Penduduk Norwegia Menjadi Orang Paling Bahagia di Dunia (Foto: Rumah123/Fox News)

Legatum Institute merilis hasil riset mengenai negara yang paling makmur di dunia. Lembaga ini menggunakan sejumlah parameter. Hasilnya, Norwegia menjadi negara paling makmur di dunia.

Lembaga yang berkantor pusat di ibu kota Inggris, London ini merilis 12th Annual Legatum Prosperity Index. Riset yang merumuskan kemakmuran ini menggunakan sejumlah indikator. Hasil riset ini dikutip oleh laman Moneyish.

Ukurannya yang dipakai adalah kualitas ekonomi, lingkungan bisnis, tata kelola pemerintah, kebebasan individu, kekayaan sosial, keamanan dan keselamtan, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan alami.

Baca juga: 10 Kota dengan Biaya Hidup Paling Mahal Sedunia, Berdoa Deh Kalo Kamu Ga Tinggal di Sini

Norwegia menduduki peringkat nomor satu sebagai negara dan bangsa paling makmur di muka Bumi. Norwegia mencatatkan penilaian bagus untuk keselamatan dan keamanan serta kekayaan sosial.

Peringkat dua hingga sepuluh secara berurutan adalah Selandia Baru, Finlandia, Swiss, Denmark, Swedia, Inggris, Kanada, Belanda, dan Irlandia. Amerika Serikat hanya ada di posisi 17, namun menduduki peringkat 1 untuk lingkungan bisnis.

“Kemakmuran terus berkembang secara global dan mencapai angka tertinggi dalam sejarah indeks ini,” ujar laporan 12th Annual Legatum Prosperity Index.

Baca juga:  Punya Nyali Buat Pindah ke Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia?

“Semakin banyak negara yang menjadi makmur dan semakin banyak orang tinggal di negara yang semakin makmur,” lanjut laporan. Dalam laporan ini juga terungkap kalau kemakmuran juga terkait dengan kehidupan orang sejahtera.

“Saat ini sekarang semakin mudah untuk memulai bisnis di banyak negara. Ada kesetaraan dalam keterwakilan perempuan dalam parlemen. Angka kemiskinan absolut juga turun,” kata laporan ini lagi.

Wah, sayang ya kalau Indonesia belum masuk 10 besar negara paling makmur di dunia. Yuk, bangun negara ini jadi lebih baik, siapa tahu bisa masuk daftar.

Baca juga:  20 Kota Termahal Buat Ekspatriat, Kamu Mau Kerja di Sini

Bagikan: 787 kali