Tinggal di negara terbersih di dunia ternyata menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan serta harapan hidup masyarakat. 

Menurut daftar resmi yang dikeluarkan oleh World Population Review, inilah berbagai negara yang berhasil menempati urutan teratas sebagai yang paling bersih. 

Daftar Negara Terbersih di Dunia 

Apakah Indonesia termasuk di dalamnya? 

Langsung simak saja di bawah ini!

1. Denmark 

negara terbersih di dunia Sumber: World Economic Forum

Tak hanya cuma dikenal sebagai negara dengan penduduk yang bahagia, Denmark juga berhasil mencatatkan namanya sebagai negara terbersih nomor satu di dunia tahun ini.

Prestasi membanggakan tersebut tentu tak lepas dari upaya masyarakat dan pemerintah dalam menerapkan prinsip sustainability, memaksimalkan penggunaan energi yang dapat diperbarui,, menjaga kebersihan dan penggunaan air, serta melawan perubahan iklim. 

Salah satu yang paling bisa dicontoh adalah tren penggunaan transportasi berupa sepeda untuk mendukung mobilitas harian para warganya. 

2. Luksemburg

Negara yang terletak di persimpangan antara Jerman, Belgia, dan Prancis ini berhasil menyabet posisi selanjutnya sebagai negara terbersih di dunia. 

Kunci yang dipegang oleh Luxemburg adalah penataan kota serta implementasi kebijakan publik yang baik. 

Misalnya dari pengadaan ribuan tempat sampah di seluruh sudut kota, hingga pemberian hukuman bagi mereka yang mengotori area publik. 

3. Swiss

swiss Sumber: Expatica

Masih dari Benua Eropa, berikutnya ada Swiss yang tidak hanya populer dengan produksi coklatnya yang sudah mendunia, tapi juga kebersihan paripurna yang diwujudkan dari jalanan sampai ke puncak gunung. 

Swiss memiliki komitmen tinggi untuk menjadi negara terbersih di dunia lewat sistem sanitasi airnya yang tertata. 

Sistem daur ulang di Swiss juga sudah sangat maju sehingga sampah rumah tangga bisa jauh ditekan sampai tak bersisa. 

4. Inggris 

Negeri Ratu Elizabeth ini punya resep unik yang berbeda dibanding negara terbersih di dunia lainnya, yaitu ada di para anggota keluarga kerajaan. 

Ada banyak sekali organisasi dan yayasan pencinta lingkungan yang memiliki kontribusi aktif dalam menjaga kebersihan di Inggris. 

Beberapa di antaranya yaitu CleanupUK yang dipimpin oleh Duchess of Cornwall, Surfers Against Sewage dengan Pangeran Charles sebagai pelindung yang juga menjadi pimpinan di The Environment Law Foundation, dan The Angling Trust yang memerangi polusi dan kerusakan lingkungan air dengan dukungan dana dari Pangeran Philip, Duke of Edinburgh.

5. Prancis 

prancis Sumber; ABC News

Dengan ibu kotanya yang berhasil masuk ke jajaran kota paling mahal di dunia, ternyata Prancis juga berhasil menduduki posisi kelima dalam daftar ini. 

Pencapaian ini berhasil mematahkan stereotip bahwa masyarakat dari Kota Romantis itu memiliki higienitas yang buruk. 

Nyatanya, banyak sumber air seperti sungai, laut, hingga danau di pelosok Prancis yang memiliki kualitas baik yang bahkan bisa digunakan untuk berenang loh.  

6. Austria

Austria mempunyai reputasi sebagai negara yang bersih dan rapi, tak terkecuali ibu kotanya, Vienna. 

Disebut sebagai The Most Livable City di dunia oleh The Economist Intelligence Unit, kamu akan kesulitan menemukan sampah dan grafiti di sepanjang jalanan kotanya. 

Jadi jangan heran kalau air minum dari keran di sana bisa langsung diminum tanpa perlu melalui tahapan perebusan terlebih dahulu. 

7. Finlandia 

Sudah mendapatkan anugerah negara paling bahagia di dunia oleh World Happiness Report, ternyata Finlandia juga berhasil bertahta di dalam daftar negara terbersih. 

Bukan tanpa alasan, usaha keras Pemerintah Finlandia untuk menjaga tingkat polusi udara serta pencemaran di negaranya memang patut diacungi jempol. 

Ibu kota Finlandia, Helsinki bahkan sudah menargetkan untuk menyetop penggunaan mobil di tahun 2025. 

8. Swedia 

Layaknya negara Skandinavia lainnya, Swedia juga punya sistem sanitasi yang sangat baik dan kebijakan publik tentang manajemen sampah yang solid

Salah satu cara yang dilakukan mulai dari pemberian opsi menu vegan-friendly di restoran.  

9. Norwegia 

norwegia

Posisi berikutnya dalam daftar urutan negara terbersih di dunia 2020 ditempati oleh kampung halamannya Thor. 

Norwegia memiliki yang namanya the pant system, yakni pemberian penghargaan yang diberlakukan bagi orang-orang yang mengembalikan botol plastik dan kaleng aluminium.

10. Jerman 

Sudah menjadi budaya orang Jerman, jika melihat sampah atau kotoran di manapun, pasti langsung segera dibersihkan. 

Setiap minggunya juga ada kegiatan Kehrwoche atau semacam kerja bakti untuk membersihkan lingkungan. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di East Coast Mansion!

Bagikan:
18641 kali