polusi udara- rumah123.com Jakarta Tidak Masuk Dalam 10 Kota dengan Polusi Udara Terburuk di Indonesia. Pada Rabu (14/8/2019), Ibu Kota Kalimantan Barat Pontianak Menjadi Kota dengan Polusi Terburuk di Indonesia (Foto: Rumah123/Getty Images)

Jakarta ternyata tidak masuk dalam sepuluh kota di Indonesia dengan polusi udara terburuk. Kota mana saja yang masuk dalam daftar?

Belakangan, masalah polusi udara menjadi perbincangan. Apalagi, Jakarta sempat menjadi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia versi AirVisual.com, sebuah situs layanan informasi mengenai udara di kota-kota dunia.

Jakarta mengalahkan sejumlah kota yang dianggap paling berpolusi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun diminta untuk menyelesaikan masalah ini.

Baca juga: Jakarta Punya Kualitas Udara Paling Tidak Sehat di Indonesia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan Instruksi Gubernur untuk mengatasi hal ini. Sejumlah langkah akan dilakukan mulai dari membatasi kendaraan pribadi berusia 10 tahun, membatasi bus umum berusia lebih dari 10 tahun, uji emisi kendaraan, hingga perluasan sistem ganjil genap.

Saat terjadi pemadaman listrik massal pada Ahad, 4 Agustus 2019 lalu, ada data yang menyebutkan bahwa kualitas udara Jakarta sempat membaik. Namun, ketika listrik mulai menyala, kualitas udara ibu kota kembali memburuk.

Ketika melihat AirVisual.com untuk mengecek kualitas udara kota-kota di Indonesia, uniknya Jakarta malah tidak masuk daftar sepuluh besar. Namun, Jakarta memang masuk dalam kota dengan kualitas udara tidak sehat untuk kelompok rentan.

Pontianak Menjadi Kota dengan Polusi Udara Terburuk di Indonesia

Saat melihat AirVisual.com pada Rabu, 14 Agustus 2019 pukul 10.31 WIB (Waktu Indonesia Barat), Pontianak menempati posisi pertama dengan US AQI (Air Quality Index) mencapai 228. Bandingkan dengan Jakarta pada waktu yang sama “hanya” 155.

Kategori udara Jakarta tergolong tidak sehat untuk golongan rentan, sementara Pontianak sudah termasuk sangat tidak sehat.

Pengkategorian ini terbagi menjadi bagus, sedang, tidak sehat untuk kategori rentan, sangat tidak sehat, dan berbahaya.

Kualitas udara ibu kota provinsi Kalimantan Barat Palangkaraya memang memburuk setelah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Bahkan karhutla sudah mendekati perumahan penduduk. Situs berita online CNN Indonesia.com mengutip bahwa jarak pandang hanya 100-200 meter.

Sejumlah Kota di Kalimantan Barat dan Riau Berpolusi Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan

Posisi kedua ditempati oleh Pekan Baru, ibu kota Riau dengan indeks AQI 212. Peringkat ketiga diduduki oleh Tangerang Selatan, Banten dengan 189.

Posisi keempat adalah Bekasi, Jawa Barat dengan 182. Peringkat lima adalah Balai Pungut, Riau dengan 173. Posisi keenam adalah Palangkaraya, Kalimantan Tengah dengan 161.

Selanjutnya di posisi ketujuh adalah Pemangkat, Kalimantan Barat dengan 155. Posisi kedelapan juga diisi oleh salah satu daerah Kalimantan Barat yaitu Singkawang dengan nilai indeks yang sama 155.

Peringkat sembilan, Sungai Raya, Kalimantan Barat juga dengan indeks 155. Posisi terakhir adalah Baki, Jawa Tengah dengan 153.

Kualitas udara yang buruk di Kalimantan Barat dan Riau memang tidak terlepas dari kebakaran hutan dan lahan. Jangan heran kalau asap dari karhutla ini menjadikan sejumlah kawasan ini memiliki polusi udara terburuk di Indonesia.

Baca juga: Waduh, Jakarta Jadi Kota dengan Polusi Udara Paling Buruk di Asia Tenggara

Bagikan: 5123 kali