotho

lesotho Sumber: Daily Maverick

Berbatasan dengan negara maju Afrika Selatan tak lantas membuat Lesotho ikut berkembang. 

Nyatanya kondisi kedua negara yang saling bertetangga ini justru berbanding 180 derajat. 

Lesotho memiliki tingkatan IQ rata-rata para penduduknya di angka 67, meski alokasi dana pendidikan nasional cukup tinggi, yaitu mencapai 13% dari PDB.

10. Gambia

Selanjutnya ada negara terbodoh yang juga berada di Afrika, yakni Gambia yang terletak di Afrika Barat. 

Dengan total jumlah penduduk sebanyak 2,4 juta jiwa, tingkatan IQ di Gambia adalah 66.

PDB negara Gambia berada di kisaran USD 825 juta dengan pendapatan per kapita USD 1.599. 

Gambia mendapatkan donor finansial untuk bidang pendidikan dari World Bank Group dan Global Partnership for Education sebesar USD 35 juta yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di negara tersebut. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di PIK 2!

Bagikan:
15030 kali