daun pegagan

Bukan hanya bisa bikin kulit glowing, manfaat daun pegagan ternyata ampuh untuk mengatasi masalah susah tidur sampai bikin pintar loh. 

Spesies tanaman bernama Latin Centella asiatica ini memang sedang jadi primadona di dunia kecantikan. 

Tapi siapa sangka, kalau daun pegagan punya manfaat lain untuk tubuh. 

Manfaat Daun Pegagan, Si Holy Grail Skincare 2020 

daun pegagan Sumber: Sociolla

Yuk simak ulasan lengkapnya di sini!

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak 

Bahan herbal alami yang satu ini ternyata dipercaya ampuh untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif otak manusia. 

Dilansir dari sebuah studi yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health, kandungan gotu kola (daun pegagan), sebanyak 1000 mg, terbukti lebih efektif untuk mempertahankan memori dibandingkan folic acid

Studi tersebut dilakukan terhadap pasien yang sedang menjalani terapi penyembuhan pasca stroke. 

2. Centella Asiatica untuk Obat Alzheimer 

Selanjutnya ada manfaat daun pegagan yang juga bisa meningkatkan kapasitas memori, serta fungsi saraf, yang menjadikannya sangat berpotensi untuk mengobati penyakit degeneratif, alzheimer. 

Buat kamu yang belum tahu, alzheimer merupakan kondisi penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia, yang menyebabkan penderitanya sering lupa dan kebingungan. 

Untuk bisa mendapatkan khasiat tersebut, disarankan untuk mengonsumsi 30-60 tetes ekstrak Centella asiatica sebanyak tiga kali sehari. 

3. Menenangkan Stres dan Kegelisahan 

Selama pandemi COVID-19 ini, banyak orang yang rentan mengalami stres dan kegelisahan (anxiety), dikarenakan berbagai tekanan hidup yang dihadapi. 

Selain mencoba aplikasi curhat online, kamu juga bisa mencoba manfaat daun pegagan yang dapat membantu meredakan stres dan rasa gelisah. 

Khasiat ini bisa didapatkan karena kandungan anti-anxiety yang ada di dalam Centella asiatica, teruji klinis mampu memperbaiki kualitas tidur yang kerap menjadi penyebab kegelisahan dan stres.  

4. Antidepresan Alami 

Alternatif alami untuk kamu yang sering mengonsumsi obat antidepresan untuk mengurangi depresi, yakni dengan ekstrak daun pegagan. 

Dosis yang disarankan oleh tenaga medis adalah sebanyak 500 mg saripati Centella asiatica, yang diminum selama minimal 14 hari. 

Takaran dosis tersebut juga bisa ditingkatkan jika kamu mengalami depresi yang lebih berat. 

5. Mengurangi Efek Jet Lag

Jet lag merupakan kondisi gangguan tidur yang membuat seseorang jadi sulit terlelap, akibat perubahan ritme sirkadian, atau jam biologis tubuh. 

Kondisi ini pada umumnya terjadi akibat penerbangan selama berjam-jam, khususnya yang melewati zona waktu berbeda. 

Salah satu cara mengatasi jet lag yang bisa dicoba, adalah dengan menggunakan ekstrak daun pegagan. 

Efek menenangkan yang di dalam bahan alam ini mampu melancarkan peredaran darah, serta membuat tubuh kembali pada ritme biologis yang normal. 

6. Daun Pegagan Atasi Insomnia

Seperti yang sudah kami jelaskan di poin sebelumnya, manfaat Centella asiatica terbukti efektif dan ampuh untuk mengobati berbagai kondisi seperti anxiety, stres, dan depresi. 

Jadi tak heran kalau daun pegagan juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah insomnia alias susah tidur yang kamu alami. 

7. Menjaga Kelembapan Kulit 

Manfaat daun pegagan yang paling hits dan kini banyak diminati adalah untuk perawatan kulit. 

Kandungan saponin yang di dalam Centella asiatica bisa merangsang produksi minyak, serta mempertahankan kadar air dalam kulit. 

Para pemilik kulit kering sangat disarankan untuk mencari produk yang mengandung ekstrak Centella asiatica, baik dalam bentuk toner, serum, maupun krim, untuk mendapatkan kulit lembap sepanjang hari.  

8. Meredakan Kemerahan 

Selain kulit kering, para pemilik kulit sensitif juga bakal menemukan sejuta khasiat ampuh dari daun pegagan. 

Centella asiatica dikenal efektif untuk meredakan kemerahan dan mengurangi iritasi di permukaan kulit. 

Terlebih jika kamu sering mencoba berbagai macam produk skincare, yang justru bisa menimbulkan reaksi berupa purging atau bruntusan kemerahan. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di Soho at Podomoro City Apartment!

Bagikan:
1569 kali