negara penghasil kopi terbesar di dunia 1

Siapa menyangka kalau Indonesia masuk ke dalam daftar 10 negara penghasil kopi terbesar di dunia, pastinya tahu dong jenis kopi andalan Indonesia.

Siapa sih yang gak suka mengonsumsi kopi? Hampir semua orang baik pria maupun wanita mengonsumsi minuman berkafein ini di pagi hari.

Namun kini, mengonsumsi kopi bukan hanya kegiatan di pagi hari saja, orang minum kopi kapan pun, pagi, siang atau pun malam hari.

Tahukah kamu, bahwa kopi tercatat sebagai minuman ketiga yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, wah tidak menyangka kan?

Kalau di Indonesia, ada yang suka minum di kedai kopi kekinian, beli kopi Starling (Starbucks keliling) atau warung kopi.

Ada sejumlah manfaat kopi untuk kesehatan, tetapi kamu memang harus minum secukupnya saja agar tidak mendapatkan efek sampingnya.

Nah, bagi kamu pecinta kopi tahu gak bahwa ada beberapa negara penghasil kopi terbesar di dunia, produksinya bisa jutaan ton.

Ternyata, Indonesia juga masuk dalam beberapa negara tersebut, lo. Yuk, simak daftar negara penghasil kopi terbesar di dunia.

By the way, tidak usah heran juga kalau Jakarta masuk daftar kota dengan harga secangkir kopi termahal di dunia.

negara penghasil kopi terbesar di dunia 2

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Situs properti Rumah123.com akan membahas mengenai negara penghasil kopi terbesar di dunia, ada sepuluh negara yang masuk.

Data negara penghasil kopi ini dilansir dari laman berita online Detik.com dengan volume produksi dalam satuan karung kemasan 60 kg.

1. Brasil

Brasil adalah negara yang mendominasi pasar ekspor kopi sejak tahun 1830, pangsa pasar Brasil mencapai 30% dari total perdagangan dunia dan mencapai 3,5 juta ton.

Brazil merupakan produsen arabika terbesar di dunia dengan 80% produksi jenis arabika, perkebunan di negeri Samba ini berlokasi di Minas Gerais, Sao Paulo, dan Parana.

2. Vietnam

Vietnam juga menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia, sekaligus menjadi negara penghasil kopi terbesar di Asia Tenggara.

Total produksi dari negara yang pernah dilanda perang sipil cukup lama ini menghasilkan kopi 1,8 juta ton kopi per tahun.

Meskipun menjadi negara pengahasil kopi terbesar di dunia urutan kedua, tetapi Vietnam menjadi produsen kopi jenis robusta terbesar di dunia.

3. Kolombia

Meskipun Kolombia merupakan negara yang penuh dengan konflik politik, tetapi produksi kopinya termasuk terbesar ketiga di dunia yang menghasilkan 858.195 ton per tahun.

Perkebunan kopu telah dikembangkan sejak tahun 1790, dan mulai mengekspor kopi sejak 1835, sudah cukup lama banget ya.

Sebagai salah satu negara penghasil kopi di dunia, Kolombia memiliki kawasan perkebunan di Antioquina, Caldas, Risaralda, Quindio, Tolima, dan Valle del Cauca.

4. Indonesia 

Kopi masuk pertama kali ke Indonesia pada 1696, saat itu Belanda membawanya dan membudidayakan di Indonesia dengan Sistem Taman Paksa.

Setelah itu produksi kopi mulai melejit lagi pada tahun 2000-an dan menjadikannya urutan keempat negara penghasil kopi terbesar di dunia yang mencapai 641.833 ton per tahun.

Beberapa daerah penghasil kopi di Indonesia ada di Sumatra, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, dan Papua, di sejumlah daerah juga ada tradisi minum kopi.

5. Ethiopia

Kopi-kopi dari Ethiophia dibawa oleh pedagang-pedagang Arab dan disebarkan ke penjuru dunia, sebenarnya tanaman kopi ini berasal dari kawasan Timur Tengah

Ethiophia memiliki banyak varian kopi arabika asli, seperti limu, harar, dan sidamo, negara yang identik dengan kelaparan ini masuk ke dalam daftar negara penghasil kopi terbesar di dunia.

6. Honduras

Honduras memiliki udara dan alam yang baik untuk tanaman kopi, biasanya tanaman ini memang cocok untuk dibudidayakan di pegunungan.

Karakter rasa kopi arabika alami yang tumbuh di Honduras ringan, sedikit asam, dan sangat seimbang untuk dicampur menjadi coffee blends.

7. Uganda

Uganda lebih banyak memproduksi robusta dibandingkan arabika, sebagian penduduknya pun memang bekerja di industri  pengolahan biji kopi.

Seperti yang dilansir dari laman idntimes.com, negara yang berada di Afrika ini menghasilkan 440.891 ton kopi per tahun.

8. Meksiko

Ternyata, Meksiko menjadi pemasok kopi untuk Amerika Serikat, produksi kopi negara ini mencapai  390.00 metrik ton per tahun.

Banyak negara-negara Amerika Selatan dan Tengah yang masuk ke dalam daftar negara penghasil kopi terbesar di dunia.

9. Peru 

Negara beribukota Lima ini menghasilkan kopi 270.000 metrik ton per tahun, salah satu komoditas andalan negara di kaki pegunungan Andes.

Seperti telah diulas sebelumnya, sejumlah negara beriklim tropis memang menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia.

10. Guatemala

Negara pengasil kopi terbesar di dunia yang terakhir adalah Guatemala, kebetulan iklim negara ini sangat cocok untuk produksi kopi.

Setiap negara yang menjadi penghasil kopi memang memiliki ciri khas tersendiri, ada yang murni satu jenis, campuran, dan lainnya.

Bagaimana, bangga dong sebagai warga Indonesia yang ternyata menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia urutan keempat.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai gaya hidup sehat di rumah.

Saatnya untuk melirik CitraLake Suites Apartment sebagai pilihan tempat tinggal atau juga investasi properti di kawasan Jakarta Barat.

Bagikan:
330 kali