10 kota tersepi di Indonesia

Sejumlah kota diklaim sebagai kota paling sepi di Indonesia, jumlah penduduk tidak sebanding dengan luas wilayah, pasti penasaran kota yang masuk daftar.

Indonesia dikenal dengan populasi penduduk terbanyak ke-4 di dunia, meski demikian, penyebaran penduduknya tidak merata.

Data Kementerian Dalam Negeri RI tahun 2019 menunjukan sebagian besar penduduk  menghuni Pulau Jawa, porsinya lebih dari 50%.

Hal ini membuat sejumlah wilayah dikenal sebagai kota terpadat di Indonesia.

Namun, ada juga daerah-daerah berjuluk kota tersepi di Indonesia, karena  penduduknya sedikit.

Biasanya, kota-kota kecil di luar Jawa memang memiliki jumlah penduduk yang sedikit,  apalagi dibandingkan luas wilayah.

Bahkan, sejumlah ibu kota provinsi seperti Mataram, Nusa Tenggara Barat memiliki jumlah penduduk hanya 500 ribu orang.

Jumlah ini tentu sedikit jika dibandingkan dengan Depok, Jawa Barat yang memiliki penduduk di atas 1,5 juta jiwa.

Bisa dibayangkan kalau kamu terbiasa tinggal di Jakarta dan sekitarnya, penduduknya belasan juta, tiba-tiba ke daerah terpencil dengan penduduk hanya 100 ribu orang.

Kota Paling Sepi Penduduk di Indonesia

Dikutip dari laman GNFI, berikut ini 10 kota paling sepi di Indonesia yang dihitung berdasarkan tingkat kepadatan penduduknya.

1. Subulussalam

10 kota tersepi di Indonesia Menduduki posisi pertama sebagai kota tersepi di Indonesia adalah Subulussalam, kota yang masih baru ini terletak di provinsi Aceh.

Terbentuk pada 2007 lalu, kepadatan penduduk kota itu hanya 67 jiwa per km persegi, luas kota Subulussalam adalah 1.391 km2 atau sekitar dua kalinya wilayah DKI Jakarta.

2. Kepulauan Tidore

10 kota tersepi di Indonesia

Di tempat kedua sebagai kota tersepi di Indonesia adalah di Kepulauan Tidore, Maluku Utara, salah satu provinsi hasil pemekaran.

Kota yang sempat dikenal sebagai pusat penghasil rempah-rempah ini memiliki kepadatan penduduk sebesar 71 jiwa/km2, sepi juga ya.

3. Palangka Raya

10 kota tersepi di Indonesia

Dengan luas wilayah 2.853 km2, Kota Palangka Raya hanya dihuni oleh 266.020 jiwa, bandingkan kalau jumlah penduduk Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan itu mencapai 105 ribu orang.

Jikla dihitung-hitung, maka kepadatan penduduk ibukota Kalimantan Tengah itu hany 93 jiwa/km2, sepi juga ya kalau tinggal di sini.

4. Dumai

10 kota tersepi di Indonesia

Kota yang dikenal paling sepi penduduk di Indonesia selanjutnya adalah Dumai, salah satu kota penghasil minyak di Riau.

Salah satu kota terkaya di Indonesia ini hanya dihuni oleh 174 jiwa/km2, padahal Dumai memiliki luas wilayah 1.772 km2, luas sekali kan.

5. Pagar Alam

10 kota tersepi di Indonesia Kota yang berlokasi d Sumatra Selatan ini memiliki luas wilayah seluas 633 km2, dengan jumlah penduduk sebanyak 189.761 jiwa.

Bila dihitung, kepadatan penduduk di daerah tersebut hanya 211 jiwa /km2, hal inilah yang mendasari Pagar Alam termasuk sebagai kota paling sepi penduduk di Indonesia.

6. Sawah Lunto

10 kota tersepi di Indonesia

Di posisi keenam sebagai kota paling sepi di Indonesia ditempati oleh Sawahlunto, luas wilayah kota itu sejauh 273 km2 dengan jumlah penduduk hanya 62.524.

Kalau dihitung, kepadatan penduduk salah satu kota di Sumatera Barat itu hanya 230 jiwa/km2, tentunya termasuk sepi juga ya.

7. Sungai Penuh

10 kota tersepi di Indonesia

Dengan luas wilayah 391 km2, kota Sungai Penuh yang berada di Jambi ini ditempati oleh 90.910 jiwa, kota itu memiliki kepadatan penduduk hanya 231 jiwa/km.

Sungai Penuh menduduki peringkat ketujuh sebagai kota tersepi di Indonesia, cocok kalau kamu memang tidak suka memiliki tetangga.

8. Sabang

10 kota tersepi di Indonesia

Berlokasi di Provinsi Aceh, Sabang memiliki luas wilayah 153 km2, sementara hanya 40.040 jiwa yang tercatat menghuni kota paling ujung di Indonesia tersebut.

Bila dihitung, kepadatan penduduk di kota Sabang relatif kecil, hanya 261 jiwa/km2, mungkin kamu tertarik untuk pindah ke kota ini.

9. Gunungsitoli

10 kota tersepi di Indonesia Di posisi kesembilan sebagai kota paling sepi di Indonesia diisi oleh Gunungsitoli, kota ini berada di Pulau Nias, pulau kecil di sebelah timur Sumatera.

Luas wilayahnya mencapai 469 km2 dan dihuni oleh 136.017 penduduk, kepadatannya berada diangka 290 jiwa/km2.

10. Jayapura

10 kota tersepi di Indonesia

Kota yang berada di Provinsi Papua ini memiiki luas wilayah 940 km2, luas wilayah tersebut ditempati oleh 303.760 jiwa.

Jika dibagi, maka kepadatan penduduk Jayapura hanya 323 jiwa/km2, tentunya tidak semua wilayah dipadati penduduk ya.

Kalau dibandingkan dengan Pulau Bungin, tentunya memang berbeda terbalik lo, inilah pulau seluas 8,5 hektare yang dihuni 3.400 orang!

Wah, inilah 10 kota paling sepi penghuni di Indonesia, karena sepi penduduk, membuat kota-kota itu memiliki alam yang lestari.

Kira-kira pernah tidak sih, kamu terpikir untuk pindah ke kota kecil atau daerah terpencil di Indonesia, biasanya daerahnya masih sejuk lo.

Kamu juga bisa mengetahui 7 kota untuk pensiunan di Indonesia, yang dikenal tentram dan nyaman sebagai tempat tinggal.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Angel Residence.

Bagikan:
515 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia